Penggunaan Work Preparation Sheet Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Praktik Kerja Bangku pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik di Kelas X SMKN 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Fajri Fajri, Danar Susilo Wijayato, Indah Widiastuti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi dan hasil belajar praktik kerja bangku siswa pada mata pelajaran Teknologi Mekanik dengan menggunakan Work Preparation Sheet (WPS) saat praktik kerja bangku pada kelas X SMK Negeri 5 Surakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.Tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TMC X SMK Negeri 5 Surakarta yang berjumlah 32 siswa.Sumber data diperoleh dari guru, siswa dan dokumen.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan penilaian praktik kerja bangku. Hasil penelitian menunjukkan tercapainya motivasi belajar dan hasil belajar praktik kerja bangku pada mata pelajaran Teknologi Mekanik yang dibuktikan dari peningkatan nilai motivasi belajar dan hasil belajar praktik kerja bangku pada mata pelajaran Teknologi Mekanik. Siklus I menunjukkan rata-rata motivasi belajar yang dicapai sebesar 65,11% pada siklus II meningkat menjadi 82,23%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I persentase ketuntasannya sebesar 43,33% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan work preparation sheet dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar praktik siswa kelas X TMC di SMK Negeri 5 Surakarta pada mata pelajaran Teknologi Mekanik tahun ajaran 2016/2017.

Kata kunci: hasil belajar praktik kerja bangku, motivasi belajar, Work Preparation sheet.

Full Text:

PDF

References

Indriawan, Tri Asep. (2013). Pengaruh Penggunaan Work Preparation Sheet dalam Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Membubut Pada Mata Diklat Praktik Pemesinan di SMK Muhammadiyah I Bantul.skripsi. Universitas Yogyakarta. Diperoleh pada tanggal Januari 2015.

Guntur, Susilo. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Work Preparation Sheet (WPS) terhadap Hasil Praktik Membubut pada Mata Kuliah Praktik Pemesinan PTM FKIP UNS”.Skripsi.Universitas sebelas maret. digilib.UNS.ac.id

Muhtiadi. (2011). Pengaruh Media Work Prepation Sheet terhadap Prestasi Belajar pada Standar Kompetensi Menggunakan Perkakas Tangan di SMK Negeri 2 Wonosari.Skripsi.Universitas Yogyakarta. Diperoleh pada Tanggal 14 Januari 2015.

Sudarsono, Rahmat Yari. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil praktik Mesin bubut melalui Perancangan Work Preparation Siswa Kelas XI Pemesinan SMK PGRI I Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi.Universitas Sebelas maret.digilib.UNS.ac.id.

Sukestiyono.(2010). Olah Data Penelitian Berbatuan SPSS.Universitas Negeri Semarang (UNNES). Semarang.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.