ANALISIS EFISIENSI DAN PERILAKU PASAR GULA AREN DI KECAMATAN RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU

Yogy Rasihen

Abstract


Abstract: The process of distributing products from producers to end consumers
requires a variety of marketing functional activities aimed at streamlining the process
of delivering goods and services effectively and efficiently. The purpose of this
research is to analyze marketing efficiency of palm sugar and palm sugar market
behavior in Rambah Samo Sub-district of Rokan Hulu Regency. The method used is
survey method. Sampling was done using Sensus method. The sample used as many as
18 samples on agroindustry of palm sugar. The analysis used is quantitative
descriptive analysis. The results of this study indicate that the marketing pattern of
palm sugar in Rokan Hulu District Rambah Samo through two channels but an
efficient marketing channel is a marketing channel one. On the marketing channel one
palm sugar producer sells it directly to the end consumer who comes directly to the
production site and is sold for Rp. 20,000 / Kg. The most efficient marketing channel
is channel one because it has a very small margin compared to the other channels.
The behavior of sugar palm market in production center involves marketing agency
that is intermediary trader. This intermediary trader who distributes palm sugar to
consumers, but the role of palm sugar intermediaries in production is not much.

 

Abstrak: Proses penyaluran produk dari produsen ke konsumen akhir memerlukan
berbagai kegiatan fungsional pemasaran yang ditujukan untuk memperlancar proses
penyaluran barang dan jasa secara efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini untuk
menganalisis  efisiensi  pemasaran  gula  aren dan perilaku pasar gula aren di
Kecamatan Rambah Samo Kabupaten  Rokan Hulu. Metode yang digunakan adalah
metode survei. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode sensus.
Sampel yang digunakan sebanyak 18 sampel pada agroindustri gula aren. Analisis
yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa pola pemasaran gula aren yang ada di Kecamatan Rambah Samo Kabupaten
Rokan Hulu melalui dua saluran namun saluran pemasaran yang efisien adalah saluran
pemasaran satu. Pada saluran pemasaran satu pengrajin gula aren menjualnya
langsung ke konsumen akhir yang datang langsung ke lokasi produksi dan dijual
dengan harga Rp. 20.000/Kg. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran
satu karena memiliki margin yang sangat kecil dibandingkan dengan saluran yang
lain. Perilaku pasar gula aren di sentra produksi melibatkan lembaga pemasaran yaitu
pedagang perantara. Pedagang perantara inilah yang mendistribusikan gula aren
sampai ke konsumen, namun peran perantara gula aren disentra produksi tidak banyak.


Keywords


gula; aren; efisiensi; pemasaran; konsumen

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.20961/sepa.v14i1.21044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Creative Commons License