IDENTIFIKASI MINIMNYA PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN TIK PADA KELAS X SMA NEGERI 2 ENDE
Abstract
Proses belajar mengajar yang ideal yakni dimana ada keterlibatan atau partisipasi siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah, guna untuk meningkatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Hubungan dengan masalah yang ingin dipecakan dalam kajian ini adalah bagaimanakah minimnya partisipasi siswa dalam pembelajaran TIK, dan tujuan dari kajian ini adalah meningkatkan peran guru TIK dalam mengatasi minimnya partisipasi siswa dalam pembelajaran TIK, dan ingin mengetahui apa hambatan minimnya partisipasi siswa dalam pembelajaran TIK pada kelas X SMA Negeri 2 Ende. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, terdapat hambatan yang menjadi faktor minimnya partisipasi dalam belajar yakni faktor internal ( sifat malas ) dan kurangnya ketersedian sarana prasarana pembelajaran TIK yang memadai.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.
Djamaroh, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2006 .
E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep Karakteristik dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.
Furchan, H. Arief, Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2004. –
Ihsan, Fuad, Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2008.
Lambertus A. Tukan. 2010. Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran. Kupang
Noehi N asution, 2002. Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Universitas terbuka: Jakarta
Riyanto, Yatim, Paradigma Baru Pembelajaran: sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang efektif dan Berkualitas, Jakarta: Kencana, 2010.
Saminanto, Ayo Praktik PTK : Penelitian Tindakan Kelas, Semarang: RaSAIL Media Group, 2010 .
Sanjaya, Wina, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana, 2010.
Silbermen, Melvin L., Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nusa Media, 2006 .
Sukardi. 2013. Metode Deskriptif Kualitatif.
Refbacks
- There are currently no refbacks.