IDENTIFIKASI MINIMNYA PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN TIK PADA KELAS X SMA NEGERI 2 ENDE

Ibrahim Umarba

Abstract

Proses belajar mengajar yang ideal yakni dimana ada keterlibatan atau partisipasi siswa  dalam mengikuti proses belajar mengajar di sekolah, guna untuk meningkatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Hubungan dengan masalah yang ingin dipecakan dalam kajian ini adalah bagaimanakah minimnya partisipasi siswa dalam pembelajaran TIK, dan tujuan dari kajian ini adalah meningkatkan peran guru TIK dalam mengatasi minimnya partisipasi siswa dalam pembelajaran TIK, dan ingin mengetahui apa hambatan minimnya partisipasi siswa dalam pembelajaran TIK pada kelas X SMA Negeri 2 Ende. Dalam pelaksanaan proses belajar mengajar, terdapat  hambatan yang menjadi faktor  minimnya partisipasi dalam belajar yakni faktor internal ( sifat malas ) dan  kurangnya ketersedian sarana prasarana pembelajaran TIK yang memadai.


Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2006.

Djamaroh, Syaiful Bahri dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta : Rineka Cipta, 2006 .

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi : Konsep Karakteristik dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2002.

Furchan, H. Arief, Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2004. –

Ihsan, Fuad, Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta : Rineka Cipta, 2008.

Lambertus A. Tukan. 2010. Bahan Ajar Belajar dan Pembelajaran. Kupang

Noehi N asution, 2002. Materi Pokok Psikologi Pendidikan. Universitas terbuka: Jakarta

Riyanto, Yatim, Paradigma Baru Pembelajaran: sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang efektif dan Berkualitas, Jakarta: Kencana, 2010.

Saminanto, Ayo Praktik PTK : Penelitian Tindakan Kelas, Semarang: RaSAIL Media Group, 2010 .

Sanjaya, Wina, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Kencana, 2010.

Silbermen, Melvin L., Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Nusa Media, 2006 .

Sukardi. 2013. Metode Deskriptif Kualitatif.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.