Getuk Keju Frozen di Mojolaban Sukoharjo Jawa Tengah

Rofandi Hartanto, Sigit Prabawa

Abstract


Permasalahan utama produk olahan pangan basah adalah umur simpan yang pendek sehingga tidak mampu menjangkau pasar yang jauh. Akibatnya pendapatan yang dihasilkan terbatas karena terbatasnya pemasaran. Untuk mengatasi hal tersebut dikembangkan olahan getuk keju frozen yang dikembangkan dari getuk keju panggang produksi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) “Omah Ubi Mama Una” di Mojolaban Sukoharjo Jawa Tengah. Dalam pengabdian kepada masyarakat ini telah dilakukan pelatihan cara produksi pangan olahan yang baik, pendampingan produksi dan pengemasan, dan perijinan oleh tim pengabdian pada masyarakat Universitas Sebelas Maret (UNS) sehingga dihasilkan teknologi tepat guna pengolahan singkong menjadi getuk keju frozen yang mampu disimpan dalam waktu lebih lama selama dalam pembekuan dan mampu melayani konsumen untuk pasar yang jauh.


Keywords


getuk keju frozen, pengemasan, pengolahan pangan

rticle

References


Astuti, S.I., 2001. Pendekatan Partisipatif Lewat Pemberdayaan Rakyat: Alternatif bagi Pembangunan Berwawasan Otonomi Daerah. Mimbar 2(17): 212–237.

Coles, Richard, McDowell, Derek, Kirwan, Mark J,. 2003. Food Packaging Technology. Blackwell Publishing Ltd; London

Evans, Judith A. 2008. Frozen Food Science and Technology. Oxford: Blackwell Publishing.

Kalichevsky M. T., Knorr D., dan Lillford P. J. 1995. Potential food applications of high pressure effects on ice water transitions. Trends in Food Science and Technology, 6: 253–258.

Raharjo, T.J., dan Suminar, T. 2016. Penerapan Pedagogi dan Andragogi pada Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket A, B, Dan C Di Kota Semarang. http://download.portalgaruda.org. [5 Agustus 2019]




DOI: https://doi.org/10.20961/prima.v3i2.37803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.