Penerapan Metode PCA dalam Penentuan Konsep Desain Kemasan Sekunder untuk Produk X
Abstract
Saat ini skincare sudah menjadi salah satu produk yang wajib digunakan oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, brand skincare harus mempersiapkan proses distribusinya dengan baik, termasuk merancang kemasan sekunder yang sesuai. Namun produk “X” hanya menggunakan bubble wrap saat pengiriman, sehingga belum menggunakan kemasan distribusi yang sesuai. Hal tersebut, dapat menyebabkan masalah yaitu kerusakan atau kebocoran dan juga dapat merusak citra merek pada konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan mengidentifikasi konsep visual terhadap produk perawatan kulit “X” berdasarkan emosi dan perasaan konsumen dengan metode Kansei Engineering. Kansei Engineering merupakan metode yang dapat memahami preferensi konsumen dan dapat memastikan konsep desain sesuai dengan harapan. Hasil identifikasi kebutuhan konsumen terhadap produk skincare diperoleh 43 kata kansei dari 39 sampel. Konsep desain kemasan diperoleh dari ekstrasi kata Kansei dengan metode Principal Component Analysis (PCA). Konsep yang dihasilkan terdapat dua pasang yaitu PC1 “Modern-Praktis” dan PC2 “User Friendly-Untenable”.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adytio Karsa, S., & Mufti, D. (2022). Pengembangan Desain Kemasan Mayang Pinang Berdasarkan Teknik Kansei Engineering.
Annissa Mutia. (2022, May 5). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/05/makin-meroket-pendapatan-produk-kecantikan-dan-perawatan-diri-di-ri-capai-rp11183-triliun-pada-2022. Databoks.Katadata.Co.Id.
Apriyanti Endang Masyu. (2018). 2223-6759-1-PB (2). 400 Bad Request Https://Journal.Lppmunindra.Ac.Id/Index.Php/Sosio_ekons, 10, 20–27.
Coghlan, A. (2014). A Little Book of R For Multivariate Analysis Release 0.1.
Des Derivanti, M.I.Kom, A., Wahidin, D. W., & Mutiarani Warouw, D. (2022). Studi Fenomenologi : Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Skincare Melalui Media Platform Digital Di Era Covid-19. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(9), 1617–1628. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i9.204.
Faisal, D., Fathimahhayati, L. D., & Sitania, F. D. (2021). Penerapan Metode Kansei Engineering Sebagai Upaya Perancangan ulang Kemasan Takoyaki (Studi Kasus: Takoyakiku Samarinda). 18(1), p-ISSN.
Kobayashi, M., & Kinumura, T. (2017). A method of gathering, selecting and hierarchizing kansei words for a hierarchized kansei model. Computer-Aided Design and Applications, 14(4), 464–471. https://doi.org/10.1080/16864360.2016.1257188
Maulana Ismuputro, R. (2020). Nomor 3-Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya 2020. In Jurnal Ilmu Manajemen (Vol. 8).
Nagamachi, M., & Lokman, A. M. (2015). Kansei innovation : practical design applications for product and service development.
Nikita Earlene Salsabila. (2023, May 31). https://milenianews.com/news/semakin-naik-daun-the-originote-berhasil-raih-brand-choice-award-2023/. Milenianews.Com.
Pratiwi, K., Mohammad Taufan Andreyanto, Muhammad Asrol, & Taufik. (2023). Herbal beverage packaging product design using kansei engineering. JENIUS : Jurnal Terapan Teknik Industri, 4(1), 12–21. https://doi.org/10.37373/jenius.v4i1.365
Putri Layla, C., Purnama Sari, N., Grafika dan Penerbitan, T., Industri Cetak Kemasan, T., Negeri Jakarta, P., & Siwabessy, J. G. (n.d.). Perancangan Desain Kemasan Corn Dog Menggunakan Metode Kansei Engineering. In Prosiding Seminar Nasional Tetamekraf (Vol. 1, Issue 2).
Sari, N. P. (2019). Perencanaan dan Pengembangan Kemasan : Kansei Engineering. PNJ Press : Jakarta
Titaley, S., Ariviana, ;, Kakerissa, L., & Tukuboya, A. R. (2018). Desain Kemasan Minuman Bubuk Sari Pala Menggunakan Metode Kansei Engineering. Seminar Nasional “Archipelago Engineering” (ALE).
Zulkarnain, Z. (2020). Strategi Konsep Desain Kemasan Kopi Specialty untuk Industri Skala Mikro. Jurnal Desain, 8(1), 17. https://doi.org/10.30998/jd.v8i1.6491
Refbacks
- There are currently no refbacks.