Penentuan Rute Distribusi Produk AMDK Menggunakan Pengembangan Algoritma Clarke and Wright Savings di PT SMN
Abstract
PT SMN merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang produksi, distribusi, dan pemasaran produk Air Minum dalam Kemasan (AMDK). Rute distribusi produk AMDK harus dioptimasi agar biaya distribusi lebih murah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan algoritma Clarke and Wright Savings yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan distribusi di PT SMN. Pengembangan algoritma dilakukan untuk mengakomodasi kendala waktu operasional distribusi dan mengubah cara pemilihan titik pelanggan ke dalam rute menggunakan konsep head dan tail. Penyelesaian permasalahan penentuan rute distribusi produk AMDK di PT SMN menghasilkan biaya yang lebih rendah dibandingkan kondisi eksisting dengan perbaikan biaya distribusi sebesar 27,56% yaitu Rp689.332/minggu. Hasil pengembangan algoritma juga menghasilkan biaya yang lebih rendah dibandingkan solusi algoritma acuan Clarke and Wright Savings dan Sequential Insertion.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Refbacks
- There are currently no refbacks.