Pengaruh Strategi Penetapan Harga terhadap Keputusan Pembelian Batik pada IKM Batik XYZ Solo

Karavella Altavista, Roni Zakaria, I Wayan Suletra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penetapan strategi harga terhadap keputusan pembelian melalui motivasi pembelian. Penelitian ini dilakukan pada IKM Batik XYZ Solo dengan populasi pengikut dari media sosial Instagram IKM tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Slovin untuk menentukan jumlah sampel yaitu sebanyak 94 responden yang mengikuti media sosial Instagram dan penyebaran kuesioner menggunakan metode convenience sampling. Penelitian ini menganalisis data menggunakan Partial Least Square Structure Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menemukan bahwa strategi harga multiple pricing, product bundle pricing, competitive pricing, dan odd pricing memiliki hubungan dengan arah positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian secara tidak langsung melalui motivasi pembelian. Hubungan strategi harga secara langsung terhadap keputusan pembelian menunjukkan hasil positif signifikan pada strategi harga product bundel pricing dan competitive pricing. Sementara itu, hubungan strategi harga secara langsung terhadap motivasi pembelian menunjukkan hasil positif signifikan pada strategi harga multiple pricing, product bundel pricing, dan competitive pricing.

Keywords

IKM Batik; Keputusan Pembelian; Motivasi Pembelian; Perilaku Pembelian

References

Al-Salamin, Hussain, and Eman, Al-Hassan. 2016. “The Impact of Pricing on Consumer Buying Behavior in Saudi Arabia: Al-Hassa Case Study.” European Journal of Business and Management 8(4):1–16.

Arfianti, R. (2015). Pengaruh Harga Kompetitif, Kelengkapan Produk, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Sepatu Davin Pajak USU Medan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Arikunto, Suharsini. 2005. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Aneka Kraya.

Assefa, M. (2019). The Influence of Pricing Strategies on Consumer Purchase Decision Particularly A Case Study Ambassador Garment PLC in Addis Ababa. Thesis. Addis Ababa University.

Basu Swastha dan Irawan, 2005, Asas-asas Marketing, Liberty, Yogyakarta.

Belohlavek, Peter. 2008. Market Cybernestetics Unicist Marketing Mix 2nd Edition. London: Blue Eagle Group.

Doellah, Santosa. 2002. Batik, Pengaruh Zaman dan Lingkungan. Solo : Danar

Eastman, J. K., Goldsmith, R. E., & Flynn, L. R. (1999). Status consumption in consumer behavior: Scale development and validation. Journal of marketing theory and practice, 7(3), 41-52.

Kotler dan Armstrong. (2008). Prinsip-prinsip Pemasaran 2. (edisi12). Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Philip. (2011). Manajemen Pemasaran di Indonesia (edisi 1). Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip & Garry Armstrong. 2010. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1 dan 2 EdisiKedua Belas. Jakarta : Erlangga

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Miauw, K. Y. H. 2016. “Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Wild.” Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis 1(5):567–75.

Peter, J., & Donnelly, J. (2001). Marketing Management: Knowledge and Skills, 6th ed. Irwin/McGraw-Hill.

Rosa Diaz, I. M., & Rondán Cataluña, F. J. (2011). Antecedents of the importance of price in purchase decisions. Revista de Administração de Empresas, 51, 370-381.

Roth, Sarah A. 2007. “Understanding Pricing Objectives and Strategies.” The Quarterly Journal of Economics 55(2).

Schiffman, L. G. & Wisenblit, J. L. (2015). Consumer Behavior Edisi 11 Global Edition . England: Pearson Education Limited

Soedarmono. 2006. Mbok Mase Pengusaha Batik Laweyan Solo Awal Abad 20. Jakarta: Yayasan Warna Warni Indonesia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.