Pengendalian Kualitas Produk Roti dengan Metode Seven Tools di UMKM Anni Bakery and Cake

Aldo Almayda Abidin, Wahyudin Wahyudin, Risma Fitriani, Fidiyya Astuti

Abstract

UMKM Anni Bakery and Cake merupakan perusahaan mikro yang bergerak di bidang industri makanan dengan memproduksi roti seperti roti tawar dan roti manis. Tentunya pada setiap tahapan proses produksi tidak menutup kemungkinan terjadi ketidaksesuaian produk yang dapat menurunkan kualitas dari produksi roti tersebut.Tujuan penelitian ini yaitu untuk meminimalisir kecacatan produk roti tawar original kupas yang dihasilkan pada UMKM Anni Bakery and Cake dengan cara melakukan analisis menggunakan metode Seven quality tools pada proses produksinya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi selama bulan Maret 2021. Hasil analisis menunjukan bahwa jenis kecacatan yang terjadi pada produk roti tawar original kupas adalah bentuk roti tidak sesuai standar, kulit roti keriput, pengupasan tidak sesuai standar, dan kulit roti berlubang. Berdasarkan keempat jenis kecacatan tersebut bahwa jenis kecacatan yang paling dominan adalah kulit roti keriput sebanyak 25 unit. Terjadinya kecacatan produk roti tawar original kupas disebabkan oleh faktor manusia, faktor metode dan faktor mesin. Upaya perbaikan yang dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya kecacatan roti tawar original kupas yaitu perekrutan tenaga kerja baru, pemberian job description sesuai dengan keahlian, pengawasan secara intens terhadap para pekerja, penambahan mesin pengovenan serta melakukan perawatan dan perbaikan pada mesin.

Keywords

Pengendalian Kualitas, Seven quality tools, Perbaikan

References

Farchiya, F. (2021). Analisis Pengendalian Kualitas Spanduk Dengan Metode Seven Quality Control Tools (7 QC) Pada PT. FIM Printing. Tekmapro : Jurnal of Industrial Enggineering and Manajemen, Vol. 16, No. 01, 36-47.

Fidiyya Astuti, W. W. (2021). Perbaikan Kualitas Produk Gentong Menggunakan Metode Seven Tools (Studi Kasus: Home Industry Bapak Ojid). Jurnal Barometer, Vol. 6 No. 1, 307-312.

Handoko, A. (2017). Implementasi Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Pendekatan PDPCA Dan Seven Tools Pada PT. ROSANDEX PUTRA PERKASA Di Surabaya. Jurnal Ilmial Mahasiswa Universitas Surabaya, Vol. 6, No. 2, 1329-1347.

Iswandi Idris, R. A. (2016). Pengendalian Kualitas Tempe Dengan Metode Seven Tools. jurnal Teknovasi, Vol. 03, No. 1, 66-80.

Mashabar, J. R. (2020). Analisa Pengendalian Kualitas Produksi Dengan Menggunakan Metode Seven Tools Quality Di PT. BORSYA CIPTA COMMUNICA . Jurnal Industri & Teknologi Samawa, Vol. 1, No. 1, 17-21.

Purnawati, N. K. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Proses Produksi Pie Susu Pada Perusahaan Pie Susu Barong Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. No. 3, 1566-1594.

Ratnadi, E. S. (2016). Pengendalian Kualitas Produksi menggunakan Alat Bantu Ststistik (Seven Tools) Dalam Upaya Menekan Tingkat Kerusakan Produk. Jurnal Industri Elektro dan Penerbangan, Vol. 6, No. 2, 10-18.

Somadi, B. S. (2020). Evaluasi Kerusakan Barang Dalam Proses Pengiriman Dengan Menggunakan Metode Seven Tools. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang raya, Vol. 6, No. 1, 1-11.

Tobing, B. (2018). Seven Basic Tools & Delapan Langkah Perbaikan. Deli Serdang: PT. Medan Sugar Industry.

Wicaksono, N. A. (2018). Pengendalian Kualitas Produk Baju Kerja Perawat Untuk Meminimasi Jumlah Produk Cacat Dengan Metode Seven Tools. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Winarno, S. (2011). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Kertas Paper Cone Dengan Menggunakan Metode Seven Tools Di PT. SRI WAHANA ADITYAKARSA SUKOHARJO. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.