Analisis Pengendalian Kualitas pada Pengolahan Produk Kulit dengan Metode Statistical Process Control pada UMKM Paris Leather

Dimas Ari Nuryanto, Widya Setiafindari

Abstract

Pada proses produksi kulit pada UMKM Paris Leather masih terdapat kecacattan saat proses pewarnaan kulit dan proses pembuatan produk kulit, dimana proses produksi kulit tidak sesuai dengan standar kecacatan produk yang telah ditentukan oleh UMKM Paris Leather. Dari data produksi produk kulit pada bulan Januari s.d Februari 2021 mencapai 933 produk lembaran kulit, 173 produk tas dan 155 produk jaket, masih terdapat produk cacat pada produksi dengan jumlah rata-rata cacat produk kulit lembaran 5 % per hari, produk tas 4 % per hari dan produk jaket 3 % per hari dengan jumlah produk cacat yang terjadi perlu dilakukan usulan perbaikan kualitas untuk mengurangi cacat pada produk kulit, maka dalam meyelesaikan masalah tersebut perlu menganalisis apa saja jenis cacat dominan yang terjadi pada produksi kulit, kemudian mencari penyebab cacat pada produk dan pewarnaan yang terjadi di UMKM Paris Leather. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik Statistical Quality Control, Check Sheet, Stratifikasi, Peta Kontrol, Diagram Pareto, Diagram Sebab-Akibat, Diagram Pencar, dan Histogram. Hasil dari penelitian ini menunjukan jenis kerusakan yang paling banyak terjadi pada proses produksi kulit adalah cacat jahit tidak rapi sebesar 50 % produk tas, 40 % produk jaket, dan proses perwarnaan kulit cacat lubang sebesar 50 %. Usulan perbaikan sebaiknya dilakukan adalah mengkaji ulang proses pengoperasian mesin, menggunakan check sheet, melaksanakan training, memberlakukan sistem reward and punishment, pengecekan material dan mesin, dan bekerja sesuai SOP.

Kata kunci: Statistical Quality Control1, Produk Kulit2, UMKM Paris Leather3

Keywords

Statistical Quality Control1, Produk Kulit2, UMKM Paris Leather3

References

Faiq, A., Nurhajati, & Hufron, M. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Proses Produksi Jenang Apel Dengan Metode Statistical Process Control ( SPC ) Untuk Menurunkan Tingkat Kerusakan Produk (Studi di CV. Bagus Agriseta Mandiri Batu). Jurnal Riset Manajemen, 67–78.

Gunawan, H. (2013). Implementasi Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Statistik Pada Pabrik Cat CV X Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya Vol.2 No.1 (2013) Implementasi, 2(1), 1–20.

Halim, A. (2014). Manajemen Keuangan Sektor Publik Problematika Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/Daerah). In Problematika Penerimaan Dan Pengeluaran Pemerintah: Vol. edisi 1.

Heizer, J., & Render, B. (2006). Operations Management (Manajemen Operasi). Jakarta: Salemba Empat.

Himawan, A. (2017). Pengendalian Kualitas Statistical Process Control Produk Genteng Di UKM Super Soka Jepara.

Ilham, M. N. (2012). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Dengan Menggunakan Statistical Processing Control ( Spc ) Pada Pt . Bosowa Media Grafika ( Tribun Timur ).

Ivanto, M. (2012). Pengendalian Kualitas Produksi Koran Menggunakan Seven Tools Pada PT. Akcaya Pariwara Kabupaten Kubu Raya. Jurnal, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Tanjungpura.

Jay, H., & Render, B. (2015). Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan.

Kemit, N., Suamba, I. K., & Yudhari, I. D. A. S. (2016). Pengendalian Mutu Kopi Luwak pada Perusahaan CV Sari Alam Pegunungan di Kabupaten Bangli. 5(3), 509–516. Oberoi, E. H. S.,

Parmar, M., Kaur, H., & Mehra, R. (2016). SPC ( Statistical Process Control ): A Quality Control Technique for Confirmation to Ability of process. 666–672.

Weckenmann, A., Akkasoglu, G., & Werner, T. (2015). Quality management - History and trends. TQM Journal, 27(3), 281–293. https://doi.org/10.1108/TQM-11-2013-0125

Refbacks

  • There are currently no refbacks.