Usulan Perbaikan Standard Operating Procedure Sesuai Standar Halal pada Siska Bakery

Maresta Andriani, Ida Giyanti, Anita Indrasari

Abstract

Siska Bakery merupakan salah satu Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di bidang makanan terutama produk roti dan kue. Siska Bakery memiliki sertifikat PIRT dengan nomor 206337201122419 dan sudah pernah memiliki Sertifikat Halal MUI pada tahun 2017-2019. Selama ini Siska Bakery telah menjalankan proses bisnis sesuai dengan pedoman Sistem Jaminan Halal (SJH). Namun demikian, Standard Operating Procedure (SOP) tertulis yang sudah ada pada Siska Bakery masih terdapat kekurangan. SOP saat ini hanya berupa tulisan tangan di kertas yang ditempel di dinding. SOP tertulis juga tidak secara spesifik mengikuti pedoman SJH. Dengan terbatasnya ketersediaan SOP mengakibatkan karyawan Siska Bakery bekerja kurang optimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan merancang SOP yang meliputi proses pembelian bahan baku, proses produksi dan proses distribusi produk dalam memenuhi standar halal sebagaimana tercantum dalam dokumen HAS 23000. Metode yang digunakan penelitian ini adalah observasi lapangan dengan cara wawancara dan studi SOP yang sudah ada pada Siska Bakery. Hasil penelitian ini adalah rancangan SOP yang sesuai dengan standar halal sehingga dapat digunakan untuk memperbaiki SOP yang sudah ada. SOP dirancang dalam bentuk diagram alir untuk memudahkan karyawan dalam mengikuti setiap tahapan proses.

Keywords

Standar halal; sistem jaminan halal; sop; umkm;

References

Cahyadi, I. (2015). Tantangan Internasionalisasi UKM di Indonesia dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. 27(9), 129–144.

Ginantaka, A., & Zain, E. R. (2017). Perancangan Sistem Informasi Traceability Produk Pangan Halal UKM Unggulan Berbasis Digital Business Ecosystem. Jurnal Agroindustri Halal, 3(2), 170–182.

Giyanti, I., & Indriastiningsih, E. (2019). Impact of Halal Certification on The Performance of Food Small Medium Enterprises. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 18(2), 116–123. https://doi.org/10.23917/jiti.v18i2.7242

Irawati, R., & Hardiastuti, E. B. W. (2016). Perancangan Standard Operating Procedure ( SOP ) Proses Pembelian Bahan Baku , Proses Produksi dan Pengemasan pada Industri Jasa Boga ( Studi Kasus pada PT . KSM Catering & Bakery Batam ). Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 4(2), 186–193.

Liquiddanu, E., Sutopo, W., & Suletra, I. W. (2017). Sertifikasi Halal Produk Abon dan Rambak Sapi dari Kelompok Usaha Bersama Kampung Oleh-oleh Jagalan Di Kota Surakarta. Universitas Sebelas Maret. LPPOM MUI. (2008). Panduan Umum Sistem Jaminan Halal LPPOM MUI. Jakarta: Majelis Ulama Indonesia Republik Indonesia.Data suatu lembaga pemerintahan

Manghani, K. (2011). Quality assurance: Importance of systems and standard operating procedures. Perspectives in Clinical Research, 2(1), 34. https://doi.org/10.4103/2229-3485.76288

Pujiono, A., Setyawati, R., & Idris, I. (2018). Strategi Pengembangan UMKM Halal di Jawa Tengah dalam Menghadapi Persaingan Global. Indonesia Journal of Halal, 1(1), 1. https://doi.org/10.14710/halal.v1i1.3109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.