Penerapan Line Balancing pada Lintasan Sewing Proses Produksi Apparel Perusahaan Garmen Puspa Dhewi Batik

Mukhtar Anggit Novianto, Lobes Herdiman

Abstract

Perusahaan Garmen Puspa Dhewi Batik bergerak di bidang industri garmen yang memproduksi secara make to order. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan efisiensi keseimbangan lini produksi pada lintasan sewing. Lintasan sewing dipilih sebagai objek penelitian karena lintasan tersebut memiliki waktu proses yang paling lama. Dalam upaya peningkatan efisiensi tersebut digunakan metode line balancing berdasarkan perhitungan Standard Minute Value dengan memperhatikan pitch time, under control limit, dan upper control limit. Perhitungan line balancing dilakukan untuk meningkatkan efisiensi keseimbangan lintasan sewing dengan melakukan perubahan pada elemen kerja berdasarkan pitch time. Melalui metode ini didapatkan balance efficiency sebesar 85% pada lintasan sewing. Perubahan juga terjadi pada elemen kerja yang terdiri dari 23 elemen kerja menjadi 21 elemen kerja. Setelah perhitungan line balancing didapatkan rata-rata hasil produksi pada lintasan sewing setiap jamnya sebesar 61 pcs dan setiap harinya sebesar 495 pcs.

Keywords

Line balancing; efisiensi; sewing

References

Babu, V Ramesh. (2012). Industrial Engineering in Apparel Production. Woodhead Publishing, India.

Bedworth, D. & Bailey, J. (1982). Integrated production control system. John Wiley and sons, New York, USA.

Groover, P Mikell. (2002). Automation Production Systems and Computer-Integrated Manufacturing. Pearson International, Beijing, China.

Indrawan, Yayan & Hariastuti, Ni Luh Putu. (2013). Minimalisasi Bottleneck Proses Produksi dengan Menggunakan Metode Line Balancing. Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama, Surabaya.

Jaganathan V. P. (2014). Line balancing using largest candidate rule algorithm in a garment industry: a case study. International Journal of Lean Thinking.

Kesempatan Besar, Industri Garmen & Tekstil di Indonesia Butuh Banyak Tenaga Kerja!: Robs Jobs Media. https://media.robsjobs.co/kesempatan-besar-industri-garmen-tekstil-di indonesia-butuh-banyak-tenaga-kerja/ (Diakses 19 November 2018).

Purnomo, Hari. (2004). Pengantar Teknik Industri. Graha Ilmu Indonesia, Yogyakarta, Indonesia.

Wignyosoebroto, S. (1995). Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu. PT. Guna Widya, Jakarta, Indonesia.

Nurhasanah Nunung dan Simanjutak J P. (2012). Pengukuran Produktivitas Alur Produksi Menggunakan Metode Line Balancing di PD Sandang Jaya. INASEA, Vol. 13 No.2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.