The Use of Poetry for Reading Skills of Chinese Language Education Study Program Students Universitas Negeri Malang
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adji, Fanina. 2017. “Model Materi Ajar Membaca Bahasa Mandarin Berbasis Bahan Otentik.” Buletin Al-Turas 23 (2): 287–99. https://doi.org/10.15408/bat.v23i2.6373.
Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Ampuni, Sutarimah. n.d. “Proses Kognitif dalam Pemahaman Bacaan.” Buletin Psikologi, no. 2.
Arifin, Landrey Ade Ayu, Urip Zaenal Fanani, and M Pd. n.d. “Kesalahan Penjedaan dalam Membaca Bacaan dalam Buku HSK 4 pada Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Unesa Angkatan 2018.”
Febriyanti, Noreka Elisabeth. 2019. Tugas Matak Kuliah Pengembangan Media Berbasis IT Keterampilan Berbahasa Membaca Nyaring. https://doi.org/10.31227/osf.io/7an6y. 8.
Ibad, Ah Zainil, Yerry Soepriyanto, and Arafah Husna. n.d. “Tesaurus Termediasikan Augmented Realty Teks untuk Peningkatan Pemahaman Baca.”
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., ... & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/20720.
Jayapada, Gegana, Imam Suyitno, and Suyono Suyono. 2020. “Apersepsi Guru dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Bagi Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 5 (5): 594. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i5.13462.
Khuzaimatun, Siti. 2009. “Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unversitas Sebelas Maret Surakarta 2009.”
Kinanti, Fitri. n.d. “Pengaruh Penggunaan Buku Teks 《华语》Huáyǔ Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Mandaarin Siswa Kelas X IPS SMAN 1 Puri Mojokerto.”
Mukhlishina, Innany. n.d. “Modul Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Cerita Petualangan untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.”
Moleong, L. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nur Fauzi, Rahmad Huda, Dudy Syafruddin, and Octi Rjeky Mardasari. 2023. “Efektivitas Modul Puisi Tiongkok Klasik Era Dinasti Tang pada Mata Kuliah Sejarah Kesusastraan Tiongkok.” JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts 2 (11): 1626–38. https://doi.org/10.17977/um064v2i112022p1626-1638.
Permatasari, Amalia. 2018. “Keefektifan Teknik Numbered Heads Together Terhadap Kemampuan Membaca Pemahamanan Teks Bahasa Mandarin Siswa Kelas X IBB SMA Muhammadiyah 2 Surabaya Tahun Ajaran 2017/2018.” . Volume 1.
Pitaloka , A., & Sundari, A. (2020). Seni Mengenal Puisi. Medan: Guepedia.
Rahayu, W. 2022. Mendesain Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Menarik dengan Menerapkan Metode Bervarasi. Maharot: Journal of Islamic Education, 6 (1), 5. DOI: 10.28944/maharot.v6i1.632
Riyanti, Asih. 2021. Keterampilan Membaca. Yogyakarta: K-Media.
Riyanti, Asih, and Inung Setyami. 2017. “Penggunaan Media Pembelajaran Sastra Bagi Guru Bahasa Indonesia.” RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya 10 (2): 106. https://doi.org/10.26858/retorika.v10i2.4881.
Sari, Yolanda Dana Kumala, Lise Chamisijatin, and Budi Santoso. 2019. “Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Siswa Kelas IV dengan Model Demonstrasi Didukung Media Video Pembelajaran Di SDN 1 Sumbersari Kota Malang.” Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan 9 (2). https://doi.org/10.24176/re.v9i2.3181.
Sadiman, A. S. (1996). Media pembelajaran. Jakarta: rajawali pers.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta,CV.
Supriyono. (2014). Optimalisasi Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Peningkatan Penguasaan. Jurnal Nasional, 16.
Susanti, E. (2019). Keterampilan Berbicara. Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Sulistiani, Heni, Auliya Rahman Isnain, Yuri Rahmanto, Very Hendra Saputra, Priskilia Lovika, Rido Febriansyah, and Ady Chandra. 2023. “Workshop Teknologi Metaverse Sebagai Media Pembelajaran” 4 (1).
Ventivani, A., & Muyassaroh, L. U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran 媒语 [Méi yǔ] Berbasis Multimedia dengan Desain Pembelajaran Cooperative Learning. SELASAR 5 Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra 5 (p. 64). Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Ting, Yuk. 2011. “Bunyi Konsonan Bahasa Indonesia dan Bahasa Mandarin: Analisis Konstrastif” 7.
Yesika, Dwi Hilana, Fitroh Setyo Putro Pribowo, and Kunti Dian Ayu Afiani. 2020. “Analisis Model Pembelajaran SQ3R Dalam Meningkatkan Membaca Pemahaman Siswa SD.” Jurnal Pendidikan Modern 6 (1): 36–46. https://doi.org/10.37471/jpm.v6i1.122.
Wahidmurni, W. (2017). Pemaparan Metode Kualitatif.
Wulandari, D., Candria, M., Wulandari, R., & Laksono, A. (2017). Penerapan Task-Based Learning dalam Pelatihan Bahasa Inggris terkait Kriminalitas bagi Personel Polrestabes Semarang. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.
DOI: https://doi.org/10.20961/maobi.v3i1.97763
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Hanna Widi Krisjayanti Lunmisay; Aiga Ventivani; Deddy Kurniawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
CONFUCIUS INSTITUTE Publisher
Confucius Institute, Universitas Sebelas Maret
Jalan Ir. Sutami 36A Kentingan, Surakarta, Indonesia
Email: maobi@mail.uns.ac.id
Copyright © 2023. Confucius Institute
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.