IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN, MANDIRI, TANGGUNGJAWAB DALAM PILAR INDONESIA HERITAGE FOUNDATION (IHF) ANAK USIA DINI
Abstract
Pendidikan karakter anak usia dini (PAUD) adalah suatu upaya pembinaan perangai atau perbuatan yang selalu dilakukan anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun melalui pemberian rangsangan. Namun, dalam membentuk sikap anak menjadi pribadi yang baik perlu diperhatikan bahwa anak kecil belum banyak mengetahui bagaimana berperilaku yang dapat diterima secara sosial. Oleh karena itu, pendidikan harus mengembangkan karakter anak melalui pendidikan karakter sejak dini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter anak RA Al-Qudwah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek berusia 3-4 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Pendidikan karakter dalam pilar IHF dilakukan menggunakan konsep knowing, feeling, dan acting yang dilakukan melalui pembiasaan sehari-hari dimulai dari anak datang ke sekolah, kegiatan pembuka, kegiatan inti, hingga kegiatan penutup. Karakter yang baik didukung oleh pengetahuan yang baik, keinginan untuk berbuat baik, dan perbuatan yang baik. Selain itu dukungan yang baik dari keluarga, orang tua, masyarakat, dan pemerintah dapat menjadi kunci keberhasilan dalam mendidik karakter anak sejak dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amilda, A. (2017). Pembentukan karakter anak usia dini melalui pembiasaan. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2). https://doi.org/10.19109/RA.V1I2.2684.
Aviratri, Y., & Syahputri, R. (2024). Non-verbal reasoning profile in the Holistic Model School (PHMS) of Character-Based Holistic Education (CBHE) by Indonesia Heritage Foundation (IHF) Depok. EDUTEC: Journal of Education And Technology, 8(2), 339–347. https://doi.org/10.29062/EDU.V8I2.1106.
Dalmeri. (2014). Pendidikan untuk pengembangan karakter (Telaah terhadap gagasan Thomas Lickona dalam educating for character). Jurnal Al-Ulum, 14(1).
Farantika, D., Hidayah, C., & Rachmah, L. L. (2023). Pembentukan karakter bagi anak usia dini di lingkungan sekolah dan masyarakat. Jurnal Bocil: Journal of Childhood Education, Development and Parenting, 1(1), 10–16. https://doi.org/10.28926/BOCIL.V1I1.725.
Faujiah, A., Tafsir, A., & Sumadi, S. (2018). Pengembangan karakter anak di Indonesia Heritage Foundation (IHF) Depok. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(2), 163. https://doi.org/10.36667/JPPI.V6I2.294.
Fitria, N. (2017). Konsep Pendidikan Karakter Menurut Thomas Lickona dan Yusuf Qardhawi. Skripsi Sarjana, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Hasanah, U., Fajri, N., & Al Junaidiyah, R. A. (2022). Konsep pendidikan karakter anak usia dini. EDUKIDS : Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 116–126. https://doi.org/10.51878/EDUKIDS.V2I2.1775.
Huliyah, M. (2021). Strategi Pengembangan Moral dan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Jejak Pustaka.
Humaini, F., & Safitri, A. (2021). Hubungan gaya pengasuhan orang tua dengan prestasi belajar anak. Syams: Jurnal Kajian Keislaman, 2(2), 124–137. https://doi.org/10.23971/JS.V2I2.3879.
Imroatun, Nirmala, I., Juhri, & Muqdamien, B. (2020). Kajian literatur pengasuhan anak usia dini dalam Islam. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 57–66. https://doi.org/10.32678/ASSIBYAN.V5I1.10562.
Karimah, F., Chandra Dewi, A. S., & Andri Nugroho, A. (2022). Pengembangan nilai-nilai karakter dalam program pendidikan Indonesia Herigate Foundation (IHF). JP3 (Jurnal Pendidikan Dan Profesi Pendidik), 8(1), 35–52. https://doi.org/10.26877/JP3.V8I1.12972.
Khoiriyah, Z. (2021). Pengaruh penerapan kurikulum Pendidikan Holistik Berbasis Karakter (phbk) terhadap pembentukan karakter siswa di TK Karakter Indonesia Heritage Foundation Cimanggis Depok. Khazanah, 1(1), 88–145. https://e-jurnal.staihas.ac.id/index.php/khazanah/article/view/8.
Kusumastuti, N. (2020). Implementasi pilar-pilar karakter anak usia dini. Jurnal PAUD Hamzanwadi, 9(1), 33–39.
Lickona, T. (2019). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar & Baik. Bandung: Nusa Media.
Mainuddin, Tobroni, & Nurhakim, M. (2023). Pemikiran pendidikan karakter Al-Ghazali, Lawrence Kohlberg, dan Thomas Lickona, Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 283-290.
Masykuroh, K., & Wahyuni, T. (2023). Media pop-up book untuk meningkatkan karakter peduli lingkungan pada anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(2), 172-181. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i2.483.
Nuraeni. (2020). Pendidikan karakter pada anak usia dini. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 9(1), 33–39.
Oktamarina, L. (2021). Meningkatkan karakter peduli lingkungan sejak usia dini melalui kegiatan green school di PAUD Uswatunn Hasanah Palembang. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 37–44. https://doi.org/10.33369/jip.6.1.37-44.
Putri, M. S. (2023). Model pembelajaran sentra dalam pendidikan anak usia dini. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 6(6), 3793–3797. https://doi.org/10.54371/JIIP.V6I6.2093.
Rezki, M. A. (2021). Peran Orang Tua Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 13(1), 73–81. https://doi.org/10.47498/TADIB.V13I01.466.
Sari, S., & Nofriadi, N. (2019). Pembentukan karakter pada anak usia dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2).
Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan karakter religius pada anak usia dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/AULAD.V3I1.46.
Ulfa, M. (2022). Implementasi model pembelajaran sentra persiapan dalam mengembangkan aspek kognitif anak usia dini di TK Amal Insani Yogyakarta. AlBanna: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 70–84. https://doi.org/10.24260/ALBANNA.V2I2.2064.
Wahyuni, I., & Putra, A. (2020). Kontribusi Peran Orang tua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Al-Thariqah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(1), 30-37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854.
Refbacks
- There are currently no refbacks.