SELF-AWARENESS SEBAGAI PREDIKTOR PERILAKU TANGGUNG JAWAB PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Keywords
References
Abdurahman, M., Muhidin, S. A., Somantri, A. (2011). Dasar-dasar metode statistika untuk penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Agniarahmah, A., Yulia, C., & Stevani, H. (2023). Keefektifan media ular tangga dalam meningkatkan self awareness. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 8(1), 813.
Ainurrahmah, S., & Rahayu, W. (2024). Meningkatkan kemampuan self awareness anak usia dini melalui stimulasi kegiatan seni tari di tk angkasa 8. 3(4), 841847.
Andini, Y. T., & Ramiati, E. (2020). Penggunaan metode bermain peran guna meningkatkan karakter tanggung jawab anak. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 815.
Bender, J., OConnor, A. M., & Evans, A. D. (2017). Mirror, mirror on the wall: increasing young childrens honesty through inducing self-awareness. Journal of Experimental Child Psychology, 167, 414422.
Cahyati, N. (2018). Penggunaan media audio visual terhadap karakter tanggung jawab anak usia 5-6 tahun. Jurnal Golden Age, 2(02), 75.
Eurich, T. (2018). Emotional intelligence: self-awareness. Harvard Business Review Press.
Fathurrahman, F. (2020). Hakikat nilai hormat dan tanggung jawab perspektif thomas Lickona & Perspektif Islam (Sebuah Pendekatan Integratif-Intorkonektif). Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 181203.
Fitriany, M. S., Farouk, H. M. A. H., & Taqwa, R. (2016). Perilaku masyarakat dalam pengelolaan kesehatan lingkungan (studi di desa segiguk sebagai salah satu desa penyangga kawasan hutan suaka margasatwa gunung raya ogan komering ulu selatan). Jurnal Penelitian Sains, 18(1), 4146.
Fluerentin, E. (2012). Latihan Kesadaran Diri (Self Awareness) dan Kaitannya Dengan Penumbuhan Karakter. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 918.
Goleman, D. (2018). Emotional intelligence: mengapa ei lebih penting daripada iq. Terjemahan oleh T Hermaya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Halifah, S., Risma, R., & Satriani, D. (2024). Playing expression board: developing self-awareness skills for children aged 5 - 6 years. TEMATIK: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 10(1), 50.
Hasbi, M. (2020). Membangun tanggung jawab anak. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hayati, F. (2018). Pendidikan karakter berbasis islam. Tadib: Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 6774.
Hikmasari, D. N., Susanto, H., & Syam, A. R. (2021). Konsep pendidikan karakter perspektif thomas lickona dan ki hajar dewantara. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 6(1), 1931.
London, M., Sessa, V. I., & Shelley, L. A. (2023). Developing self-awareness: learning processes for self- and interpersonal growth. Annual Review of Organizational Psychology and Organizational Behavior, 10, 261–288.
Maharani, L., & Mustika, M. (2017). Hubungan self awareness dengan kedisiplinan peserta didik kelas VIII di SMP Wiyatama bandar lampung (Penelitian Korelasional Bidang Bk Pribadi). KONSELI : Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 3(1), 57–72.
Melati, R. S., Ardianti, S. D., & Fardani, M. A. (2021). Analisis karakter disiplin dan tanggung jawab siswa sekolah dasar pada masa pembelajaran daring. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3062–3071.
Ningsih, E. P., & Rasyid, H. (2023). Pengaruh metode pemberian tugas terhadap sikap tanggung jawab anak usia 5-6 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 5123–5132.
Nisa, A. R., Patonah, P., Prihatiningrum, Y., & Rohita, R. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Pada Aspek Kesadaran Diri Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 1.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23(2), 103-111.
Ramelan, H., & Mayar, F. (2023). Pengembangan Video Animasi Self Awareness Anak dalam Menghadapi Bencana Kabut Asap. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 5016–5030.
Salsabila, J., & Nurmaniah, N. (2021). Studi tentang sikap tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di tk fajar cemerlang sei mencirim. Jurnal Golden Age, 5(01), 111–118.
Sudani, N. K., Suarni, N. K., & Setuti, N. M. (2013). Penerapan konseling eksistensial humanistik teknik pemodelan untuk meningkatkan perilaku tanggung jawab belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Sukasada. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling, 1(1), 112.
Sukiman. (2016). Mengembangkan tanggung jawab pada anak. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.