ANALISIS PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DITINJAU DARI PENERAPAN APE JEPIT BAJU
Abstract
Perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun adalah kunci untuk membentuk dasar pembelajaran yang akan mendukung anak sepanjang hidup. Penelitian ini mengkaji bagaimana penggunaan Alat Permainan Edukatif (APE) berupa jepit baju dapat mempengaruhi perkembangan kognitif anak di TK TA Bangsri 05, yang sering menghadapi keterbatasan media pembelajaran dan ketergantungan pada lembar kerja. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian kualitatif, melibatkan observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun ditinjau dari penerapan APE jepit baju di sekolah TK TA Bangsri 05. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan jepit baju meningkatkan kemampuan anak dalam mengenali warna, bentuk, pola, angka, dan huruf, serta merangsang kreativitas dan keterampilan berpikir kritis. Aktivitas yang melibatkan jepit baju memberikan stimulasi belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan dibandingkan dengan lembar kerja. Penelitian ini menekankan pentingnya keberagaman media pembelajaran dan merekomendasikan penggunaan alat sederhana namun efektif seperti jepit baju untuk mendukung perkembangan kognitif anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bakri, A. R., Nasucha, J. A., & Indri M, D. B. (2021). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(1), 58–79. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i1.12
Elfiadi. (2016). Bermain Dan Permainan Bagi ANAK USIA DINI. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, VII(1), 51–60. file:///C:/Users/BKPUTRAWAN/Downloads/115-Article Text-299-1-10-20180109.pdf
Fatimah, N., Zulfahmi, M. N., Islam, U., & Ulama, N. (2024). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Ditinjau Dari Implementasi Pembelajaran Membatik Ecoprint di Kelompok Bermain JRIP : Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran ISSN 2776-8872 Analisis Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Ditinjau Dari Implementas. 4(2), 1038–1050.
Fatinah Zahro, I. (2015). Penilaian dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi, 1(1), 92–111. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/95
Fauzi, R., & Hamdu, G. (2021). Kompetensi Guru: Pelaksanaan Pembelajaran Berkelanjutan Dan Kreativitas Berbasis Esd Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1784–1797. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.675
Furi, A. Z., Harmawati, Denok, M., & B.A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Kognitif melalui Penerapan Metode Eksperimen Menggunakan Media Loose Parts pada Anak Kelompok B. Http://E-Journal.Ivet.Ac.Id/Index.Php/Emp/Index, 1(2), 7–19. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/ emp.v2i1.kodeartikel
Hanyfah, S., Fernandes, G. R., & Budiarso, I. (2022). Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 339–344. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5697
Hidayatulloh, M. A. (2014). Lingkungan Menyenangkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Pemikiran Montessori. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 139–154. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.1.574
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualita, 3(1), 242904.
Karim, M. B. (2014). Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini Melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal PG- PAUD Trunojoyo, 1(2), 103–113.
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520
Ma’arif, N. N., & Ummah, F. M. (2023). Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini: Studi Pengembangan Media Permainan Snakes and Ladders Di Tk Oxford Puri School Pps Manyar Gresik. Journal of Early Childhood Islamic Education, 10(1), 129–142.
Masruroh, B. (2023). Buku panduan alat permainan edukatif kincir smart (kinsmart). 1–3.
Mayar, F., Uzlah, U., Nurhamidah, N., Rahmawati, R., & Desmila, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekitar Untuk Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4794–4802. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2665
Mundia Sari, K., & Setiawan, H. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.478
Musi, M. A., Sadaruddin, & Mulyadi. (2017). Implementasi Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 117–128. https://doi.org/doi.org/10.24853/yby.1.2.117-128
Nadi, N. K. A. S., Adiwijaya, P. A., Arna, M. A. S., & Sueca, I. N. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Program “Ratu Dongeng” di Desa Pempatan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7701–7707. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i6.3673
Nasution, N., Lubis, M. Y., & Daulay, H. (2024). Pengaruh Kemampuan Mengenal Huruf Abjad Melalui Pin Activity Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Studi Kasus di TK IT Al Mardia Desa Batang Bulu Baru. Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 84–96.
Natsir, T. A. L. (2022). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Anak Usia Dini: (Sebuah Kajian Teori dan Praktik). In Sanabil. http://repository.iainpare.ac.id/4789/2/Draft Buku Bu Tri.pdf
Nurfadilah, Fadila, S. N., & Adiarti, W. (2021). Panduan APE Aman Bagi Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 1–68. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20220222_100716.pdf
Rahmawati, A. M., & Rachmah, H. (2022). Penggunaan Lembar Kerja Siswa dalam Proses Pembelajaran di TK X Cihampelas. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 51–57. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.899
Rambe, A. P., Batu Bara, H., Nasution, D. A., Fawas, R. A., Siregar, R. M., & Pasaribu, N. A. (2023). Metode Bermain Peran dan Alat Permainan Edukatif untuk Meningkatkan Empati Anak Usia Dini. In Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan dan Agama Islam (Vol. 22, Issue 2, pp. 360–370). https://doi.org/10.47467/mk.v22i2.2913
Safira, A. R. (2020). Pentingnya Pendidikan Lingkungan Sejak Usia Dini. JIEEC (Journal of Islamic Education for Early Childhood), 1(1), 21. https://doi.org/10.30587/jieec.v1i1.1592
Shafura, A. A. S., & Adhani, D. N. (2022). Analisis Media Berbahan Dasar Rambut Jagung Untuk Meningkatkan Pengenalan Bilangan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, 5(2), 97–102. https://doi.org/10.46781/al-abyadh.v5i2.583
Sutisna, I., & Laiya, S. W. (2020). Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. In UNG Press Gorontalo.
Turap, T., Merupakan, T. B., Lebih, T. B., & Turap, T. D. (2023). PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. 1–17.
Uzlah, U., & Suryana, D. (2022). Kompetensi Guru PAUD Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3921–3930. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2177
Refbacks
- There are currently no refbacks.