KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DALAM MEMPERKUAT EFEKTIVITAS PROFIL PELAJAR PANCASILA DI LEMBAGA PAUD

Isma Qotrun Nadia, Sofa Muthohar

Abstract

Profil Pelajar Pancasila menjadi bagian integral dari kurikulum ini dengan tujuan membentuk karakter pelajar berdasarkan nilai-nilai Pancasila . Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas kegiatan ekstrakurikuler dalam penguatan Profil Pelajar Pancasila pada anak usia dini di TK Tarbiyatul Athfal 04, yang sedang bertransisi ke Kurikulum Merdeka. Melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti gamelan, menari, dan rebana, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai Pancasila dapat diintegrasikan secara efektif pada anak-anak PAUD. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi sarana efektif dalam menguatkan karakter pelajar Pancasila, seperti nasionalisme, cinta budaya, dan nilai-nilai religius pada anak-anak. Kegiatan yang diselenggarakan secara kontekstual sesuai dengan tingkat perkembangan anak juga mendorong pembentukan karakter yang kuat serta pemahaman akan pentingnya persatuan dan keberagaman. Temuan ini memberikan wawasan bagi pengembangan program ekstrakurikuler yang lebih efektif di lembaga PAUD.

Keywords

profil; pancasila; anak; kurikulum; ekstrakurikuler

Full Text:

PDF

References

Adelia, Isnandia Marsha, Veryliana Purnamasari, and Muhammad Arief Budiman. 2024. “Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Ekstrakurikuler Tari Di Sd Negeri Wotan 02 Kabupaten Pati.” Wawasan Pendidikan 4(1):139–48. doi: 10.26877/wp.v4i1.16884.

Andriani, Nur, Arsyad Said, and Syamsidar Syamsidar. 2021. “Improving Color Recognition Ability Though Painting in Group B of TK One Roof Bulubete.” International Journal of Health, Economics, and Social Sciences (IJHESS) 3(1):36–43.

Annisa, Ervina Anatasya, Lisnawati Suargana, and Aura Putri Rizqi. 2023. “Strategi Perencanaan Dan Pelaksanaan Ekskul Di Sekolah Dasar : Perspektif Dari SD Negeri Dan SD Swasta.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7(2):19150–54.

Al Baghdadi, Abdurrahman; Islisyah Asman; Rahmat Kurnia. 2004. Seni Dalam Pandangan Islam : Seni Vokal Musik & Tari / Abdurrahman Al Baghdadi. edited by R. K. Islisyah Asman. Jakarta: Gema Insani.

Darmawan, D., and U. S. Winataputra. 2020. “Analisis Dan Perancangan Kurikulum Merdeka.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan 4(2):182–97.

Lestari, Ayu Chinintya, and Anas Ma’ruf Annizar. 2020. “Proses Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah PISA Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Komputasi.” Jurnal Kiprah 8(1):46–55.

Miles, M. B., A. M. Huberman, and J. Saldana. 2013. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. SAGE Publications.

Moleong, L. J., and T. Surjaman. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remadja Karya.

Purnomo, E. 1993. “Fungsi Tari Dalam Dunia Pendidikan Anak Usia Prasekolah, Majalah Pendidikan Gelora.” Jakarta: Grasindo.

Rika Widya S. Ps. i, M. P., M. P. Salma Rozana S. Pd, S. K. M. K. Ranti Eka Putri, and A. Juansa. 2023. Penguatan Profil Pelajar Pancasila. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Riyanto, Y. 2019. “Kurikulum Merdeka: Tantangan Dan Peluang Membangun Pendidikan Di Era Digital.” Pp. 30–36 in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Vol. 2.

Saimin, and Ana Fitrotun Nisa. 2023. “Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Ekstrakurikuler Tari Cepetan Dalam Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar 590–99.

Setianingrum, Rihayyu, Een Yayah Haenilah, and Ari Sofia. 2015. “Pengaruh Kegiatan Melukis Terhadap Peningkatan Motorik Halus Anak.” Jurnal Pendidikan Anak 1(5).

Sinaga, Syahrul S. 2001. “Akulturasi Kesenian Rebana.” Harmonia II(3):72–83.

Subana, Muhamad. 2019. “Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah.”

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R& D.

Sulistyati, Dyah M., Sri Wahyaningsih, and I. Wayan Wijania. 2021. Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pancasila Satuan PAUD.

Susanti, Tri, and Joko Pamungkas. 2023. “Analisis Penggunaan Alat Musik Rebana Sebagai Media Pembelajaran Seni Musik Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(2):2037–45. doi: 10.31004/obsesi.v7i2.3304.

Suwaji. 2014. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Kreasi Tari Di Kelas 8H Smp Negeri 1 Taman Melalui Metode Drill.” Jurnal Seni Tari 3(1):1–8.

Wulansari, Suci. 2023. “Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Islam Pada Dimensi Bernalar Kritis Untuk Usia 5-6 Tahun Di TK Islam Hidayatullah Semarang.” Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan 3(03):519–28. doi: 10.47709/educendikia.v3i03.3304.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.