PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Daffa Rizky Widhyadiani

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di beberapa taman kanak-kanak yang berada di kota Surabaya. Ditemukan penyebab dari rendahnya kemampuan mengenal betuk geoemetri anak usia 4-5 tahun yang disebabkan pembelajaran berpusat pada guru dan tidak melibatkan anak secara langsung sedangkan model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kelompok dengan sudut bermain. Dimana kita ketahui bahwa anak belajar sambil bermain sehingga penting untuk melibatkan anak dalam kegiatan pembelajarannya. Selain itu, model pembelajaran kooperatif terkhusus model pembelajaran kooperatif tipe talking stick masih begitu asing bagi guru di TK tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang memiliki karakteristik sama sebanyak 50 anak yang terbagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji Mann-Whitney U dengan SPSS 25 For Windows menunjukkan asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun

Keywords

Pembelajaran Kooperatif, Talking Stick, Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri

References

Akemad Wahyudi, A. I. H., & Aulina, C. N. (2021). Pengaruh Media Tangram Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 8–16. Https://Doi.Org/10.31849/Paud-Lectura.V4i02.6216

Aminatus Sa’diyah, S., Reza, M., Widayanti, M. D., & Komalasari, D. (2022). Studi Komparatif Kompetensi Profesional Guru Paud Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jt

Apriyansyah, C., & Kurniawaty, L. (2022). Pengembangan Model Permainan Berbasis Barang Bekas Untuk Membangun Kompetensi Abad 21 Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6837–6849. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i6.3446

Atika Sari, I., Nurhenti Simatupang, D. D., & Sn, M. (2019). Pementasan Drama Operet Dalam Menstimulasi Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini Pementasan Drama Operet Dalam Menstimulasi Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini Di Tk Dunia Suzan Tegalsari Surabaya.

Azhima, I., Meilanie, R. S. M., & Purwanto, A. (2021). Penggunaan Media Flashcard Untuk Mengenalkan Matematika Permulaan Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2008–2016. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i2.1091

Cross, C. T., Woods, T. A., & Schweingruber, H. (2009). Mathematics Learning In Early Childhood: Paths Toward Excellence And Equity. In Mathematics Learning In Early Childhood: Paths Toward Excellence And Equity. National Academies Press. Https://Doi.Org/10.17226/12519

Darmayanti, Mayasarokh, M., & Ahdiani Hayati, L. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 378–384. Https://Doi.Org/10.33222/Pelitapaud.V6i2.1853

Dwi Widayanti, M., & Cahya Maulidiya, E. (2023). CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Untuk Mencapai Hasil Belajar Mahaanak Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Paud. 6(2), 2614–4107.

Fitri, R., & Alifia, A. S. (2023). Bowling Mathematic Game To Improve Beginning Calculating Ability Of Children 5-6 Years Old. Golden Age : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). Https://Doi.Org/10.29313/Ga:Jpaud.V7i1.11966

Fitri, R., Reza, M., & Agustin Ningrum, M. (2020). Instrumen Kesiapan Belajar: Asesmen Non-Tes Untuk Mengukur Kesiapan Belajar Anak Usia Dini Dalam Perspektif Neurosains (Vol. 1, Issue 1).

Hanifah, N., & Sunaengsih, C. (2017). Indonesian Journal Of Primary Education Penguatan Keterampilan Sosial Dan Emosional Melalui Metode Speaker’s Staff Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar. © 2017-Indonesian Journal Of Primary Education, 1(2), 105–114. Http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/IJPE/Index-Allrightsreserved

Hariyani, I. T., Kristanto, W., Ningsih, R., Stkip, B., Surabaya, B., Surabaya, S., & Bim, S. (2022). ANAK USIA DINI. In Jurnal PAUD Emas (Vol. 1, Issue 2).

Haryanti, E. (2019). Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share (Tps) Sebagai Model Pembelajaran Sastra (Mengenal Teks Puisi).

Hasibuan, R., Fitri, R., & Dewi, U. (2022). STEAM-Based Learning Media: Assisting In Developing Children’s Skills. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6863–6876. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i6.3560

Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., Pratiwi, A. P., Anak, P., Dini, U., & Surabaya, U. N. (2022.). Penyusunan Kurikulum Operasional Pada Satuan Paud Berbasis Kurikulum Merdeka. Penyusunan Kurikulum Operasional.

Hasni, U., & Surya Amanda, R. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Geometri Anak Usia 5-6 Tahun. In Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini (Vol. 9, Issue 1).

Hasrudin, F., & Asrul,  &. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Anak Pada Pelajaran IPA Di SD Inpres 16 Kabupaten Sorong. In Jurnal Papeda (Vol. 2, Issue 2).

Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., Pratiwi, A.P., (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Loose Parts.

Isjono, H. (2009). Pembelajaran Kooperatif: Meningkatkan Kecerdasan, Komunikasi Anak). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Kuncoro, I. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dalam Efektivitas Pembelajaran (Vol. 1, Issue 1).

K., Reza Putri Ayuni, Y., Komalasari, D., Agustin Ningrum, M., Patria Saroinsong, W., Guru Pendidikan Anak Usia Dini, P., & Surabaya, N. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia 5-6 Tahun. Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jt

Lisnawati, I. (2020). Keterampilan Mengajar Pada Guru Taman Kanak-Kanak: Tinjauan Pada Keterampilan Menjelaskan (Vol. 1, Issue 1).

Lubis, N. A., & Umar, A. (2022). Pengenalan Konsep Matematika Pada Anak Usia Dini. Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 53–61. Https://Doi.Org/10.47766/Seulanga.V3i1.429

Mammarella, I. C., Giofrè, D., & Caviola, S. (2017). Learning Geometry: The Development Of Geometrical Concepts And The Role Of Cognitive Processes. In Acquisition Of Complex Arithmetic Skills And Higher-Order Mathematics Concepts (Pp. 221–246). Elsevier. Https://Doi.Org/10.1016/B978-0-12-805086-6.00010-2

Mardiani, R., & MAulidiyah, E. C. (2019). Pengaruh Permainan Congklak Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Pengaruh Permainan Congklak Modifikasi Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak.

Maulidiyah, E. C., Ningrum, M. A., Fitri, R., & Pratiwi, A. P. (2020). Pelatihan Fun Games Berbasis Steam Pada Pendidik Anak Usia Dini.

Murtiningsih, D., & Pd, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Mata Pelajaran Ips Di Sekolah Dasar.

Ningrum, M. A., Reza, M., & Maulidiyah, E. C. (2019). The Effect Of Show And Tell Method On Children’s Confidence.

Nurilah, I., Yuliyanti, N., Saefudin Wahid, F., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Keguruan, F., Pendidikan, I., & Riani, D. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Prestasi Belajar Anak (Studi Eksperimen Di Sekolah Dasar Negeri Negla 1 Dan Madrasah Ibtidaiyah Assalam Kubang Bungur) The Effect Of The Talking Stick Type Cooperative Learning Model On Student Learning Achievement (Experimental Study In Negla State Elementary School 1 And Madrasah Ibtidaiyah Assalam Kubang Bungur) (Vol. 1, Issue 1).

H. Azzah & Simatupang, N. D. (2020). Pengembangan Buku Panduan Teka-Teki Silang Pada Pemecahan Masalah Anak Kelompok B Azzah Hamidah.

.Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar : Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. In Prosiding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara (Vol. Https://Proceeding.Unpkediri.Ac.Id/Index.Php/Ppn76

Putu, O. I., & Suhardiana, A. (2018). Model Pembelajaran Talking Stick Sebagai Pendukung Penguasaan English Vocabulary Pada Anak Usia Dini (Vol. 3, Issue 1).

Rahmawati, S., & Cahya Maulidiyah, E. (2020). Early Childhood Education And Development Journal Literature Study Of Modification Scale Media In Learning Measurement Concepts Of Children 5-6 Years Old. Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Ecedj

Rahmayanti, A., & Fitri, R. (2023). SELING Jurnal Program Studi PGRA Pengaruh Media Loose Part Berdiferensiasi Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Usia Dini Usia 4-5 Tahun.

Ramadhan, Tarmizi. (2010). Sejarah Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Https://Tarmizi.Wordpress.Com/2010/02/15/Talking-Stick/

Ratna Dina, N., Mega Purnamasari, Y., Syekh, I., & Cirebon, N. (2023). Pengembangan Game Power Point Untuk Stimulasi Kognitif Anak Usia Dini. 4(1), 30–47. Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jt

Saputra, A., & Suryandi, L. (2020). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Dalam Perspektif Vygotsky Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran.

Setiawan, Agus. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Anak Kelas Viii Smp Negeri 1 Way Serdang Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Msenco.

Simatupang, N. D., Sholichah, S. A., & Simanjuntak, I. A. (2023). Introduction To Counting Symbols In Early Childhood With Stick Math (STIKMA) Educational Tool Games. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 17(2), 297–311. Https://Doi.Org/10.21009/JPUD.172.08

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

SS., Suryameng. (2020). Stimulasi Bermain Matematika Permulaan Bagi Anak Usia Dini Di Rumah (Vol. 3, Issue 1)

Sutisna, Icam. (2020). Mengenal Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini.

Tarbiyah, F., Keguruan, D., & Antasari, I. (2013). Mengenalkan Dan Membelajarkan Matematika Pada Anak Usia Dini Analisa Fitria. In Jurnal Studi Gender Dan Anak (Vol. 1, Issue 2). Www.Wikipedia.Org

Tarigan, Feber D. (2021). Pengembangan Media Visual Outdoor Untuk Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. In Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Vol. 4, No. 1).

Ulfa, F. N., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2020). 82 Jurnal Kumara Cendekia Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Kumara Mengenal Bentuk Geometri Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Anak Usia Dini (Vol. 8, Issue 1). Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Kumara

Wahyutami, K., Madyawati, L., Sulistyaningtyas, R. E., & Magelang, U. M. (2023). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Loose Parts Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru. Https://Journal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jt

Wardhani, D. K. (2017). Peran Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Matematika Yang Menyenangkan Bagi Anak Usia Dini (Vol. 1, Issue Desember).

Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal UPM. Https://Ejournal.Upm.Ac.Id/Index.Php/Article/View/1078

Widayati, S., Nurhenti, ;, Simatupang, D., Wulan, ;, Saroinsong, P., & Rusdiyanti, ; Aryn. (2021). Pengembangan Media Stekpan Untuk Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Audhi, 4(1), 8–17. Https://Jurnal.Uai.Ac.Id/Index.Php/AUDHI

Windasari, I. W., Eka, A., Stai, D., & Probolinggo, M. (2023). Studi Literatur Pembelajaran Media Geometri Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. 4(1).

Wiresti, R. D., & Na’imah, N. (2020). Aspek Perkembangan Anak : Urgensitas Ditinjau Dalam Paradigma Psikologi Perkembangan Anak. Aulad : Journal On Early Childhood, 3(1), 36–44. Https://Doi.Org/10.31004/Aulad.V3i1.53

Wulandari, T. W., & Simatupang, N. D. (2023). Pengembangan Ape Stikma (Stik Matematika) Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun.

Zambrzycka, J., Kotsopoulos, D., Lee, J., & Makosz, S. (2017). In Any Way, Shape, Or Form? Toddlers’ Understanding Of Shapes. Infant Behavior And Development, 46, 144–157. Https://Doi.Org/10.1016/J.Infbeh.2016.12.002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.