PENGARUH PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK GEOMETRI ANAK 4-5 TAHUN
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di beberapa taman kanak-kanak yang berada di kota Surabaya. Ditemukan penyebab dari rendahnya kemampuan mengenal betuk geoemetri anak usia 4-5 tahun yang disebabkan pembelajaran berpusat pada guru dan tidak melibatkan anak secara langsung sedangkan model pembelajaran yang diterapkan adalah model pembelajaran kelompok dengan sudut bermain. Dimana kita ketahui bahwa anak belajar sambil bermain sehingga penting untuk melibatkan anak dalam kegiatan pembelajarannya. Selain itu, model pembelajaran kooperatif terkhusus model pembelajaran kooperatif tipe talking stick masih begitu asing bagi guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang memiliki karakteristik sama sebanyak 50 anak yang terbagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil uji Mann-Whitney U dengan SPSS 25 For Windows menunjukkan asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia 4-5 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sari, A. I., & Simatupang, N. D. D. (2019). Pementasan Drama Operet Dalam Menstimulasi Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini Pementasan Drama Operet Dalam Menstimulasi Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini di TK Dunia Suzan Tegalsari Surabaya. Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Surabaya.
Darmayanti, Mayasarokh, M., & Ahdiani Hayati, L. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 378–384. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1853.
Hanifah, N., & Sunaengsih, C. (2017). Keterampilan sosial dan emosional melalui metode speaker’s staff dalam pembelajaran di sekolah dasar. Indonesian Journal Of Primary Education, 1(2), 105–114.
Hasni, U., & Amanda, S. R. (2022). Pengembangan model pembelajaran project based learning untuk meningkatkan kemampuan geometri anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1).
Kuncoro, I. (2023). Model pembelajaran kooperatif learning dalam efektivitas pembelajaran. Journal of Islamic Studies, 1(1).
Maulidiyah, E. C., Ningrum, M. A., Fitri, R., & Pratiwi, A. P. (2023). Pelatihan fun games berbasis steam pada pendidik anak usia dini. Transformasi dan Inovasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2).
Ningrum, M. A., Reza, M., & Maulidiyah, E. C. (2019). The effect of show and tell method on children’s confidence. Proceedings of the 5th International Conference on Education and Technology.
Putu, O. I., & Suhardiana, A. (2018). Model pembelajaran talking stick sebagai pendukung penguasaan english vocabulary pada anak usia dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).
Setiawan, Agus. (2016). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Anak Kelas Viii Smp Negeri 1 Way Serdang Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Msenco. Mathematics, Science, and Education National Conference.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryameng. (2020). Stimulasi bermain matematika permulaan bagi anak usia dini di rumah. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).
Tarigan, Feber D. (2021). Pengembangan Media Visual Outdoor Untuk Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Pada Anak Usia 4-5 Tahun. In Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (Vol. 4, No. 1).
Ulfa, F. N., Hafidah, R., & Dewi, N. K. (2020). Mengenal Bentuk Geometri Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kumara Cendekia , 8(1). https://doi.org/10.20961/kc.v8i1.39354
Pembelajaran Media Geometri Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak. 4(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.