PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS ENTREPRENEURSHIP PADA JENJANG TAMAN KANAK-KANAK DI TK SUPER BRILLIANCE KIDS PALEMBANG

Tsali Tsatul Mukarromah

Abstract

Pengembangan kurikulum terus dilakukan untuk menyesuaikan kondisi lingkungan dan kebutuhan oleh lembaga. Kurikulum berbasis entrepreneurship berhubungan dengan nilai-nilai kewirausahaan. Pembelajaran perilaku kewirausahaan sejak usia dini dapat dimasukkan ke dalam kurikulum melalui penerapan program dan kegiatan yang dirancang sesuai dengan karakteristik kebutuhan peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum berbasis entrepreneurship pada pembelajaran anak usia dini khususnya di TK Super Brilliance Kids Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan kurikulum berbasis entrepreneurship di TK Super Brilliance Kids Palembang meliputi perencanaan, pengorganisasiaan, dan evaluasi. Penemberdayaan pesertadidik dilakukan melalui pembiasaan dan kegiatan-kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan karakteristik kewirausahaan seperti kegiatan Project of Entrepreneur atau POE yang disesuaikan dengan kegiatan belajar anak-anak. Kegiatan Project of Entrepreneur atau POE sendiri mencakup Exploring, Planning, Doing, Communicating, dan Reflecting disebut sebagai POE Cycle. Dalam pelaksanaan kurikulum didapati kendala terbesar adalah pendidik itu sendiri dan didapati pengelolaan kendala dengan berbagai pelatihan agar dapat mengembangkan kompetesi pendidik.

Keywords

Pelaksanaan Kurikulum; Kurikulum Entrepreneurship; Taman Kanak-Kanak

References

Aedi, N. (2010). Bahan Belajar Mandiri Metode Penelitian Pendidikan Pengolahan Dan Analisis Data Hasil Penelitian. Fakultas Ilmu Pendidikan, 1–30.

Afandi, M. (2021). Implementasi Pendidikan Kewirausahaan (Entrepreneurship) di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 51. https://doi.org/10.29240/jpd.v5i1.2671

Aral, N., & Kilicoglu, E. A. (2022). Sustainable Entrepreneurship Education “Early Childhood.” International Journal of Commerce, Industry and Entrepreneurship Studies (Utisgad Journal), 2(2), 32–42.

Ayudia, I., Darwiyanti, A., Dumiyati, D Purnomo, Herlina, Abdul, R., Hamda,

E. F., Suyuti, Azizah, H. N., Heriansyah, Sampe, F., Susilowaty, N., Soleah, S., & Rafli, M. F. (2022). Manajemen pendidikan (A. C. Ma’arif & M. R. Kurnia (eds.); Issue November). Sada Kurnia Pustaka. https://www.researchgate.net/publication/366384055_MANAJEMEN_PENDIDIKAN/link/639dcb79095a6a7774395785/download?_tp=eyJjb250ZXh0Ijp7ImZpcnN0UGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIiwicGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIn19

Baderiah. (2018). Buku Ajar Kurikulum Bahan.

Baharun, H. (2017). Pengembangan Kurikulum: Kajian Teori dan Praktik. In Zamroni (Ed.), Pustaka Nurja. CV. Cantrik Pustaka.

Bastian, Winard, I., Djatu, R., Fatmawati, & Dewi. (2018). Metoda Wawancara. Metoda Pengumpulan Dan Teknik Analisis Data, October, 53–99.

Bisri, M. (2020). Komponen-Komponen dan Model Pengembangan Kurikulum. Prosiding Nasional, 3, 107. http://prosiding.iainkediri.ac.id/index.php/pascasarjana/article/view/42

Consortium for Entrepreneurship Education. (2004). National content standards for entrepreneurship education: preparing youth and adults to succeed in an entrepreneurial economy. Education.

Dahlan, T., Murfiah, U., Indriani, R., Hamdani, A. R., & Salsabila, A. (2020). Soft Skill Kewirausahaan. Lemlit Unpas. http://repository.unpas.ac.id/58248/1/B1.1 Soft Skill Kewirausahaan.pdf

Esmi, K., Marzoughi, R., & Torkzadeh, J. (2015). Teaching Learning Methods of An Entrepreneurship Curriculum. Journal of Advances in Medical Education & Professionalism, 3(4), 172–177. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26457314%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC4596383

Fauziah, R. R., Kamaliah, N., & Aidah, S. (2024). Pentingnya Pemahaman Guru dalam Menyusun Rencana Perencanaan Pembelajaran (RPP) di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(6), 6467–6473.

Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mounw, E., Jonata, Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputi, R., Nuryami, Waris, L., & . (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue Maret). https://scholar.google.com/citations?user=O-B3eJYAAAAJ&hl=en

Firda, E. (2018). Psikologi Manajemen_Kepemimpinan (Issue July 2022).

Hamdan. (2014). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Teori dan Praktek. In Aswaja Pressindo.

Hanawi, S. A., Saat, N. Z. M., Hanafiah, H., Taufik, M. F. A. M., Nor, A. C. M., Hendra, A. K., Zamzuri, N., Nek, S., Ramli, P. A. M., Woon, S., Basir, M. H. H., Sabirin, F. H., Fadzil, N. S., & Azlan, T. N. A. I. (2022). Relationship between Learning Style and Academic Performance among the Generation Z Students in Kuala Lumpur. International Journal Of Pharmaceutical Research And Allied Sciences, 11(3), 40–48. https://doi.org/10.51847/bznxqwisql

Haryano, E. (2023). Metodologi Penelitian Kualitatif Di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. An-Nuur, 13(2). https://ejournal.iaiamc.ac.id/index.php/annuur/article/view/301

Hasbi, R. P. A. C., & Mahmudah, F. N. (2020). Pengembangan Kurikulum Sekolah Berbasis Kewirausahaan Di Sma Negeri 1 Temon. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 180–194. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.563

Iwu, C. G., Opute, P. A., Nchu, R., Eresia-Eke, C., Tengeh, R. K., Jaiyeoba, O., & Aliyu, O. A. (2021). Entrepreneurship education, curriculum and lecturer-competency as antecedents of student entrepreneurial intention. International Journal of Management Education, 19(1), 100295. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2019.03.007

Jamaludin, A., & Djuhartono, T. (2022). Penyuluhan Kewirausahaan bagi Pedagang Kuliner di Rt 01 Rw 01 Pondok Kopi Jakarta Timur. Jurnal PkM Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 313. https://doi.org/10.30998/jurnalpkm.v5i3.9303

Kemendikbud, K. P. dan K. (2015). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-kanak. In NSPK Norma, Standar, Prosedur, Dan Kriteria.

Mahdiyah, M. H., & Aziza, A. (2021). Manajemen Kurikulum Berbasis Entreprenership di TK Khalifah Banjarmasin 1 Banjarmasin Kalimantan Selatan. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(2), 137. https://doi.org/10.18592/jea.v6i2.3886

Malika, U. E., & Adiwijaya, J. C. (2017). Pengembangan Kewirausahaan Agribisnis Sapi Perah dengan Analisis Medan Kekuatan. Seminar Nasional Hasil Penelitian, 102–107.

Masitoh. (2014). Hakikat Pendidikan dan Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. In Strategi Pembelajaran TK (pp. 1–28). Pustaka Universitas Terbuka. https://pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PGTK2202-M1.pdf

Mia, Y. G., & Sulastri, S. (2023). Analisis Kompetensi Profesional Guru. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 49–55. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.93

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (36th ed.). Remaja Rosdakarya.

Mubarok, R. (2022). Peran dan Fungsi Kurikulum dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural. CBJIS : Cross-Border Journal of Islamic Studies, 3(2), 75–85. https://doi.org/10.37567/cbjis.v3i2.984

Mulenga, I. M. (1993). Conceptualization and Definition of a Curriculum. Journal of Lexicography and Terminology, 2(2), 1–23.

Muniarty, P., Barizki, A., Sudirman, A., Wulandari, & Elista. (2021). Kewirausahaan (1st ed.). Grup CV. Widina Media Utama.

NAEYC. (2012). Technology and Interactive Media as Tools in Early Childhood Programs Serving Children from Birth through Age 8. In Children (Issue January). http://www.naeyc.org/positionstatements

Ni’mah, R. (2017). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Islam An- Nuur Purwosar Bojonegoro). Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 2–6. http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=2227%0A???%0Ahttps://ejournal.unisba.ac.id/index.php/kajian_akuntansi/article/view/3307%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.ph

Nolet, V., & McLaughlin, M. (2014). The Nature of Curriculum. Accessing the General Curriculum: Including Students with Disabilities in Standards-Based Reform, 16–30. https://doi.org/10.4135/9781483329253.n3

Pakaya, I., & Hakeu, F. (2023). Peran Tri Pusat Pendidikan KI Hajar Dewantoro Dalam Transformasi Kurikulum Merdeka. Pedagogika, 14(2), 172–180. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v14i2.2740

Patria, P. R. E., & Zulkarnaen, Z. (2023). Pengelolaan Manajemen Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4199–4208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4515

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (Cetakan Pe). Pascal Books (Pertama). Pascal Books. https://lemlit.unpas.ac.id/wp-content/uploads/2022/02/Metode-Penelitian-Kuantitatif.pdf

Putri, F. R., & Djoehaeni, H. (2018). The Application of The Entrepreneur Program in Early Age Character Development. International Conference on Educational Sciences 2017, 1(1), 333–338. https://doi.org/10.5220/0007040603330338

Rahman, J. H. (2021). Informan Penelitian Kualitatif (Issue August, pp. 0–7).

Safitri, D., & Erni Munastiwi. (2023). Tren Riset Pendidikan Kewirausahaan pada Anak Usia Dini Berdasarkan Data Scopus : Sebuah Analisis Bibliometrik. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 306–320. https://doi.org/10.35473/ijec.v5i1.2378

Saputra, Y. N. (2011). Pengembangan Kurikulum Kewirausahaan di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(5), 599–607. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i5.52

Sari, E. C. (2022). Kurikulum Di Indonesia: Tinjauan Perkembangan Kurikulum Pendidikan. Inculco Journal of Christian Education, 2(2), 93–109. https://doi.org/10.59404/ijce.v2i2.54

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian. In Penelitian.

Sugiyono, P. D. (2016). Metodologi Penelitian. 53(9), 1689–1699.

Sukmawati, H. (2021). Komponen-komponen kurikulum dalam sistem pembelajaran. Ash-Shahabah : Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 7(1), 64–65.

Supandi, A., Esra, M. A., Nurlela, N., Bakar, A., Sinambela, T. R., Widiyarto, S., & Purnomo, B. (2023). Bagaimana Anak Mempelajari Kemampuan Kewirausahaan Sejak Dini? Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4267–4275. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4557

Susilana, Asep Herry, H. R. (2018). Konsep Dasar Kurikulum Pendidikan. Jurnal Pendidikan Luar Biasa UPI, 1–16. http://repository.radenfatah.ac.id/4116/1/lengkap A5.pdf

Sutikno, M. S. (2020). Penelitian Kualitatif. In Jurnal EQUILIBRIUM (Vol. 5, Issue April). Holistica. http://belajarpsikologi.com/metode-penelitian-kualitatif/

Suzanti, L., & Maesaroh, S. (2018). Entrepreneurship Learning for Early Childhood. January 2017, 403–410. https://doi.org/10.5220/0006887004030410

Wahyuni, A., & Suyadi. (2020). Best Practice Pendidikan Kewirausahaan Pada Anak Usia Dini di TK Khalifah Baciro Yogyakarta. Yaa Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 15–22. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6682

Wardani, V. A. K., & Liana, L. (2024). Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompensasi dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Maybank Cabang Semarang. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 9(1), 735. https://doi.org/10.33087/jmas.v9i1.1740

Wardhana, D. (Cand) A. (2022). Dasar-dasar Manajemen (Konsep dan Teori). In Dasar-dasar Manajemen (Konsep dan Teori) (Issue January). Media Sains Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/358140659_Konsep_Dasar_Ilmu_Manajemen/link/61f28fe8dafcdb25fd55b37c/download

Winarso, W. (2015). Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah.

Yani, A. (2014). Mindset Kurikulum 2013. ALFABETA, CV.

Yusuf, F. (2015). Pengelolaan Kelas Anak Usia Dini. 021, 26.

Yusuf, I., Hartati, S., & Sumadi, T. (2021). Implementasi Pembelajaran Entrepreneurship di Taman Kanak-kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1158–1168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1737

Zuhrinal, & Siagian, M. (2023). Pentingnya Kewirausahaan bagi Perekonomian Bangsa. OPTIMAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, Vol.3,(e-ISSN: 2962-4010; p-ISSN: 2962-4444,), 184–190.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.