PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS ENTREPRENEURSHIP PADA JENJANG TAMAN KANAK-KANAK DI TK SUPER BRILLIANCE KIDS PALEMBANG
Abstract
Pengembangan kurikulum terus dilakukan untuk menyesuaikan kondisi lingkungan dan kebutuhan oleh lembaga. Kurikulum berbasis entrepreneurship berhubungan dengan nilai-nilai kewirausahaan. Pembelajaran perilaku kewirausahaan sejak usia dini dapat dimasukkan ke dalam kurikulum melalui penerapan program dan kegiatan yang dirancang sesuai dengan karakteristik kebutuhan peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan kurikulum berbasis entrepreneurship pada pembelajaran anak usia dini, khususnya di TK Super Brilliance Kids Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan kurikulum berbasis entrepreneurship di TK Super Brilliance Kids Palembang meliputi perencanaan, pengorganisasiaan, dan evaluasi. Pemberdayaan peserta didik dilakukan melalui pembiasaan dan kegiatan-kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan karakteristik kewirausahaan, seperti kegiatan Project of Entrepreneur atau POE yang disesuaikan dengan kegiatan belajar anak-anak. Kegiatan Project of Entrepreneur atau POE sendiri mencakup Exploring, Planning, Doing, Communicating, dan Reflecting dan disebut sebagai POE Cycle. Dalam pelaksanaan kurikulum, didapati kendala terbesar adalah pendidik itu sendiri dan didapati pengelolaan kendala dengan berbagai pelatihan agar dapat mengembangkan kompetesi pendidik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fauziah, R. R., Kamaliah, N., & Aidah, S. (2024). Pentingnya pemahaman guru dalam menyusun rencana perencanaan pembelajaran (RPP) di sekolah dasar. Karimah Tauhid, 3(6), 6467–6473.
Hasbi, R. P. A. C., & Mahmudah, F. N. (2020). Pengembangan Kurikulum Sekolah Berbasis Kewirausahaan Di Sma Negeri 1 Temon. Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 180–194. https://doi.org/10.31538/ndh.v5i2.563.
Hidayat, D & Suryani, P. I. (2024). Analisis pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap niat berwirausaha di sumatera barat. Jurnal Manajemen dan Bisnis Performa, 21(1), 59–70. https://doi.org/10.29313/performa.v21i1.4088
Jayawarna, D., Jones, O., & Macpherson, A. (2014). Entrepreneurial potential: The role of human and cultural capitals. International Small Business Journal: Researching Entrepreneurship, 32(8), 918–943. https://doi.org/10.1177/0266242614525795.
Maulidina, F. A., Susanti, D., & Kania, S. (2022). Pengalaman awal dapat mengubah ekspresi gen dan mempengaruhi perkembangan jangka panjang. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 42–53. https://doi.org/10.36456/incrementapedia.vol4.no1.a6757
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muji, A. P., Bentri, A., & . J. (2022). Meta-analysis of project-based learning in early childhood: entrepreneurial context. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 102. https://doi.org/10.29210/1202222437.
Patria, P. R. E., & Zulkarnaen, Z. (2023). Pengelolaan manajemen kurikulum pendidikan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4199–4208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4515.
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Pascal Books. https://lemlit.unpas.ac.id/wp-content/uploads/2022/02/Metode-Penelitian-Kuantitatif.pdf.
Purnama, S. (2018). Abdullah Nashih ‘Ulwan’s Technological Contribution toward the Development of Islamic Early Childhood Education. Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 47–77. https://doi.org/10.14421/jpi.2018.71.47-77.
Ramdhani, R. F., Simarmata, N. I. P., Prihatmojo, A., Nurtanto, M., Kholifah, N., Hasan, M., Badawi, H. S., & Fawaid, M. (2021). Pendidikan Kewirausahaan (A. Karim & J. Simarmata. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Wahyuni, A., & Suyadi. (2020). best practice pendidikan kewirausahaan pada anak usia dini di TK Khalifah Baciro Yogyakarta. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 15–22.
Wardani, V. A. K., & Liana, L. (2024). Pengaruh pengalaman kerja, kompensasi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. Maybank Cabang Semarang. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 9(1), 735. https://doi.org/10.33087/jmas.v9i1.1740.
Yusuf, I., Hartati, S., & Sumadi, T. (2021). Implementasi pembelajaran entrepreneurship di taman kanak-kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1158–1168. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1737.
Zaini, M. S., Masnan, A. H., Zain, A., & ... (2022). A systematic review: entrepreneurship education for kindergarten children in Malaysia. International Journal, 11(2), 1019–1027. https://doi.org/10.6007/IJARPED/v11-i2/14045.
Refbacks
- There are currently no refbacks.