PRACTICAL LIFE: KEGIATAN UNTUK MELATIH KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI

Putri Setia Ningrum, Tumewa Pangaribuan, Winda Sherly Utami

Abstract

Kemandirian anak usia dini adalah salah satu kebutuhan terpenting anak untuk mempersiapkan mereka memasuki pendidikan tinggi. Kemandirian harus dikembangkan untuk mempersiapkan anak menghadapi kehidupan yang semakin kompleks, namun faktanya masih banyak anak yang kemandiriannya belum berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan practical life terhadap kemandirian anak usia dini kelompok A. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan design control group pre-test post-test design dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kemandirian anak pada saat pre-test sebesar 13,00 untuk kelompok eksperimen dan 14,18 untuk kelompok kontrol. Kemudian pada hasil post-test mendapat nilai sebesar 21,50 untuk kelompok eksperimen dan 17,55 untuk kelompok kontrol. Hasil pengujian mendapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,001, nilai ini lebih kecil dari 0,005 (5%) artinya Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh kegiatan practical life terhadap kemandirian anak usia dini kelompok A di TK Kasih Ibu Desa Marga Manunggal Jaya. Anak-anak juga menunjukan perubahan sikap mandiri dalam belajar. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam bidang pendidikan anak usia dini, khususnya dalam meningkatkan kemandirian anak.

Keywords

Practical life; kemandirian; anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Aprilia, A. R., & Rohita, R. (2021). Kegiatan practical life: Upaya penanaman kemandirian pada anak usia 3-4 tahun. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(2), 48. doi:10.36722/jaudhi.v4i2.829

Astriani, F. (2018). Pengaruh Kegiatan Practical Life terhadap kemandirian anak di TK Izzuddin Palembang. Skripsi Sarjana, Universitas Sriwijaya.

Damayanti, E. (2019). Meningkatkan kemandirian anak melalui pembelajaran metode montessori. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 463. doi:10.31004/obsesi.v4i1.333.

Kamil, N., & Asriyani, S. (2023). Analisis penerapan metode montessori pada aspek kemandirian anak melalui kegiatan pembelajaran practical life. Jurnal Buah Hati, 10(1), 1–15. doi:10.46244/buahhati.v10i1.2098.

Kementrian Pendidikan Nasional RI. (2014). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini No 137 Tahun 2014. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia, 1–76.

Khotijah, I. (2018). Analisis perkembangan kognitif anak. Jurnal Golden Age, 2(2), 127–140.

Maulidia, L. (2019). Pengaruh metode demonstrasi terhadap kemandirian anak di Raudhatul Athfal (RA) Ash-shobirin lingkungan III 2018. Rabit: Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi Univrab, 1(1).

Maryani, R. (2022). Pengaruh model pembelajaran practical life terhadap kemandirian anak usia dini di PAUD KB Muara Timur Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji. Skripsi Sarjana, UIN Raden Intan Lampung.

Niati, A., Sofyan, H., & Utami, W. S. (2022). Pengaruh tutup botol terhadap kemampuan mengenal huruf anak usia 4-5 tahun. Jurnal Tunas Siliwangi, 9(2), 102.

Rahmasari, A. D., Wahyuningsih, S., & Rahmawati, A. 2024. Pengaruh metode show and tell menggunakan magic box untuk meningkatkan kepercayaan diri anak kelas B di TK Kristen Kerten Surakarta. Jurnal Kumara Cendekia, 12(1), 55–65.

Rantina, M. (2015). Peningkatan kemandirian melalui kegiatan pembelajaran practical life. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 181–200.

Riyadi, E. N. (2016). Tingkat Kemandirian Anak Taman Kanak- Kanak Islam Terpadu Mutiara Insani Brosot Galur Kulon Progo. Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.

Rohmah, T. (2013). Meningkatkan kemandirian anak melalui kegiatan practical life kelompok A di RA Al-Ikhlas Medokan Ayu Rungkut Surabaya. PAUD Teratai, 2(1).

Rustatik, R., Panca, U., Bekasi, S., Aryani, R., Panca, U., & Bekasi, S. (2024). The implementation of early childhood prasiaga PAUD in developing independence attitudes of early childhood at RA Al Muhajirin Bekasi. JCD: Journal of Childhood Development, 4(1), 259–268.

Setiawati, Syur’aini, & Ismaniar. (2020). Model Pendidikan Keluarga dalam Pengembangan Karakter Kemandirian Anak Usia Dini.

Suprihatin, N., & Widyasari, C. (2023). Practical Life Activity Improves Early Age School Students’ Independence. Atlantis Press SARL. doi:10.2991/978-2-38476-086-2_131.

Susan, T. Fiske, Daniel T. & Gilbert, G. L. (2010). The Handbook of Social Psychological. Basingstoke: The Macmillan Limited Publishing.

Vadilla, M., & Eliza, D. (2020). Pengaruh bercerita rang mudo salendang dunia terhadap kemandirian anak di taman kanak-kanak. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 7(2), 100–114.

Yuliastutie Linda Kristiani, & Supriyadi. (2022). Pengaruh metode montessori dalam membentuk karakter kemandirian pada anak usia dini. Jurnal Web Informatika Teknologi, 3(2), 78–90.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.