PENGARUH BERMAIN PERAN TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 4-6 TAHUN DI PAUD QIRAATI AL-MUNAWAROH CIBITUNG

Nuraida Nuraida, Ika Nurul Amalia, Baiq Sabilla Berliana, Alya Shafira, Fidrayani Fidrayani

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bermain peran terhadap kemampuan sosial emosional anak usia 4-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah seluruh anak usia 4-6 tahun di Paud Qiraati Al- Munawaroh Cibitung Sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan pada tujuan tertentu adalah kelas A, yang berjumlah 8 anak. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi sebagai metode pokok, wawancara dan dokumentasi sebagai metode pelengkap. Teknik analisis data menggunakan rumus t – test. Dari hasil pengujian t-test, dimana nilai t-test yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 2,551. Berdasarkan nilai tabel dengan taraf signifikan 5% = N-1= 8-1= 7 adalah 1,894 dalam hal ini menunjukkan bahwa nilai t-test yang diperoleh dalam penelitian ini adalah lebih besar daripada nilai tabel atau 2,551>1,894. Maka dapat dikemukakan bahwa hipotesis Nol (Ho) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima, maka kesimpulan analisis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Adanya pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 4-6 Tahun Di PAUD Qiraati Al-Munawaroh Cibitung Tahun Pengajaran 2023/2024.

Keywords

Bermain Peran, Sosial Emosional, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References

Afiyah, N., Azizah, A., Muhammad A,M. (2022). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak Negeri Kartini Bantaeng. Journal Ashil.Vol. X No. X. https://doi.org/10.33367/piaud.v1i1.xxxx Ajeng Rahayu Tresna Dewi, Mira Mayasarokh, & Eva Gustiana. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4.https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2233 Agustina, S., Nurlaili, & Evi Selva Nirwana. (2022). Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Islam Ummu Fathimah Kota Bengkulu. Journal Of Early Childhood Islamic Education,5(2), https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/6326 Dewi, A.T. R., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 181-190 . Fadlillah, Muhammad. (2012). Desain pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Gintings,A.(2008).Esensi Praktis Belajar& Pembelajaran. Bandung:Humaniora. Gunarti, Winda, dan Azizah Muis. 2014. “Metode Pengembangan Perilaku Dan Kemampuan Dasar AUD.” Dalam , 1:1–51. Jakarta: Universitas Terbuka. Husnah, U., & Hasanah, H. (2019). “Pengaruh metode bermain peran terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di tk dharma wanita pakusari kabupaten jember”. JECIE (Journal of Early Childhood and Inclusive Education),3(1), 27–34. https://test.unipar.ac.id/index.php/JECIE/article/view/482 Inten, D. N. (2017). “Pengembangan Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran”. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109–120. https://doi.org/10.29313/mediator.v10i1.2712 Maghfiroh, A. S., Usman, J., & Nisa, L. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran TerhadapPerkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan.Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2978 Maimunah, H. (2009). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press. Moeslichatoen. (2004).Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta. Mukhlis, A., & Mbelo, F. H. (2019). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Pada Permainan Tradisional. Preschool: Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 11–28. https://ejournal.uinmalang.ac.id/index.php/preschool/article/view/817 Mutiah,D.(2010).Psikologi Bermain Anak Usia Dini.Jakarta: Kencana. Nugraha, A., & dkk. (2009). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka. Nurhasanah., Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan konseling. 4(02), 91–102. Nurjannah, L., & Zalyana, Z. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Aspek Perkembangan Sosial Emosional Anak. Kindergarten: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(2), 112. Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletinpsikologi, 103-111. Pujiastuti, S. (2014). Evaluasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka. Rabiah & Wayan, T. (2014). Pengaruh Bermain Peran Terhadap Kemampuan Sosial Emosional AnakUsia 5-6 Tahun Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Mataram.Jurnal Paedagogy Volume 1 Nomor. 28-30. Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Sudijono,A.(2014).PengantarStatistikPendidikan.Jakarta:RajawaliPers. Sugiyono. (2009).MetodePenelitianKuantitatif,Kualitatifdan R dan B. Bandung: Alfabeta. Suryani, N. A. (2019). Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Raba-Raba Pada PAUD Kelompok A. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 141–150. Susilowati, W. O. (2021). Perkembangan Sosial Emosional AUD Berbasis Karakter. CV Media Sains Indonesia. Suyadi. (2010). Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia. Suyadi&Ulfah,Maulidya.(2013).KonsepDasarPAUD.Bandung:PTRemaja Rosdakarya Tedjasaputra,M.S.(2001).Bermain,MainandanPermainan.Jakarta:Grasindo. Tiel, J. M. Van. (2019). Perkembangan Sosial Emosional Anak Gifted. Prenadamedia Group. Toharudin. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Aplikasi untuk Pendidik yang Profesional. Lakeisha.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.