PERMAINAN SUNDA MANDA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK KASAR LOKOMOTOR ANAK USIA DINI

Himmah Taulany, Winarti Winarti

Abstract

Latar belakang penelitian pengembangan aspek motorik kasar lokomotor anak usia dini di TK IT Al Hidayah dirasa masih kurang maksimal. Oleh karena itu membutuhkan inovasi dan variasi metode lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis permainan sunda manda dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik kasar lokomotor anak usia 4-5 tahun di TK IT Al-Hidayah. Metode dalam penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok A Zubair bin Awwam TK IT Al Hidayah dengan teknik pengambilan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan studi pendahuluan, kemampuan motorik kasar lokomotor kurang baik yaitu aspek keseimbangan sebanyak 42,3%, lalu pada pertemuan pertama sebanyak 55,8% meningkat lagi pada pertemuan kedua menjadi 84,6% dan terakhir setelah melakukan kegiatan sunda manda secara rutin meningkat menjadi 96,2%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya kegiatan sunda manda secara rutin dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar lokomotor yang awalnya kurang baik dengan terlaksananya kegiatan permainan sunda manda secara rutin dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar lokomotor.

Keywords

anak usia dini; kemampuan motorik kasar lokomotor; permainan sunda manda

Full Text:

PDF

References

Andayani, Sri. 2021. Karakteristik PerkembanganAnak Usia Dini. Jurnal An-Nur: Kajian Pendidikan dan Ilmu Keislaman 7(2),199-212

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Basrowi dan Suwandi. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka. Cipta.

Basuki, Sulistyo. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Penaku

Dharmamulya, Sukirman. 2008. Permainan Tradisional Jawa Edisi 2. Yogyakarta: Kapel Press Puri Arsita.

Djuanda, Isep. & Rahmi Latifa Suryani. 2021. Upaya Meningkatkan Keterampilan Gerak Lokomotor Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Engklek. el-Moona Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 3 (1), 1-13.

Elfan Fanhas F Kh, & Gina Nurazizah Mukhlis. 2017 Pendidikan Karaktek

Untuk Anak Usia Dini Menurut Q.S. Lukman: 13-19. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini 3(3a), 42-51

Husna M, A. 2009. 100 Permainan Tradisional Indonesia untuk Ketangkasan dan Keakraban. Yogyakarta: Andi Offset.

Idris, Meity H. 2016. Karakteristik Anak Usia Dini. Permata: Edisi Khusus ISBN:978-602-1078-311. Hal 37-43.

Ismail, Andang. 2006. Education Games. Yogyakarta: Pilar Media.

Morrison, George S. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini Edisi 13

(penerj Yudi Santoso). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Miless Milles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press

Multyaningsih, Endang. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nursih, Bestari. 2014. Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Sunda Manda Pada Kelompok B1 TK Arum Puspita (Skripsi). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Nuryanti. Robandi Roni. & Helmi Ismail. 2015. Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Kegiatan Senam Ceria. Cakrawala Dini, 5(2), 101-111.

Pebriana, Putri Hana. 2017. Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini1(1), 1-11

Prihandani, Putu Wulan Dewi., I Putu Agung Bayupati & Ni Kadek Ayu Wirdiani. 2016. Rancang Bangun Game Tradisional Engklek Berbasis Android. Merpati 4(1), 82-92.

Priyanto, Aris. 2014. Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui

Aktivitas Bermain. Jurnal Guru COPE (2).41-47

Purwanto, Ngalim. 2010. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puspita, Widya Ayu. 2014. Pengembangan Program Stimulasi Gerak Untuk Mengoptimalkan Perkembangan Motorik Kasar Bayi Usia 0 - <12 Bulan. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI 9(1), 36-46.

Rahyubi, Heri. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Samsudin. 2008. Pembelajaran Motorik di TK. Jakarta: Litera Prande Media.

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Prenada Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Suryana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak. Jakarta: Kecana

Sutrisno, Amin. Dkk. 2021 Pentingnya Pendidikan Anak Di Usia Dini. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ. Jakarta: Universitas Muhammadiyah

Tirmidziani, Astri. Dkk. 2018. Upaya Menghindari Bullying Pada Anak Usia Dini

Melalui Parenting. JurnalPendidikan : Early Childhood 2(1), 1-8

Uce, Loeziana. 2015. The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya 1(2), 77-92

Refbacks

  • There are currently no refbacks.