PENERAPAN MEDIA AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI
Abstract
Perkembangan teknologi di zaman kini memerlukan pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan bagi anak. Salah satunya penerapan teknologi Augmented reality (AR) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan media AR (Augmented Reality) untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas pada 32 anak. Pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kuantitaif untuk mengetahui meningkatnya motivasi anak dalam bentuk angka, sedangkan data kualitatif untuk mendeskripsikan data dalam bentuk narasi. Hasil riset menyatakan pencapain motivasi belajar anak mengalami peningkatan setiap siklusnya. Motivasi anak dalam kriteria rendah mencapai 16 anak di siklus I berkurang menjadi 9 anak dan anak yang memiliki motivasi belajar cukup mencapai 12 anak di siklus I, sedangkan anak yang memiliki motivasi belajar baik mencapai 4 anak di siklus I. Untuk anak yang memiliki motivasi sangat baik tidak ada anak atau 0 anak meningkat menjadi 4 anak di siklus I dan 13 anak siklus II. Kesimpulannya menunjukkan penerapan media AR (Augmented Reality) dapat meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Adanya pembelajaran menggunakan media AR (Augmented Reality) ini dapat menarik perhatian anak dan juga dapat menumbuhkan rasa semangat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Affandi, H., Suwara, I., & Hertanti, E. H. (2014). Pengaruh media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap hasil belajar siswa. TARBIYA Journal of Education in Muslim Society.
Alfitriani, N., Maula, W. A., & Hadiapurwa, A. (2021). Penggunaan media augmented reality dalam pembelajaran mengenal bentuk rupa bumi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 38(1), 30-38. doi:10.15294/jpp.v38i,30698.
Angeline, A. H., Al-Ikhsan, S. H., & Fajri, H. (2023). Pengembangan frontend e-commerce berbasis mobile web pada koperasi kika. INFOTECH Journal, 9(2), 319–330. doi:10.31949/infotech.v9i2.5840.
Arikunto, Suharsimi .(2017). Penelitian Tindakan kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Atikah, C., Rusdiyani, I., & Ridela, R. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality pada tema binatang purba untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini kelompok b (5-6) Tahun di TK Tunas Insan Kamil Kota Serang. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 9(2), 89–101. doi:10.18592/jea.v9i2.9326 .
Aulina, C. N. (2018). Penerapan metode whole brain teaching dalam meningkatkan motivasi belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1).
Br Sembiring, K., & Tri Handayani, A. Upaya meningkatkan minat belajar anak usia dini melalui media kolase bahan biji-bijian pada kelompok B di TK Sejahtera Ii Namorambe. Skripsi Sarjana, Universitas Muslim Nusantara Al-washliyah.
Carolina, Y. Dela. (2022). Augmented reality sebagai media pembelajaran interaktif 3D untuk meningkatkan motivasi belajar siswa digital native. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 10–16. doi:10.51169/ideguru.v8i1.448.
Djafar, S., & Novian, D. (2021). Implementasi teknologi augmented reality dalam pengembangan media pembelajaran perangkat keras komputer. Jambura: Journal Of Informatics, 3(1). doi:10.37905/jji.v2i2.10440.
Fadhilah, M. D., Ikhsan, S. H., Eosina, P., & Artikel, S. (2023). Augmented reality sebagai media pembelajaran pengenalan buah untuk anak usia dini berbasis android. Industri dan Informasi, 1(1).
Fitri, A., Rahman, S., Satria Nugraha, M., Kasrani, M. W., & Elektro, T. (2022). Media pembelajaran arduino melalui augmented reality berbasis android dengan metode marker-based. Jurnal Teknik Elektro, 7(1).
Fitrianingsih, R., Sudiarti, D., Hakim, M., & Author, C. (2023). Penerapan media augmented reality untuk meningkatkan minat dan hasil belajar IPA pada materi sistem ekskresi. Jurnal Biologi dan Konservasi, 5(1).
Hutami, A & Afni Azizah, N. (2023). Kecanggihan smartphone sebagai media pembelajaran di era modern. Borneo Journal of Islamic Education, 3(1).
Iksan, N., & Semarang, N. (2017). Media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality (AR) untuk meningkatkan motivasi belajar anak: Studi kasus kegiatan pengabdian masyarakat di PAUD Pelangi Nusantara Semarang. ITEJ: Information Technology Engineering Journals, 2(1).
Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal Warna, 2(2).
Kirana, S., Kurniawati, N., Rhosalina, J., Eka, A., & Maria, F. (2021). Kuliah kerja nyata tematik untuk meningkatkan semangat belajar anak usia dini dalam pembelajaran. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1).
Kurniansyah, M. Y., Masya, H., & Kholifah, N. (2024). Penggunaan Media Gambar untuk Mengetahui Motivasi Belajar Matematika Anak Usia Dini. Al-Muhadzab: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–17.
Mustaqim, I. (2016). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 13(2), 174.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-ilmu Al-qur’an, Hadist, Syariah, dan Tarbiah,,3(1).
Ode, W., Raymuna, S., Oleo, U. H., & Buton, K. (2023). Augmented reality: Inovasi dalam pembelajaran anak. 1(2), 16–29.
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Sleman: Budi Utama.
Rabani, D. B., & Zakariyah, M. (2024). Pemanfaatan teknologi augmented reality untuk pengenalan jaringan tumbuhan berbasis android. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika Dan Komputer, 4(4), 1–10. doi:10.30865/klik.v4i4.1697.
Sagita, H., & Kharisma, K. (2023). Penggunaan media augmented reality berbasis android terhadap peningkatakan prestasi belajar siswa pada materi ikatan kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 12 (1).
Sakban, S. A. (2024). Eksplorasi penggunaan tekonologi augmented reality dalam pendidikan agama islam untuk memperkaya pengalaman pembelajaran di SMPIT Mutiara Cendekia Lubuklinggau. UNISAN JURNAL, 3(2), 676–686.
Sari, I. P., Batubara, I. H., Hazidar, A. H., & Basri, M. (2022). Pengenalan bangun ruang menggunakan augmented reality sebagai media pembelajaran. Hello World Jurnal Ilmu Komputer, 1(4), 209–215. doi:10.56211/helloworld.v1i4.142.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Triwahyuni, E., & Hadi Pradana, P. (2021). Pemanfaatan augmented reality untuk materi bangun ruang sisi datar untuk SMP/MTs. Jurnal IKA PGSD: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 10(2). doi:10.36841/pgsdunars.v10i2.1446
Ubaidillah, H., Eosina, P., & Primasari, D. (2023). Sistem informasi monitoring konservasi satwa pada pusat penyelamatan satwa berbasis web. Krea-TIF: Jurnal Teknik Informatika. 11(1), 14–22. doi:10.32832/krea-tif.v11i1.10592.
Wangge, M. (2020). Implementasi media pembelajaran berbasis ICT dalam proses pembelajaran matematika di sekolah menengah. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.