PEMAHAMAN GURU TERHADAP PERENCANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM MERDEKA PADA SATUAN PAUD DI KECAMATAN RAJABASA
Abstract
Kurikulum Merdeka akan wajib diterapkan pada tahun ajaran 2024/2025. Guru PAUD perlu memahami perencanaan pembelajaran untuk melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru terhadap perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka pada satuan PAUD di Kecamatan Rajabasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 86 guru dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini sebanyak 71 guru pada satuan PAUD di Kecamatan Rajabasa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian pemahaman guru terhadap perencanaan pembelajaran kurikulum merdeka pada satuan PAUD di Kecamatan Rajabasa menunjukan pemahaman guru berada dalam kategori sangat paham dan paham. Dapat dilihat dari 71 guru terdapat 28 guru dengan persentase sebesar 39,437% dalam kategori sangat paham, terdapat guru yang berjumlah 22 guru dengan persentase sebesar 30,986% termasuk dalam kategori paham. Hal ini dipengaruhi oleh faktor terdapat beberapa sekolah telah memiliki program meningkatkan kompetensi antara lain pelatihan, pengalaman kerja, dan pendidikan guru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aditomo, A. (2022). Capaian Pembelajaran untuk Satuan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA). Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Penerapan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889.
Anwar, R. N. (2022). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di Lembaga Paud Se-Kecamatan Madiun. Communautaire: Journal of Community Service, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.61987/communautaire.v1i1.7
Daulay, M. I., & Fauziddin, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang PAUD. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 101. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52460
Etivali, A. U. Al. (2019). Pendidikan Pada Anak Usia Dini. Jurnal :Penelitian Medan Agama, 10(2), 212–237.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigm of Independent Curriculum for Elementary Teacher School. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12, 236–243.
Hadi, S. (2019). Metodelogi Riset. Pustaka Belajar.
Hasibuan, R., Fitri, R., Maureen, I. Y., & Pratiwi, A. P. (2022). Penyusunan Kurikulum Operasional Pada Satuan Paud Berbasis Kurikulum Merdeka. Transformasi Dan Inovasi : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 87–92. https://doi.org/10.26740/jpm.v2n2.p87-92
Idhartono, A. R., Lutfi Isni Badi’ah, Kaltsum Kamilah Khairunnisaa, & Irene Balgis Salsabila. (2022). Strategi Praktek Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Kanigara, 2(2), 437–445. https://doi.org/10.36456/kanigara.v2i2.5982
Nursharofah, N. (2022). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini melalui Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–14.
Prameswari, T. W. (2020). Merdeka Belajar : Sebuah Konsep Pembelajaran Anak Usia Dini Menuju Indonesia Emas 2045. Prosding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 76–86.
Rahmawati, R. F., & Kudus, I. A. I. N. (2022). Analisis Kesiapan Guru dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Di TK ABA V Gondangmanis Kudus. 2, 1–10.
Safitri, S. G., & Nisak Aulina, C. (2022). Analisis Pemahaman Pendidik Anak Usia Dini Kelompok Usia 5-6 Tahun Terhadap Kurikulum Merdeka Belajar. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 76–87. https://doi.org/10.37985/murhum.v3i2.131
Sugiyono. (2016a). Statistika untuk Penelitian.
Sugiyono, P. D. (2016b). metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. In Alfabeta, cv.Refbacks
- There are currently no refbacks.