KEEFEKTIFAN MEDIA FLANEL DAN LEMBAR KERJA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONSEP GEOMETRI

Khofifah Nurul Fauziyah, Swantyka Ilham Prahesti

Abstract

Media papan flanel merupakan salah satu media pembelajaran di RA/TK yang mampu mengembangkan potensi yang ada pada anak usia dini sebagai langkah pertama dalam membentuk kemampuan pengembangan kognitif anak khususnya mengenal bentuk geometri. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan berkolaborasi anak dalam menggunakan informasi. Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk membandingkan bahan ajar yang digunakan untuk mengembangkan konsep geometri pada anak usia 4-5 tahun. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh media papan flanel terhadap pengembangan konsep geometri anak. Penelitian ini menggunakan berbagai jenis metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-eksperimental tipe group pretest-posttest design. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan pre test dan post test. Teknik analisis data menggunakan metode statistik.  Simpulan Hasil dari Test Kelas 2 yang digunakan untuk mengukur pengembangan konsep geometri pada anak usia 4-5 tahun menunjukkan bahwa rata-rata skor pada Kelas Tes 1 adalah 34,3667, sementara rata-rata skor pada Kelas Tes 2 adalah 28,9000. Hal ini menunjukkan bahwa anak-anak yang menggunakan media papan flanel (Kelas 1) unggul dalam pengerjaan dua kali ujian dibandingkan dengan kelompok lainnya.

Keywords

anak usia dini; papan flanel; lembar kerja

Full Text:

PDF

References

Apriyani, F. (2017). Pengembangan media dadu dan papan flanel untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep geometri dan konsep berhitung pada anak kelompok A RA Peranida 1 Cluring tahun 2017/2018. Skripsi, Universitas Jember.

Hasanah, L., & Nurhasanah, A. (2020). Kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media papan flanel anak usia 4-5 tahun. Jurnal Paud Agapedia, 2(1), 12–22. doi:10.17509/jpa.v2i1.24384

Hikmawati, N., Herman, H., & Amal, A. (2022). Pengaruh media papan flanel menggunakan gambar terhadap kecerdasan visual spasial anak kelompok B. EDUSTUDENT: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 63. doi:10.26858/edustudent.v1i2.25797

Khadijah, S., Sit, M., & Sapri, S. (2019). Pengaruh media papan flanel terhadap kemampuan kognitif anak di RA Jam’Iyyatush Shoolihiin Kelurahan Tanjung Mulia Kecamatan Medan Deli. Jurnal Raudhah, 7(2). doi:10.30829/raudhah.v7i2.503

Mulyati, C., Muiz, D. A., & Rahman, T. (2019). Pengembangan media papan flanel untuk memfasilitasi kemampuan konsep bilangan anak pada kelompok B. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 1(1), 59–68. doi:10.31004/jpdk.v1i1.362

Nurmadiah, N. (2016). Media pendidikan, peran dan fungsinya dalam pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1), 131–144.

Parirak, A. M., & Rahardjo, M. (2022). Perbandingan penggunaan lembar kerja dengan media realia dalam pembelajaran anak usia dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1). doi:10.29313/ga:jpaud.v6i1.9996

Prahesti, S. I., Apriliani, E. I., & Dewi, N. K. (2018). The effectiveness of the games manboka and numbers card to increase the concept count beginning at child age 4-5 Years. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 7(1).

Rahmatia, R., Pajarianto, H., Kadir, A., Ulpi, W., & Yusuf, M. (2021). Pengembangan model bermain konstruktif dengan media balok untuk meningkatkan visual-spasial anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 47–57. doi:10.31004/obsesi.v6i1.1185

Rusdianti, A., Solfiah, Y., & Kurnia, R. (2020). pengembangan media Getar (geometri putar) untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 145–152. doi:10.31004/jrpp.v3i2.1210

Saripudin, A. (2019). Analisis tumbuh kembang anak ditinjau dari aspek perkembangan motorik kasar anak usia dini. Equalita: Jurnal Pusat Studi Gender dan Anak, 1(1), 114. doi:10.24235/equalita.v1i1.5161

Sumbawa, R. O., Munawar, M., & Dewi Sagala, A. C. (2022). Pola komunikasi guru dalam menstimulasi kemampuan HOTS pada anak usia 5 - 6 tahun di PAUD Taman Belia Candi Semarang. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 538–547. doi:paudia.v11i2.13245

Syawalia, G. F. F., Rahman, T., & Giyartini, R. (2022). Studi literatur: Media pembelajaran yang digunakan untuk perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(2), 510–521. doi:10.26877/paudia.v11i2.11919

Tahir, M. Y., Rismayani, R., Sartika, I. D., & Hartika, A. S. (2019). Deteksi dini pencapaian perkembangan anak usia 4-5 tahun berdasarkan standar nasional pendidikan. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 39. doi:nananeke.v2i1.9225

Wahyudi, A. I., & Aulina, C. N. (2021). Pengaruh media tangram terhadap kemampuan mengenal bentuk geometri anak usia dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 8–16. Doi:10.31849/paud-lectura.v4i02.6216

Wondal, R., Arfa, U., & Jaelan, S. (2022). Analisis kreativitas guru dalam pembuatan lembar kerja peserta didik pada kelompok B di PAUD Negeri Pembina 1 Kota Ternate. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 4(1), 1–8. doi:10.33387/cp.v4i1.4281

Zamrodah, Y. (2022). Pentingnya penerapan merdeka belajar pada pendidikan anak usia dini (PAUD). Jurnal pedagogy, 9(2), 36–41.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.