PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK ANAK USIA 5-6 TAHUN

Asih Budi Kurniawati

Abstract

Menyimak merupakan salah satu dari empat keterampilan bahasa yang memiliki peranan penting bagi setiap individu, terutama pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media boneka tangan terhadap keterampilan menyimak anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini berjenis eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental dengan desain One group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 24 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi berupa checklist dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus interval dan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media boneka tangan berpengaruh terhadap keterampilan menyimak anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji wilxocon diperoleh nilai Asym.sig 0,000 < 0,05. . Boneka tangan yaitu media tiruan dari objek nyata seperti manusia atau binatang dan merupakan benda yang sangat konkret bagi anak. Sehingga pembelajaran dengan menggunakan media boneka tangan dapat mempermudah meningkatkan keterampilan menyimak anak diantaranya yaitu: anak dapat mendengar dengan penuh perhatian, memahami makna, menangkap pesan, dan menginterpretasikan informasi yang didengarnya.

Keywords

Kata Kunci: anak usia dini, media boneka tangan, keterampilan menyimak.

Full Text:

PDF

References

Ahmed, M., Inam, D. A., & Saif, J. (2021). Effect of Storytelling on Listening Skills and Vocabulary of Preschool Children. Journal of Early Childhood Care and Education (JECCE), 5(2), 13–30. Anggraini, V. (2019). Stimulasi keterampilan menyimak terhadap perkembangan anak usia dini. Raudhatul Athfal Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 30–45. Doludea, A., & Lenny, N. (2018). Meningkatkan Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Wayang Kertas Di Tk Makedonia. Jurnal Ceria, 1(1), 1–5. Hasan, M., Milawati, Darodjat, Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, & P., I. M. I. (2021). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Cv Tahta Media Group. Kelaten. Jalongo, M. R. (2010). Listening in Early Childhood : An Interdisciplinary Review of the Literature. International Journal of Listening, 24(1), 37–41. Jaya, M. P. S. (2019). Pengaruh Media Boneka Tangan Untuk Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak Kelompok B Di Tk Aba 3 Kota Prabumulih Tahun Ajaran 2018/2019. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 168–175. Maghfirah, F. (2019). Pentingnya Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 5(1), 11–16. Oduolowu, E., & Oluwakemi, E. (2014). Effect of Storytelling on Listening Skills of Primary One Pupil in Ibadan North Local Government Area of Oyo State, Nigeria. International Journey of Humanities and Social Science, 4(9), 100–107. Sugianto, D., Wibowo, D. C., & Oktaviani, U. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Menyimak Dongeng Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Boneka Tangan. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 179–189. Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. cv Alfabeta. Bandung. Sulianto, J., Fita, M., Untari, A., & Yulianti, F. (2014). Profil Cerita Anak dan Media Boneka Tangan dalam Metode Bercerita Berkarakter untuk Siswa SD. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 113–122. Suradinata, N. I., & Maharani, E. A. (2020). Pengaruh Bercerita Berbantuan Media Boneka Tangan terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Journal on Early Childhood Education Research (JOECHER), 1(2), 72–81. Tarigan, H. G. (2015). Menyimak Sebagai Suatu keterapilan Berbahasa. CV Angkasa. Bandung. Thi, P., Dung, T., & City, T. V. (2021). The effects of Audiovisual Media on Students ’ Listening Skills. International Journal of TESOL & Education, 1(1), 13–21.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.