PROJECT BASED LEARNING PADA ANAK USIA DINI DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS DI TK ABA KABUPATEN JEMBER

Aliefya Fryzq Utomo

Abstract

Project Based Learning menawarkan kepada peserta didik untuk lebih ekploratif, dapat berkolaborasi, menuangkan ide/gagasan, melatih anak untuk berinisiatif, dan dapat menemukan solusi kreatif di usia dini sehingga dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman. Objek penelitian adalah guru kelas A. Penelitian dimulai pada tanggal 16 Desember 2022 hingga 17 Februari 2023. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran berbasis proyek. Pada hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa Project Based Learning dapat mengembangkan kreativitas peserta didik dalam mengungkapkan ide/gagasan, menciptakan karya, berimajinasi, beradaptasi dengan lingkungan.

Keywords

pembelajaran berbasis proyek; kreativitas

Full Text:

PDF

References

Aditama, Giri, M., Shofyana, Huda, M., … & Pamungkas, I. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Project Based Learning melalui Temu Pendidik Daerah. Buletin KKN Pendidikan, 4(1), 90–98. Doi:10.23917/bkkndik.v4i1.

Amelia, N. (2021). Model pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) dan penerapannya pada anak usia dini di TKIT Al-farabi. BUHUTS AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 1(2), 181–199. Doi:10.24952/alathfal.v1i2.3912

Guo, Pengyue, Saab, Nadira, Post, Lysanne S., & Admiraal, Wilfried. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. Doi:10.1016/j.ijer.2020.101586

Katz, Lilian G., & Chard, Sylvia. (1992). The Project Approach. ERIC Clearinghouse on Elementary and Early Childhood Education.

Norhikmah. (2022). Mengembangkan kemampuan sains anak dengan menggunakan model project based learning dan metode eksperimen. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 33(1), 1–12.

Prameswari & Widya, T. (2020). Merdeka belajar: Sebuah konsep pembelajaran anak usia dini menuju indonesia emas 2045. Prosding Seminar Nasional Penalaran Dan Penelitian Nusantara, 1, 76–86.

Puspitasari, Nila, R., & Al-baqi, S. (2022). Mengembangkan kemampuan sosial melalui pendekatan project based learning. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 30–39. Doi:pgpaudtrunojoyo.v9i1.13294

Satria, R., Adiprima, P., Wulan, Kandi S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Sistem Informasi Kurikulum Nasional

Refbacks

  • There are currently no refbacks.