PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI MEDIA ROLLER ALFABET PADA KELOMPOK B

Anita Nur Rukbiyahtun

Abstract

Pengembangan aspek kemampuan menyimak anak dapat dilakukan dengan menggunakan media. Penggunaan media dalam proses pembelajaran akan mempermudah pendidik dalam menyampaikan pesan yang ingin disampaikan kepada anak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan anak dalam mengungkapkan pikiran melalui bahasa yang sederhana secara tepat, mampu berkomunikasi secara efektif, dan membangkitkan minat untuk dapat berbahasa indonesia. Sesuai dengan standar kompetensi dasar, berbahasa adalah anak mampu mendengarkan hingga berkomunikasi secara lisan. Pengembangan kemampuan berbahasa ini berpedoman pada suatu program kegiatan yang telah disusun berorientasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak, kebutuhan anak, bermain sambil belajar anak di RA Aisyiyah Sidorejo Padas Ngawi Tahun Ajaran 2022/2023. Subjek penelitian ini yaitu 25 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Metode penelitian ini mengacu pada model penelitian tindakan kelas yang meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dengan cara menganalisis data dari wawancara selama penelitian. Sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui statistik deskriptif yang membandingkan hasil yang diperoleh dari pra siklus, siklus I, dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyimak kalimat melalui permainan Roller Alfabet dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan di sepanjang siklus penelitian

Keywords

menyimak,media roller alfabet, kelompok B

Full Text:

PDF

References

Agustina, M., Azizah, E., & Koesmadi, D. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1).

Ardiana, R. (2021). Implementasi Media Pembelajaran pada Kecerdasan Bahasa pada Anak Kelmpok B di KB Tunas Tridarma Samarinda. MURHUM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 20-27.

Arwendis, W. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini dengan Menggunakan Buku Language Smart Kids. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2).

Fuadah, M., Tiara, D. R., Pratiwi, E. (2022). Pengaruh Dongeng Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 301-309.

Gerlach & Ely. (201). Teaching and Media: A Systemic Approach dalam Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hopkins, D. (2017). Desain Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Mills, G. E. (2016) Action Research, A Guide for Teacher Researcher. London: Printice-Hall International.

Munar, A., & Suyadi, S. (2021). Penggunaan Media Animasi dalam Peningkatan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(2), 155-164.

Tarigan, H. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung; Angkasa.

Suriani, I. (2021). Pengaruh Permainan Roller Alphabet Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Umur 4-5 Tahun. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-raniry.

Susanto, A (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Wardani, I. G. A. K., Wihardit, K. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang: Universitas Terbuka.

Widyaningrum, H. K. (2016). Penggunaan media audio untuk meningkatkan kemampuan menyimak dongeng anak pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 5(02).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.