PENGARUH LOOSE PART DENGAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN IMAJINASI VISUAL ANAK

Najwa Nurhaliza Gadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetaui pengaruh loose parts terhadap kemampuan berimajinasi anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 06 Surabaya. Penelitian dilakukan secara kuantitatif menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Pada desain penelitian ini perlakuan hanya dilakukan satu kalo dan berfokus pada satu kelompok dengan membandingkan hasil sebelum perlakuan (pretest) dan hasil setelah perlakuan (posttest). Perlakuan loose part yang diberikan adalah anak dapat mengisi kolam ikan dengan imajinasinya sendiri melalui bahan yang telah disediakan. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan antara ketika belum diberikan perlakuan berupa loose parts dengan konsisi setelah diberikan perlakuan loose parts. Data pengamatan berupa observasi tersebut diolah dan melalui uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil yang didapatkan adalah thitung lebih besar dari ttabel (3,5 > 2,16) sehingga Ha diterima. Dimana Ha adalah terdapat pengaruh loose part terhadap kemampuan berimajinasi siswa. Pada hasil penelitian ini loose parts dapat mempengaruhi kemampuan berimajinasi anak karena pada saat menggunakan media anak bisa merasa leluasa dalam mengeksplorasi apa yang ingin anak buat. Sedangkan pada saat anak hanya menggunakan media seperti lego dan plastisin, anak belum bisa mengeksplor kemampuan dalam berimajinasinya.

Keywords

Anak usia dini, media loose part, kemampuan berimajinasi anak

Full Text:

PDF

References

Apriani, I., Saputri, D., Ayriza, Y., & Psikologi, J. (2021). Hubungan Perilaku Prososial dengan Persepsi Penerimaan Teman Sebaya pada Remaja Awal. Acta Psychologia, 3(1), 21–28. http://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia

Cresswel, J. W. (2012). Educational Research Fourth Edition (Fourth). Pearson Education, Inc. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Dietze, B., & Kashin, D. (2016). Empowering Pedagogy For Early Childhood Education. Pearson.

Dziedziewicz, D., & Karwowski, M. (2015). Development of Children’screative visual imagination: a theoretical model and enhancement programmes. Education 3-13, 43(4), 382–392. https://doi.org/10.1080/03004279.2015.1020646

Eriani, E., Mardiah, M., Napratilora, M., & Erdawati, S. (2022). Loose parts: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 175–181. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.316

Gary, K. (2015). Project-Based Learning. Computer, 48(9), 98–100. https://doi.org/10.1109/MC.2015.268

Imamah, Z., & Muqowin. (2020). Pengembangan Kreativitas Dan Berpikir Kritis Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Steam And Loose Part. Yinyang: Jurnal Studi Islam, Gender, Dan Anak, 15(2), 263–278.

Jankowska, D. M., & Karwowski, M. (2015). Measuring creative imagery abilities. Frontiers in Psychology, 6. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2015.01591

Khairi, H. (2018). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini Dari 0-6 Tahun. Jurnal Warna, 2(2), 15–28.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving Schools, 19(3), 267–277. https://doi.org/10.1177/1365480216659733

Mansur. (2005). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Pustaka Pelajar.

Nair, M. G., & Suryan, A. (2020). Trans-disciplinary Project Based Learning Models for Community Service. Procedia Computer Science, 172, 735–740. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.105

Safitri, D., & Lestariningrum, A. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40–52. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i1.3612

Samli, A. C. (2011). From Imagination to Innovation. Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-0854-3

Van Alphen, P. (2011). Imagination as a transformative tool in primary school education. RoSE: Research on Steiner Education, 2(2). www.rosejourn.com

Refbacks

  • There are currently no refbacks.