PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS STEAM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF ANAK

Nadia Pitaloka, Santa Idayana Sinaga

Abstract

Pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, And Math) adalah pendekatan pembelajaran dengan menggabungkan lima bidang ilmu secara bersamaan yang pengaplikasiannya membangun cara berpikir kritis, mengasah keterampilan dalam memecahkan masalah, menambah keahlian di bidang ilmu teknologi dan belajar menjadi lebih menyenangkan. Pembelajaran ini dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif anak. Kemampuan berpikir kreatif adalah suatu kemampuan yang dimiliki semua orang untuk dapat memberikan gagasaan atau ide, dan juga memiliki cara berpikir yang luas sehingga dapat menuangkannya dalam sebuah karya baru maupun yang telah dimodifikasi. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah dengan menggunakan metode pembelajran STEAM dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif pada anak. Penelitian ini menggunakan Eksperimental jenis Nonequivalent Control Group Design dengan sampel penelitian sebanyak 30 anak pada kelas B1 dan B2. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Peneliti juga menggunakan teknik analisis uji-t untuk menguji hipotesis dengan prasyarat uji normalitas dan homogenitas. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pembelajaran berbasis STEAM terhadap kemampuan berpikir kreatif anak terlihat pada perbedaan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 47,6 menjadi 83,9. Hasil penelitian thitung adalah 17,8 dan ttabel adalah 1,76131, sehingga thitung > ttabel. Dengan demikian ada pengaruh pembelajaran STEAM terhadap kemampuan berpikir kreatif anak kelompok B di PAUD Islam Terpadu Fathiyyah Palembang diterima kebenarannya.

Keywords

Pembelajaran STEAM, Kemampuan Berpikir Kreatif, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References

Anggraini, M. N. E., Azmy, B., & Yustitia, V. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V di SDN Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 8(1), 122–127. https://doi.org/10.30653/003.202281.216

Asih, N. S., Sugiyo, S., & Suminar, T. (2022). Pembelajaran Sentra Media Looseparts Meningkatkan Kreativitas dan Kompetensi Pedagogik Guru TK. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4581–44590. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2561

Asmuddin, A., Salwiah, S., & Arwih, M. Z. (2022). Analisis Perkembangan Motorik Kasar Anak di Taman Kanak – Kanak Buton Selatan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3429–3438. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2068

Auliyalloh, A. Q., & Rakhman, A. (2020). Media Pembelajaran Steam untuk Meningkatkan Kreativitas Berbahan Loose Parts di Kelompok B TK Kasih Ibu. Jurnal Ceria, 3(6), 553–558. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/4894/pdf

Eriani, E., Mardiah, M., Napratilora, M., & Erdawati, S. (2022). Loose parts: Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 175–181. https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.316

Fitriani, A. P., Wijayanti, A., & Koesmadi, D. P. (2021). Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Buku Language Smart Kids. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 270. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.34123

Ilyas, I. (2022). Strategi Peningkatan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 2(1), 34–40. https://doi.org/10.54371/jiepp.v2i1.158

Marwiyati, S., & Istiningsih, I. (2020). Pembelajaran Saintifik pada Anak Usia Dini dalam Pengembangan Kreativitas di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 135. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.508

Mu’minah, I. H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 584–594.

Natasya, M. A., & Atika, A. R. (2021). Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Anak Usia Dini Uisa 5-6 Tahun. Jurnal Ceria (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 4(1), 2714–4107.

Puspitasari, E., Solfiah, Y., & Zulkifli, N. (2022). Pengembangan Scanbook untuk Pembelajaran Berbasis STEAM di Lembaga PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan …, 6(6), 6173–6186. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2025

Rachmah, L. L., Prawinda, R. A., & Farantika, D. (2022). Pembelajaran Steam dengan Media Loose Parts Guna Menstimulasi Perkembangan Anak. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 6(3), 466–477. http://journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual

Reswari, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (HOTS) Anak Usia 5-6 Tahun. JCE (Journal of Childhood Education), 5(1), 1. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.490

Salam, F., Mailok, R., Ubaidullah, N., & Ahmad, U. (2016). The Effect of Project-Based Learning Against Students’ Engagement. International Journal of Development Research, 6(02), 6891–6895.

Septianingrum, A. D., Suhandi, A. M., Putri, F. S., & Prihantini. (2022). Peningkatan Kompetensi Pendidik dalam Literasi Digital untuk Menghadapi Tantangan Pembelajaran Abad 21. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(7), 137–145. https://doi.org/10.5281/zenodo.6555502

Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.46

Suwidhiantari, N. P. A., & Ainin, I. K. (2018). Pengaruh Metode Multisensori Terhadap Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Autis Di TK Mentari School Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–14.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.