IMPLEMENTASI DEVELOPMENTALLY APPROPRIATE PRACTICE (DAP) PADA STIMULASI KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK

Tasya Tsamara Dhida, Ruli Hafidah, Jumiatmoko Jumiatmoko

Abstract

Kemampuan menulis permulaan anak usia dini merupakan wadah mengeksplorasikan pengetahuan dan pengalaman anak yang ditandai dengan tingkah laku mencoret-coret dan menggambar bebas. Salah satu pendekatan yang dapat diimplementasikan untuk mengembangkan kemampuan menulis permulaan adalah Developmentally Appropriate Practice (DAP). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi DAP pada stimulasi kemampuan menulis permulaan anak usia 4-5 tahun di PAUD Nurul Hidayah Program Khusus. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data penelitian ini meliputi kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan stimulasi kemampuan menulis permulaan anak, guru kelas kelompok A sebagai informan, hasil dan proses anak kelompok A melakukan indikator kemampuan menulis permulaan, dan dokumen (RPPM, RPPH, dokumentasi pembelajaran, penilaian, dan dokumen hasil karya). Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi non partisipan, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, dalam mengimplementasikan DAP untuk menstimulasi kemampuan menulis permulaan anak melalui tiga tahapan yaitu pra implementasi, implementasi, dan pasca implementasi. Pertama, pra implementasi mencakup pembahasan dan perencanaan kegiatan yang dituangkan dalam dokumen perangkat pembelajaran. Kedua, implementasi mencakup pelaksanaan kegiatan stimulasi dan pembelajaran. Ketiga, pasca implementasi mencakup penilaian, evaluasi, dan refleksi. Implementasi DAP dalam menstimulasi kemampuan menulis permulaan sangat sesuai diterapkan karena ramah anak, menyesuaikan capaian, dan tahapan perkembangan anak.

Keywords

Developmentally appropriate practice, early writing skills, 4-5 years children

Full Text:

PDF

References

Alawiyah, N., & Attamim, N. (2020). The development of fine motor and visual motor skills of children 4-5 years old to get ready write. JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study, 1(1), 15–33.

Bingham, G. E., Quinn, M. F., & Gerde, H. K. (2017). Examining early childhood teachers’ writing practices: Associations between pedagogical supports and children’s writing skills. Early Childhood Research Quarterly, 39, 35–46. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2017.01.002

Chandler, M. C., Gerde, H. K., Bowles, R. P., McRoy, K. Z., Pontifex, M. B., & Bingham, G. E. (2021). Self-regulation moderates the relationship between fine motor skills and writing in early childhood. Early Childhood Research Quarterly, 57, 239–250. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2021.06.010

Copple, C., & Bredekamp, S. (2006). Basics of Developmentally Appropriate Practice. Washington DC: National Association for the Education of Young Children.

Eliana, I. (2019). Meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui kegiatan menggunting dan menempel pada anak usia dini di RA An Nur Gunung Sahari Jakarta Pusat. Doctoral dissertation, Institut PTIQ Jakarta.

Gestwicki, C. (2007). Developmentally Appropriate Practice Curriculum and Development in Early Education. New York: Thomson Delmar Learning.

Herawati, N. I. (2018). Pengembangan model kurikulum pendidikan anak usia dini berbasis developmentally appropiate practice untuk menumbuhkembangkan kecerdasan interpersonal dan kecerdasan intrapersonal. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 1–17.

Hidayah, A. (2019). Meningkatkan kemampuan menulis awal melalui media pasir pada siswa kelompok “A” di Taman Kanak-Kanak Al-Falahiyah Lamongan. (Skripsi Sarjana, UIN Sunan Ampel Surabaya). http://digilib.uinsby.ac.id/33688/1/Ainul Hidayah_D98215048

Kurnia, R., & Solfiah, Y. (2018). Pengaruh media pensil karakter animasi Upin dan Ipin terhadap kemampuan menulis anak. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 341–350. https://doi.org/10.21009/jpud.122.15

Lola, J. A. (2020). Strategi pembelajaran di Taman Kanak-kanak (TK) pada era pandemi Covid-19. PEADA’ : Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 116–128. https://doi.org/10.34307/peada.v1i2.18

Mudjia, Rahardjo. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya, Maulana Malik Ibrahim Malang: Universitas Islam Negeri. hlm.3 http://repository.uinmalang.ac.id/1104/1/Studi-kasus-dalam-penelitiankualitatif.pdf

Muthiah, Sumardi, & Rahman, T. (2020). Desain media pasir kinetik untuk memfasilitasi kemampuan permulaan anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 207–218.

Muzamil, M. (2020). Penerapan metode developmentally approriate practices (DAP) untuk meningkatkan kemampuan membaca abjad Arab anak usia dini di TPQ Subulussalam Surabaya. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1–15.

Pertiwi, F., Abdulhak, I., & Hasanah, V. R. (2018). Pengaruh pelaksanaan pelatihan developmentally appropriate practice terhadap peningkatan kompetensi pedagogik pendidik PAUD. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 5(2), 142–153. https://doi.org/10.21831/jppm.v5i2.20124

Ropikoh, A., Aisyah, D. S., & Karyawati, L. (2021). Penggunaan media pasir untuk kemampuan menulis permulaan pada anak usia 4-5 tahun. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 5(2), 182–193.

Sari, A. P. (2022). Implementasi pembelajaran untuk anak usia dini pada masa pandemi di PAUD terpadu Aisyiyah Bangka Barat. BERNAS KIDS: Islamic Childhood Education Journal, 1(1), 1–9.

Sarnah, S., Fadlullah, & Sayekti, T. (2020). Pelaksanaan kegiatan jurnal pagi dalam mengembangkan kemampuan menulis permulaan pada anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Dasar, 1–15.

Tursina, A. (2021). Meningkatkan kemampuan menulis dasar anak usia dini melalui metode demonstrasi TK Islam Nasrullah. 9(1), 140–152.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.