HUBUNGAN REPUTASI SEKOLAH DENGAN KEPUTUSAN ORANG TUA DALAM MEMILIH SEKOLAH

Mar'atush Sholihah Wahidah, Adriani Rahma Pudyaningtyas, Nurul Shofiatin Zuhro

Abstract

Reputasi sekolah merupakan nama baik yang diperoleh sekolah melalui segala perbuatan atau perilaku sekolah kepada orang tua dan anak dalam kurun waktu lama. Reputasi sekolah memiliki peran yang penting untuk mempertahankan dan meningkatkan eksistensi sekolah. Reputasi baik yang dimiliki sekolah dapat memengaruhi orang tua untuk yakin dengan keputusan untuk memilih sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara reputasi sekolah dengan keputusan memilih sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling dari total 86 populasi diundi dan didapatkan 71 sampel. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara reputasi sekolah dengan keputusan memilih sekolah. Hasil analisis korelasi menunjukkan hubungan yang terjadi searah, artinya semakin baik reputasi sekolah maka semakin kuat keputusan orang tua untuk memilih sekolah tersebut. Nilai koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,495 sehingga dapat disimpulkan tingkat korelasi antara reputasi sekolah dan keputusan memilih sekolah tergolong sedang. Hubungan yang terjadi tergolong sedang karena keputusan orang tua dalam memilih sekolah juga dipengaruhi oleh tingkat pendidikan dan penghasilan orang tua. Responden dalam penelitian ini mayoritas memiliki tingkat pendidikan SMA dengan tingkat penghasilan yang rendah, sehingga dalam mencari informasi mengenai sekolah, sebagian besar orang tua mengandalkan informasi dari tetangga dan kerabat.

Keywords

Reputasi Sekolah, Keputusan Memilih Sekolah, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References

Ball, S. J., & Vincent, C. (2006). ’I Heard It on the Grapevine’: ‘hot’ knowledge and school choice. British Journal of Sociology of Education, 19(3), 377-400. doi:10.1080/0142569980190307.

Bernelius, V., Huilla, H., & Lobato, I. R. (2021). ‘Notorious Schools’ in ‘Notorious Places’? Exploring the connectedness of urban and educational segregation. Sosial Inclusion, 9(2), 154-165.

Bin Dahari, Z., & bin Ya, M. S. (2011). Factors that influence parents' choice of pre-schools education in malaysia: an exploratory study. International Journal of Business and Social Science, 115-128.

Boonchan, B., & Nopakun, A. (2020). Factors Affecting School Choice: Observations from Nakhon Ratchasima Municipality. Human Behavior, Development and Society, 21(3), 69-76.

Bosetti, L. (2004). Determinants of school choice: understanding how parents choose elementary schools in alberta. Journal of Education Policy, 19(4), 387-405.

Bunar, N., & Ambrose, A. (2016). Schools, choice and reputation: local school markets and the distribution of symbolic capital in segregated cities. Research in Comparative, 11(1), 34-51.

De Guzman, A. B., De Castro, B. V., Aquino, K. A., Buenaventura, M. A., Duque, A. C., & Enriquez, M. L. (2008). Filipino parents’ school choice and loyalty: a factor analysis. Educ Res Policy Prac, 7(2), 109–122. Doi:10.1007/s10671-007-9037-7.

Goldring, E. B., & Phillips, K. J. (2008). Parent preferences and parent choices: the public–private decision about school choice. Journal of Education Policy, 23(3), 209-230. doi:10.1080/02680930801987844.

Skallerud, K. (2011). School reputation and its relation to parents’ satisfaction and loyalty. International Journal of Educational, 25(7), 671-686. doi:10.1108/09513541111172081.

Kotler, P., Amstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing. London: Pearson Education LTD.

Sulistia, S., & Sutiono, L. (2020). analisis pengaruh persepsi terhadap keputusan orang tua murid memilih jasa pendidikan di tk bruder singkawang. Jurnal Riset Manajemen Ekonomi dan Bisnis, 48-61.

Tshabangu, J. M. (2012). Perceptions of stakeholders on how schools in the fezile dabi district manage reputation. (Tesis, North-West University).

Tumturk, S., & Deniz, L. (2021). A study of developing an organizational reputation management scale for schools. International Journal of Progressive Education, 17(5), 33-47.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.