ANALISIS PELAKSANAAN PROSES PEMBELAJARAN PAUD MENUJU SEKOLAH RAMAH ANAK DI KOTA SURAKARTA

Gita Anggraini, Warananingtyas Palupi, Vera Sholeha

Abstract

Sekolah ramah anak merupakan sekolah yang menciptakan kondisi lingkungan yang nyaman, aman dan menyenangkan sehingga dapat memberikan pelayanan berupa fasilitas dalam mengembangkan potensi yang dimiliki anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan proses pembelajaran PAUD yang sudah berdeklarasi menuju Sekolah Ramah Anak di Kota Surakarta. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survey. Penelitian ini termasuk kategori deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Lembaga PAUD / TK yang sudah berdeklarasi menuju Sekolah Ramah Anak di Kota Surakarta dengan 30 guru sebagai responden penelitian. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling dengan kriteria sampel sekolah yang berdeklarasi menuju sebagai Sekolah Ramah Anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner dan wawancara. Uji instrumen menggunakan validitas isi dan konstruk berupa uji validitas dan reliabilitas instrumen. Hasil  penelitian menunjukkan nilai skor pengolahan data pada Lembaga PAUD/TK yang sudah berdeklarasi menuju Sekolah Ramah Anak di Kota Surakarta dengan Jumlah subjek 30 guru PAUD berada pada persentase 94,522% dengan kriteria sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara umum guru telah melaksanakan proses pembelajaran di PAUD yang sudah berdeklarasi menuju Sekolah Ramah Anak di kota Surakarta dengan sangat baik.

Keywords

Guru PAUD, Proses Pembelajaran, Sekolah Ramah Anak

Full Text:

PDF

References

Asmawati, L. (2017). Konsep Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Bachtiar, M. Y. (2020). Pembelajaran berbasis ramah anak taman kanak-kanak di Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Instruksional, 1(2), 131. https://doi.org/10.24853/instruksional.1.2.131-142.

Budiaji, W. (2013). The measurement scale and number of responses in likert scale. Journal of Agricultural and Fisheries Sciences, 2(2), 127–133. https://doi.org/10.31227/osf.io/k7bgy.

Fitriani, S., & Istaryatiningtias. (2020). Promoting child-friendly school model through school committee as parents’ participation. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 1025–1034. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20615.

Fitriani, S., Istaryatiningtias, & Qodariah, L. (2021). A child-friendly school: How the school implements the model. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1), 273–284. https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I1.20765.

Hajaroh, M., Rukiyati, Purwastuti, L. A., & Nurhayati, R. (2021). Development of the evaluation instrument of the child-friendly school policy in elementary schools. International Journal of Instruction, 14(3), 327–340. https://doi.org/10.29333/iji.2021.14319a.

Jaya, P. R. P. (2019). Pengolahan hasil penilaian pendidikan anak usia dini. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia DIini, 2(1), 76–83.

King, E. (2020). Implications for the child friendly schools policy within Cambodia’s cultural and primary school context. Asia-Pacific Journal of Teacher Education, 48(4), 375–388. https://doi.org/10.1080/1359866X.2019.1645811.

Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Pandiva Buku.

Martono, W. C., Heni, & Karolin, L. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran Experiential Learning Sebagai Bagian dari Program Sekolah Ramah Anak. Seminar Nasional Dan Call for Paper “Membangun Sinergitas Keluarga Dan Sekolah Menuju PAUD Berkualitas, 159–167.

Musarokah, S. (2016). 3P (Provisi, Proteksi, dan Partisipasi) dalam pembelajaran menggunakan game di Madrasah Ibtidaiyah: Penerapan dan tantangannya. Malih Peddas, 6, 151–161.

Rofiah, N. H., Hayati, E. N., & Muarifah, A. (2019). Model Sekolah Ramah yang Arif Secara Lokal. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Rosalin, L. N. (2015). Panduan Sekolah Ramah Anak. Jakarta: Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Sari, M. W., Adhani, D. N., & Karim, M. B. (2021). peran guru dalam penerapan sekolah ramah anak di TK YKK 1 Bangkalan. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 8–14. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v8i1.9088.

Setiawan, M. H. Y., & Jawandi, A. (2020). Analisis faktor pendukung kinerja standar pendidik terhadap ketercapaian indikator sekolah ramah anak. Jurnal Pelita, 5(1), 43–49. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v5i1.1099.

Yoni, A. (2010). Menyusun Penelitan Tindakan Kelas. Yogyakarta: Penerbit Familia.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.