IMPLEMENTASI YOGA KIDS SEBAGAI STIMULASI MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI

Anjar Fitrianingtyas, Upik Elok Endang Rasmani, Vera Sholeha

Abstract

Yoga untuk anak usia dini atau yoga kids merupakan salah satu cara yang kreatif untuk memberikan Latihan pada anak untuk melakukan  pengaturan pola nafas dan aktivitas jasmani yang memiliki banyak keuntungan dalam meningkatkan  pertumbuhan dan perkembangan melalui aktivitas yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mengimplementasikan yoga kids sebagai salah satu stimulasi motoric kasar anak usia dini. Peneliti mempergunakan metode penelitian kualitaf dengan pendekatan deskriptif dalam penelitian ini. Implementasi yoga kids untuk stimulasi motoric kasar anak usia dini dilihat pada keterampilan gerak non lokomotor anak. Kegiatan yoga kids dibagi menjadi 3 bagian, yaitu gerakan pemanasan dan pernapasan (5 menit), Gerakan inti (20 menit), dan kegiatan penutup atau relaksasi (5 menit). Gerakan inti pada yoga kids dilakukan melalui aktivitas menyenangkan yaitu dengan bercerita diiringi music dengan menirukan berbagai macam Gerakan binatang dan alam, diantaranya yaitu hands to feet pose, butterfly pose, mountain pose, cobra pose, swan pose, dog looks down pose. Gerakan tersebut dikemas dalam cerita yang menarik bagi anak. Yoga kids memiliki manfaat salah satunya yaitu untuk meningkatkan keseimbangan anak dalam melakukan Gerakan motoric. Karena dengan melakukan berbagai macam posisi yoga dapat membantu merangsang kerja otot-otot pentasbil tubuh.

Keywords

motorik kasar, yoga kids, anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Aleksandra Aleksic Velikovic, Borko Katanic, Bojan Masanovic. (2021). Effects of a 12 weeks yoga intervention on motor and cognitive abilities of preschool children. 9. 10.3389/fped.2021.799226

Astuti, N.P.E. (2020). Optimizing children gross motoric skill by yoga asana practice in covid 19 pandemic. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran)

Berger DL, Stein RE. (2009). Effects of yoga on inner-city children's well-being: a pilot study. Altern Ther Health Med.15:36–42

Birdee GS, Yeh GY, Wayne PM, Phillips RS, Davis RB, Gardiner P. (2009). Clinical applications of yoga for the pediatric population: a systematic review. Acad Pediatr. 9:212–20. 10.1016/j.acap.2009.04.002

Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51-58

Colliver, Y. (2016). Mothers’ Perspectives on learning through Play in the Home. Australasian Journal of Early Childhood, 41(1), 4–12. https://doi.org/10.1177/183693911604100102

Decaprio, Richard. (2013). Aplikasi teori pembelajaran motorik di sekolah. Yogyakarta: DIVA Press.

Jiang GP, Jiao XB, Wu SK, Liu JiZQ, Chen WT, Wang X, et al. (2018). Proprioception, and gross motor development of chinese children aged 3 to 6 years. J Mot Behav. 50:343–52. 10.1080/00222895.2017.1363694

Kerekes N. (2021). Yoga as complementary care for young people placed in juvenile institutions-a study plan. Front Psychiatry. 12:575147. 10.3389/fpsyt.2021.575147

Maladi, Tina. Kartu Yoga Anak. Jakarta: Kidsyogajakarta

Monbarg R, Jelsma D, Hartman E. (2013). Effect of Wii-intervention on balance of children with poor motor perfor-mance. Res Dev Disabil. 34:2996–3003. 10.1016/j.ridd.2013.06.008

Ni M, Mooney K, Balachandran K, Richards A, Harriell L, Signorile K, et al. (2014). Utilization patterns vary by skill levels of the practitioners across specific yoga poses (asanas). Complement Ther Med. 22:662–69. 10.1016/j.ctim.2014.06.006

Nyolinda, Vilna Agus & Monica Hartanti. (2016). Campaign to introduce children Yoga to the mothers in Bandung City. Visual Communication Design. Vol 1 No 1. P 18-32

Razza RA, Linsner RU, Bergen-Cico D, Carlson E, Reid S. (2020). The feasibility and effectiveness of mindful yoga for preschoolers exposed to high levels of trauma. J Child Fam Stud. 29:82–93. 10.1007/s10826-019-01582-7

Taylor, satomi Izumi dkk. (2020). Music and movement for young children’s healthy development”. Dimensions of Early Childhood. Vol 40, No 2.

Telles S, Hanumanthaiah B, Nagarathna R, Nagendra HR. (1993). Improvement in static motor performance following yogic training of school children. Percept Mot Skills. 76:1264–6. 10.2466/pms.1993.76.3c.1264

Wenig, Marsha. (2003). Yogakids : educating the whole child through yoga. New York : La Martiniere Group

Refbacks

  • There are currently no refbacks.