HUBUNGAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA DENGAN HOTS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Perkembangan kecerdasan logika matematika dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah pada anak. Kemampuan pemecahan masalah menjadi salah satu komponen dalam kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) beriringan dengan kemampuan berpikir kritis, berpikir kreatif, dan membuat keputusan. Kecerdasan logika matematika dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada anak tidak terlepas dari faktor yang mempengaruhi baik internal maupun external. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan logika matematika dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK Gugus V Aster Laweyan Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasi dengan sampel penelitian yaitu anak kelompok A di TK Gugus V Aster Laweyan Surakarta berjumlah 95 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan kuisioner capaian perkembangan kecerdasan logika matematika dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) anak yang dibagikan kepada guru kelas. Hasil uji hipotesis korelasi menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien korelasi sebesar 0,833 sehingga terdapat hubungan yang sangat kuat atau tinggi antara kecerdasan logika matematika dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada anak kelompok A.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. London: Longman.
Cahya, I. V. (2018). Meningkatkan Pemahaman Logika Matematika Awal Melalui Kegiatan Bermain Balok Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Al-Hidayah 3 Patrang. (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Jember).
Fadlillah, M. (2016). Pengembangan permainan monraked sebagai media untuk mestimulasi kecerdasan logika matematika anak usia dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 04(1), 9–23.
Kwangmuang, P., Jarutkamolpong, S., Sangboonraung, W., & Daungtod, S. (2021). The development of learning innovation to enhance higher order thinking skills for students in Thailand junior high schools. Heliyon, 7. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07309.
Lee, B., & Kim, Y. (2018). The effects of S-block curriculum on kindergarten children’s logical-mathematical and spatial ability. TENCON 2018 - 2018 IEEE Region 10 Conference, October, 802–805.
Leonard & Linda, N. N. (2018). Pengaruh kecerdasan logis-matematis dan kecerdasan musikal terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 193–208.
Mufarizuddin. (2017). Peningkatan kecerdasaan logika matematika anak melalui bermain kartu angka kelompok B di TK Pembina Bangkinang Kota. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62–71. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.32.
Nurrohmah, I. (2017). Sikap, kecerdasan emosional, dan motivasi membaca dengan hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, 2, 242–256. https://doi.org/10.22236/JPPP.
Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini Nomor 137, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia (2014).
Purnamasari, I., Handayania, S. S. D., & Formen, A. (2020). Stimulasi keterampilan HOTS dalam PAUD melalui pembelajaran STEAM. Seminar Nasional Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.
Suhaidah. (2014). Meningkatkan Kecerdasan Logika Matematika Anak pada Usia Dini dengan Pengenalan Warna dan Bentuk pada Siswa PAUD “Assyfah” Biaro Baru Kelompok B Tahun Pembelajaran 2013/2014. (Skripsi Sarjana, Universitas Bengkulu).
Sutapa, P., Arjuna, F., Prasetyo, Y., & Prihantanta, H. (2018). Differences of influence of playing playdough and puzzles on fine motor skills and logical- mathematical intelligence in early childhood. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 278(YISHPESS), 171–174.
Titin, A., & Rachmi, T. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Logika Matematika Melalui Kegiatan Mendongeng Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Tunas Bangsa Kota Tangerang. Jurnal Ceria, Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Tangerang, 9(2), 58–70.
Refbacks
- There are currently no refbacks.