PENGARUH METODE MULTISENSORI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN ANAK USIA 5-6 TAHUN

Tsali Tsatul Mukarromah, Ruli Hafidah, Novita Eka Nurjanah

Abstract

Menulis merupakan kemampuan dasar yang perlu dikembangkan sejak dini dan dibutuhkan ketika memasuki jenjang sekolah.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari metode multisensori terhadap kemampuan menulis permulaan anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group. Penelitian dilakukan pada bulan Mei-Juli di RA Nawa Kartika II Tempursari. Subjek dalam penelitian ini adalah 38 anak usia 5-6 tahun kelompok B yang terbagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Uji validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi (content validity) dan Uji daya beda item menggunakan pearson correlation coefficient berbantu SPSS 24 for windows. Analisis data dalam penelitian ini mencakup uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil uji prasyarat menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test menunjukan nilai pascates antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol memiliki nilai signifikansi pascates 0,048 ≤ 0,05 yang artinya terdapat pengaruh metode multisensori terhadap kemampuan menulis permulaan subjek di RA Nawa Kartika II Tempursari. Beberapa pengaruh tersebut di antaranya anak mau berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, berkembangnya kemampuan menulis dengan mengingat bentuk dan merangkai kata dan kalimat.

Keywords

metode multisensori; kemampuan menulis; anak usia 5-6 tahun

Full Text:

PDF

References

Adawiyah, F. (2021). Variasi metode mengajar guru dalam mengatasi kejenuhan siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Paris Langkis, 2(1), 68–82. https://doi.org/10.37304/paris.v2i1.3316

Adhe Sophia Suryani. (2019). Pendekatan Multisensori dalam Menstimulasi Kemampuan Literasi Anak Usia Dini Kelompok B5 TK Islam Tunas Melati Yogyakarta (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Sunan Kalijaga). http://digilib.uin-suka.ac.id/38526/

Akbar, E. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini (Cetakan-1). Jakarta: Prenada Media.

Anggreni, M. A. (2017). Penerapan bermain untuk membangun rasa percaya diri anak usia dini. Journal Of Early Childhood and Inclusive Education, 1–8.

Australian Government Department of Education and Training. (2018). Developmental milestones and the Early Years Learning Framework and the National Quality Standards. Canberra: Department of Education and Training. https://www.acecqa.gov.au/sites/default/files/2018-02/

Burhauddin, A. W. (2019). Pengaruh Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak di TK ABA Forsimat Desa Bontokoraang Kep. Selayar (Skripsi Sarjana, Universitas Muhammadiyah Makassar). https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/9804

Hoisington, B. (2015). Multisensory Activities to Teach Reading Skills. In Minnesota Literacy Council.

Humma, E. F., & Putri, E. I. E. (2020). Metode pembelajaran multisensori dalam mempengaruhi kemampuan bahasa anak usia 5-6 Tahun di TK Al-Islam Maron Genteng Banyuwangi Tahun Ajaran 2018-2019. AL IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2019), 2–5.

Indah, I. (2021). Perbedaan Keterampilan Membaca, Keterampilan Menulis, dan Rasa Percaya Diri dengan Menggunakan Metode Multisensori Orton-Gillingham, Metode Multisensori Fernald, dan Metode Direct Instruction pada siswa TK B Sekolah XYZ Jakarta Barat (Skripsi Sarjana, Universitas Pelita Harapan).

Kusmayanti, S. (2019). Membaca permulaan dengan metode multisensori. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 13(1). http://dx.doi.org/10.52434/jp.v13i1.832.

Mardianto, M., Sikumbang, A. T., & Hadrah, H. (2021). Peranan bk dengan menggunakan teknik modelling dalam mencapai tugas perkembangan aud di kelas Raudhah I Ra As-Sa’adah. Research and Development Journal of Education, 7(2), 237. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.8663

Nurjanah, N. E., Hafidah, R., Syamsuddin, M. M., Pudyaningtyas, A. R., Dewi, N. K., & Sholeha, V. (2021). Dampak Aplikasi ScratchJr terhadap Ketrampilan Problem-Solving Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2030–2042. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1531

Oktafianingsi, W. (2021). Deskripsi Faktor Eksternal Penentuan Tingkat Keberhasilan Belajar Matematika. Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.

Puryanti, E. (2020). Pengembangan Pendekatan Pembelajaran Tuntas Berbasis Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Kelas II di MI Nurul Huda Kabupaten Oku Timur (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Raden Fattah Palembang). http://repository.radenfatah.ac.id/7916/

Putri, R., & Hafidah, R. (2021). Program pengembangan kemampuan menulis kelompok b pada masa pandemi di R.A Al-Hidayah. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 31–37. https://doi.org/10.29408/jga.v5i01.2977

Suryaratri, R. D., Prayitno, E. H., & Wuryani. (2019). The implementation of multi-sensory learning at elementary schools in Jakarta. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 13, 100–113. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPUD.131.08

The British Association for Early Chilhood Education. (2012). Development Matters in the Early Years Foundation Stage (EYFS). Department for Education UK, pp. 1–5. www.education.gov.uk/publications

Wahyuni, P. J. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Melalui Metode Storytelling Pada Anak Kelompok B di RA Khairin Jl. Tuamang No. 85 Kota Medan Tahun Ajaran 2018-2019 Menyatakan (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sumatra Utara). http://repository.uinsu.ac.id/8308/1/Skripsi Priska

Warif, M. (2019). Kata Kunci: Strategi, guru, peserta didik, malas, belajar. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 33–40.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.