PERMAINAN ESTAFET MODIFIKASI STIKER BERTEMA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KINESTETIK PADA ANAK USIA DINI DI TK TUNAS MEKAR TIMPAG

Ni Made Vertia Agustine, Ni Nengah Selasih, I Made Lestiawati

Abstract

Minimnya proses pembelajaran di luar ruangan dan variasi permainan membuat kemampuan kinestetik anak masih belum berkembang, maka peneliti merumuskan masalah (1) Bagaimana proses permainan estafet modifikasi stiker bertema dalam meningkatkan kemampuan kinestetik pada anak usia dini? (2) Bagaimana efektivitas permainan estafet modifikasi stiker bertema dalam meningkatkan kemampuan kinestetik pada anak usia dini di TK Tunas Mekar Tmpag?. Dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan kinestetik anak melalui permainan estafet modifikasi stiker bertema. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan selama pra siklus ke Siklus II sebagai berikut: Pra siklus 13% atau 2 anak (BSB), 13% atau 2 anak (BSH), 33% atau 5 anak (MB), dan 41% atau 6 anak (BB). Siklus I Jumlah 27% atau 4 anak (BSB), 20% atau 3 anak (BSH), 33% atau 5 anak (MB) dan 20% atau 3 anak (BB). Siklus II berjumlah 41% atau 6 anak (BSB), 53% atau 8 anak (BSH), 6% atau 1 anak (MB) dan 0% (BB). Sehingga dapat dikatakan bahwa permainan estafet modifikasi stiker bertema dapat meningkatkan kemampuan kinestetik pada anak usia dini di TK Tunas Mekar.


Keywords

permainan estafet, kemampuan kinestetik, anak usia dini 5-6 tahun

Full Text:

PDF

References

Alex, K. (2003). Vygotsky education

theory in cultural context. New York: Cambridge.

Gardner, H. (1983). frame of mind; the theory of multiple intelligences. Amerika.

Haliyah, M. (2016). Hakikat pendidikan anak usia dini. as-sibyan, 60.

Hurlock, E. B. (1988). Perkembangan anak, jilid I. Jakarta: Erlangga.

Ivan, P. (1927). Conditioned reflexes: an investigation of the physiological activity of the cerebral cortex. (Dr.G.V.Anrep.Pp+430, Trans.) London: Oxford Press.

Sugiono. (2009). Metode penelitian pendidikan "pendekatan kuantitatif, kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur penelitian. Jakarta: Remika Cipta.

Suharsimi, A. (2017). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sujiono, Yuliani Nuraini. (2009). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT. Indeks.

Sumantri, M. (2005). Model perkembangan keterampilan motorik anak usia dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tadkiroatun, M. (2012). Pengembangan kecerdasan majemuk. Jakarta: Dian Rakyat.

Titin, N. (2012, maret 1). Implementasi teori belajar ivan petrovich pavlov ( classical conditioning) dalam pendidikan. Jurnal Falasifa, III, 39.

Undang-undang SISDIKNAS. (2003). (Sistem pendidikan nasional). pendidikan anak usia dini pasal 1. Jakarta: Sinar Grafika.

Vygotsky. S.L. (1979). Mind in society the development of higher psychological. Amerika: Processes.

Zulriska, I. (2012). Psikologi lingkungan : teori dan konsep. Bandung: PT. Refika Aditama.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.