HOLISTIK INTEGRATIF UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Abstract
Anak merupakan individu yang utuh dan belum memiliki pengakuan keberadaan diri, maka dalam pengembangannya diperlukan pelayanan secara holistik integratif guna untuk menjaga tumbuh kembangnya serta untuk memenuhi kebutuhan esensialnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan penerapan holistik integratif pada PAUD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan atau library research, yakni penelitian yang dilakukan melalui mengumpulkan data atau karya tulis ilmiah yang bersifat kepustakaan, atau telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah yang pada dasarnya tertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa secara komprehensif penerapan PAUD holistik interaktif harus meliputi pelayanan gizi dan kesehatan, pendidikan dan pengasuhan, serta perlindungan untuk mengoptimalkan seluruh aspek tumbuh kembang anak. Penerapan PAUD holistik integratif dilakukan dengan pemberian stimulan melalui tiga pilar yaitu parenting, manajemen gizi dan kesehatan, dan dukungan pendidikan. oleh karena itu, diharapkan mampu memperbaiki sistem pendidikan pada Lembaga PAUD agar mampu memberikan pembelajaran yang menstimulasi tumbuh dan kembangnya secara optimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, N., Filza, D., L., Salsabillah, A. P., Zulfahmi, M.N., & Budi, E.S. (2022). Penerapan aplikasi tiktok education holistik integratif di tk tarbiyatul athfal desa kecapi kecamatan tahunan jepara. 4(1), 83-92.
Eko Siswoyo, R., Joko, T., & Suminar, T. (n.d.). Potensi keluarga dalam Pendidikan holistik berbasis karakter pada anak usia dini. 1.
Hajati, K. (2018). Pelaksanaan pendidikan holistik-integratif dalam pelayanan kebutuhan dasar anak usia dini di kabupaten mamuju sulawesi- barat. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1), 17–24. https://doi.org/10.31605/ijes.v1i 1.133
Hijriyani, Y. S., & Machali, I. (2017). Pembelajaran holistik integratif anak usia dini dengan pendekatan cashflow quadrant di ra al muttaqin tasikmalaya. 3(2).
Laila, L. Z. I. (2013). Penyelenggaraan program paud holistik integratif di paud siwi kencana kota semarang. Journal of Nonformal Education and Community Empowerment, 2(1), 73–83.
Nadlifah. (2017). Model pembinaan pendidikan karakter holistik integratif di paud terpadu an- nur sleman yogyakarta. 3(1), 27–36.
Nur, F. S. (2019). Penerapan layanan paud holistik integratif pada satuan paud. Paud Dikmas Sumbar.Kemdikbud, 6(5), 4287–4296. https://doi.org/10.31004/obsesi. v6i5.2587
Oktaviani, D. A., & Dimyati, D. (2021). Penerapan paud holistik integratif pada masa pandemic movie 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1870– 1882. https://doi.org/10.31004/obsesi. v5i2.995
Pramudyani, A. V. R., Kurniawan, M. R., Rasyid, H., & Sujarwo. (2017). Kurikulum holistik integratif berbasis permainan tradisional pada paud di yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 86–96.
Sanusi, A. (2016). Metodologi penelitian bisnis. Salemba Empat.
Sofiaty, A. (2020). Penerapan program parenting paud holistik integratif (hi) dalam mengoptimalkan tumbuh kembang dan perlindungan anak usia dini. November, 192–204.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif,. kualitatif dan r&d). CV. ALFABETA.
Wahyuni, F. (2019). Pendidikan anak usia dini (paud) holistik integratif. Qalamuna, 2, 61–72.
Wati, R. K. (2018). Pelatihan pendidikan holistik berbasis karakter (character- based integrated learning) pada guru paud aisyiah insan mentari sumbang dan tk pertiwi sumbang. 477–486.
Widodo, H., & P, A. V. R. (2017). Pendidikan karakter holistik integratif di paud ngampilan yogyakarta. 3(2), 135–150.
Windarsih, C. A., Sumitra, A., Jumiatin, D., & Elshap, D. S. (2020). Penerapan program holistik integratif dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal anak usia dini. 7(1), 1–11.Refbacks
- There are currently no refbacks.