PROFIL PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT ANAK USIA 5-6 TAHUN

Indarini Ihsani, Ruli Hafidah, Novita Eka Nurjanah

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat merupakan serangkaian sikap dari hasil belajar yang menjadi kecakapan hidup di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil perilaku hidup bersih dan sehat anak usia 5-6 tahun pada masa pandemi Covid-19 di PAUD Kelurahan Cangkol dengan menggunakan metode survei deskriptif kuantitatif. Data dari 58 anak dari TK Desa Cangkol, BA Aisyiyah Kepoh, dan RA Al Hidayah dikumpulkan menggunakan angket berskala nominal dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan persentase, sedangkan hasil wawancara digunakan untuk mendukung hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan profil perilaku hidup bersih dan sehat anak berada pada kategori sangat baik meliputi kebersihan diri sebesar 93,9%, makan dan minum sebesar 90,8%, tindakan terhadap sakit penyakit sebesar 86,6%, dan kebersihan lingkungan sebesar 83,6%, sedangkan keseimbangan (kebutuhan tidur dan aktivitas) sebesar 61,2% berada pada kategori baik. Simpulan pada penelitian ini bahwa perilaku hidup bersih dan sehat anak usia 5-6 tahun pada masa pandemi Covid-19 di PAUD Kelurahan Cangkol dilaksanakan dengan sangat baik.

Keywords

perilaku hidup bersih dan sehat, anak usia dini, pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References

Ais, R. (2020). Komunikasi Efektif di Masa Pandemi Covid-19: Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Era 4.0 (KKN-DR) (L. Susanto, ed.). Bugel Lebak: Makmood Publishing.

Anhusadar, L. O., & Islamiyah. (2021). Penerapan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia dini di tengah pandemi covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 463–475. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.555

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Astuti, A. K. (2016). Pelaksanaan perilaku sehat pada anak usia dini di PAUD Purwomukti Desa Batur Kecamatan Getasan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 264–272. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p264-272

Awailuddin, Akbar, Z., Christy, Afriani, Heng, P. H., Ivonesti, S., … Maryam, S. (2020). Tinjauan Pandemi Covid-19 dalam Psikologi Perkembangan. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Inten, D. N., & Permatasari, A. N. (2019). Literasi kesehatan pada anak usia dini melalui kegiatan eating clean. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 366–376. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.188

Ismiati, B., Rustandi, N., Basori, M. A., Ardiansa, J., Asman, Wiranegara, D. A., … Selviana, S. (2021). Adaptasi dan Transformasi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Istadi, I. (2014). Mendidik dengan Cinta “Tumbuh Kembang Anak.” Jakarta: Cakrawala Publishing.

Julianti, R., Nasirun, & Wembrayarli. (2018). Pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) di lingkungan sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 11–17. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.76-82

Kandou, G. D., & Kandou, P. C. (2018). Improving students knowledge of clean and healthy living behavior through health education. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 253, 412–416. https://doi.org/10.2991/aes-18.2019.94

Kemenkes RI. (2016). Istirahat Cukup. Retrieved from www.promkes.depkes.go.id

Kriswanto, E. S., Sunardi, J., Sari, I. P. T. P., & Suharjana, F. (2020). Education of clean and healthy living behavior through image media as a prevention of Covid-19. International Journal Humanitarian Responsibilities, Education & Sport Sciences, 1(1), 12–16.

Maghfiroh, S., & Suryana, D. (2021). Media pembelajaran untuk anak usia dini di pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1).

Mardhiati, R. (2019). Guru PAUD: Pendidikan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Anak Usia Dini. Ikraith-Abdimas, 2(3), 133–141.

Meliyana, E., & Septiana, A. (2018). Kemandirian personal hygiene pada anak usia 3-5 tahun. Jurnal Kesehatan Budi Luhur, 11(2), 376–400.

Purba, N., & Gusar, M. R. S. (2020). Clean and healthy lifestyle behavior (PHBS program) for children with intellectual disability. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14(2), 275–287. https://doi.org/10.21009/jpud.142.06

Vionalita, G., & Kusumaningtiar, D. A. (2017). Knowledge of clean and healthy behavior and quality of life among school-children. Advances in Health Sciences Research (AHSR), 2, 431–436. https://doi.org/10.2991/hsic-17.2017.67

Windayani, N. L. I., Dewi, N. W. R., Yuliantini, S., Widyasanti, N. P., Ariyana, I. K. S., Keban, Y. B., … Ayu, P. E. S. (2021). Teori dan Aplikasi Pendidikan Anak Usia Dini. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.