PENGEMBANGAN FLIPBOOK BERBASIS KEARIFAN LOKAL LAGU DAERAH SUMATERA SELATAN PADA ANAK USIA DINI

Martha Lasniroha Simanjuntak, Melinda Puspita Sari Jaya

Abstract

Kearifan lokal merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Anak dapat mengenal lagu-lagu daerah menggunakan media Flipbook. Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media flipbook dapat membantu anak lebih aktif menyanyi dengan mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan flipbook lagu daerah Sumatera Selatan pada anak usia dini yang valid dan praktis. Subjek penelitian adalah anak usia dini berjumlah 8 orang anak. Penelitian ini merupakan penelitian research and development atau pengembangan dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan media flipbook yang dikembangkan dinyatakan valid dan sangat praktis untuk digunakan anak usia dini.

Keywords

ADDIE, Flipbook, Lagu Daerah Sumatera Selatan

Full Text:

PDF

References

Ansori, Y. Z. (2021). Strategi pendidik dalam menumbuhkan karakter jujur pada anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 261–270. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1208

Fitri, N. D. (2020). Pengembangan media buku digital flipbook untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A TK Al-Azhhariyyah Sekargeneng Lamongan. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 471. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.850

Saputra, H. J., & Musafanah, Q. (2017). Pengembangan media koran melalui flipbook berupa E-Book pada materi IPA. Elementary School, 4(2), 205–211.

Sobarna, C., Risagarniwa, Y. Y., & ... (2019). Pembinaan keragaman budaya (kearifan lokal masyarakat sunda) dalam rangka pelestarian lingkungan hidup dan ekowisata …. Jurnal Pengabdian …, 4(1), 17–23. http://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/view/20606%0Ahttp://jurnal.unpad.ac.id/pkm/article/download/20606/13078

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sutama, I. W., Astuti, W., Pramono, P., Ghofur, M. A., N., D. E., & Sangadah, L. (2021). Pengembangan e-modul “bagaimana merancang dan melaksanakan pembelajaran untuk memicu HOTS anak usia dini melalui open ended play” berbasis ncesoft flip book maker. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 7(1), 91–101. http://www.jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/seling/article/view/736

Trisnawati, W., & Sugito, S. (2020). Pendidikan anak dalam keluarga era Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 823–831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.710

Utami, F., Rukiyah, R., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan media flashcard berbasis augmented reality pada materi mengenal binatang laut. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1718–1728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933

Refbacks

  • There are currently no refbacks.