STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENERAPAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA 5-6 TAHUN

Putri Hidayah Lestari, Ruli Hafidah, Jumiatmoko Jumiatmoko

Abstract

Saat ini pandemi Covid-19 masih melanda hampir seluruh negara di dunia. Pandemi ini berpengaruh terhadap setiap aspek kehidupan tidak terkecuali dalam aspek pendidikan. Dengan adanya pandemi ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayan Republik Indonesia mengeluarkan Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan pada kelompok B di TK Islam Al-Azhar 6 yang dianggap unik karena memiliki durasi waktu belajar daring yang cukup panjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sedangkan teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis menurut Creswell. Hasil penelitian mendeskripikan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan dalam penerapan pembelajaran daring anak usia 5-6 tahun merupakan gabungan dari beberapa strategi yang ada. Sistem pembelajaran daring yang terapkan adalah dengan penerapan metode pembelajaran campuran yaitu pembelajaran langsung, study tour, dan media video. Strategi ini dirasa berhasil untuk dapat diterapkan pada pembelajaran daring untuk anak usia dini khususnya anak usia 5-6 tahun.

Keywords

Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Daring, Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References

Agustin, M., Setiyadi, R., & Puspita, R.D. (2020). Burnout profile of elementary school teacher education students (Estes): Factors and implication of guidance and counseling services. PrimaryEdu - Journal of Primary Education, 4(1), 38. Doi:10.22460/pej.v4i1.1640

Ahmadi, A., & Tri., J.P. (1997). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Teknologi Pendidikan, 10, 46–62.

Creswell, J. W. (2016). Penelitian kualitatif & desain riset : memilih di antara lima pendekatan. Pustaka Pelajar.

Riyana. C., (n.d). Komponen-komponen Pembelajaran. [Modul]. Diperoleh dari http://file.upi.edu/Direktori/FIP.

Dewi, I., & Suryana, D. (2020). Analisis Evaluasi Kinerja Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini di PAUD Al Azhar Bukittinggi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1051. Doi:10.31004/obsesi.v4i2.465

Dewi R. (2005). Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-kanak. (Departemen Pendidikan Nasional (ed.)). Dirjen Dikti.

Djamarah, S.B. (2008). Psikologi Belajar (edisi 2). Jakarta: Rineka Cipta.

Erwiza, Kartiko, S., & Gimin. (2013). Karaelmas Journal of Educational Sciences. 1(2), 157–175.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Gurning, B., Sukirno, Hajar I., Siman, Saragih A., Siagian S., & Yusnadi. (2009). Prinsip-prinsip penggunaan strategi pembelajaran dalam konteks standar proses pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia. 2(2).

Haitami, S.M., Ratri, K., R., & Kurniawan, S. (2012). Studi Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamrin, & Wibowo, A. (2012). Menjadi Guru Berkarakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Hardani, Auliya, N. H., Andrian, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., … Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.); 1st ed). Pustaka Ilmu.

Hasanah, U., Ahmad, R., & Karneli, Y. (2017). Efektivitas layanan penguasaan konten untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. International Conseling and Education Seminar, 143–148.

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas pembelajaran menggunakan video zoom cloud meeting pada anak usia dini era pandemi covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665. Doi:10.31004/obsesi.v5i1.671

Khadijah, K., & Gusman, M. (2020). Pola kerja sama guru dan orangtua mengelola bermain AUD selama masa pandemi covid-19. Kumara Cendekia, 8(2), 154. https://doi.org/10.20961/kc.v8i2.41871

Khotimah, S. H., Sunaryati, T., & Suhartini, S. (2020). Penerapan media gambar sebagai upaya dalam peningkatan konsentrasi belajar anak usia dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 676. Doi:10.31004/obsesi.v5i1.683

Kuntjojo. (2010). Strategi Pembelajaran Untik Anak Usia Dini. http://wordpress.com/2010/07/27/strategi-pembelajaran-untuk-anakusia-dini/

Manurung, M. P., & Simatupang, D. (2019). Meningkatkan konsentrasi anak usia 5-6 tahun melalui penggunaan metode bercerita di tk st theresia binjai. Jurnal Usia Dini, 5(1).

Miarso, Y. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Prenada Media.

Mulyasa. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, S. T., & Sutapa, P. (2020). Strategi guru dalam menstimulasi keterampilan motorik AUD pada era pandemi covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1313–1324. Doi:10.31004/obsesi.v5i2.849

Polit, D. F., & Beck, C. T. (2004). Nursing Research: Principles and Methods. Lippincot Williams & Wilkins. 5(1).

Rasmitadila, Rusmiati, A. R., Rachmadtullah, R., Samsudin, A., Syaodih, E., Nurtanto, M., …, Tambunan, S. (2020). The perceptions of primary school teachers of online learning during the COVID-19 pandemic period : A Case study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109.

Safitri, U., Aunurrahman, & Dian Miranda. (2021). Pelaksanaan penilaian hasil belajar anak di TK LKIA II Pontianak. Pontianak. Jurnal Untan.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya (Revisi, Ce). Jakarta: Rineka Cipta.

Erlina S.A., & Warastuti, W. (2014). Pengaruh stimulasi motorik halus terhadap daya konsentrasi belajar anak usia prasekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan, 233–237.

Suhendro, E. (2020). Strategi pembelajaran pendidikan anak usia dini di masa pandemi covid-19. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 5(3), 133–140. Doi:10.14421/jga.2020.53-05

Syaodih, N. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Szente, J. (2020). Live virtual sessions with toddlers and preschoolers amid covid-19: implications for early childhood teacher education. Journal of Technology and Teacher Education, 28(2), 373–380

Uno, H. B. (2012). Metode Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif (F. Yustianti (ed.)). Bumi Aksara.

Wina, Sanjaya. (2018). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.