PROFIL KEMAMPUAN MENGElOMPOKKAN PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Irfan Nurdiansyah, Upik Elok Endang Rasmani, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei dan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan mengelompokkan pada anak usai 4-5 tahun di TK Gugus Kenanga, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar. Sampel penelitian di sini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Gugus Kenanga Kecamatan Kerjo yang berjumlah 88 anak dan seluruh anak dijadikan populasi penelitian karena jumlahnya yang kurang dari 100. Setelah pengumpulan data, lalu diuji menggunakan uji validitas data dengan expert judgement dan teknik analisis data menggunakan model analisis statistik deskriptif yang dijelaskan melalui persentase indikator. Berdasarkan perolehan persentase pada masing-masing indikator dimana indikator tersebut adalah mengelompokkan tiga warna berbeda, mengelompokkan bentuk dua dan tiga dimensi, mengelompokkan panjang-pendek dan berat-ringan, mengelompokkan jenis yang berbeda (jenis buah, sayuran dan binatang), dan mengelompokkan variasi fungsi berbeda. Data tersebut diolah kembali menggunakan rumus dari Purwanto (2006) dan mendapatkan hasil bahwa sebanyak 12,5% (11 anak) yang masuk kategori capaian perkembangan  kemampuan mengelompokkan yang masih kurang, sebanyak 36,36% (32 anak) termasuk dalam kategori perkembangan yang cukup, dan sisanya sebanyak 51,13% (45 anak) dari sampel termasuk dalam kategori perkembangan kemampuan mengelompokan baik.  Dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengelompokkan pada anak usia 4-5 tahun di TK Gugus Kenanga termasuk dalam kategori baik.

Keywords

profil, mengelompokkan, anak usia 4-5 tahun

Full Text:

PDF

References

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei dan teknik pengumpulan data yaitu kuesioner. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan mengelompokkan pada anak usai 4-5 tahun di TK Gugus Kenanga, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar. Sampel penelitian di sini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Gugus Kenanga Kecamatan Kerjo yang berjumlah 88 anak dan seluruh anak dijadikan populasi penelitian karena jumlahnya yang kurang dari 100. Setelah pengumpulan data, lalu diuji menggunakan uji validitas data dengan expert judgement dan teknik analisis data menggunakan model analisis statistik deskriptif yang dijelaskan melalui persentase indikator. Berdasarkan perolehan persentase pada masing-masing indikator dimana indikator tersebut adalah mengelompokkan tiga warna berbeda, mengelompokkan bentuk dua dan tiga dimensi, mengelompokkan panjang-pendek dan berat-ringan, mengelompokkan jenis yang berbeda (jenis buah, sayuran dan binatang), dan mengelompokkan variasi fungsi berbeda. Data tersebut diolah kembali menggunakan rumus dari Purwanto (2006) dan mendapatkan hasil bahwa sebanyak 12,5% (11 anak) yang masuk kategori capaian perkembangan kemampuan mengelompokkan yang masih kurang, sebanyak 36,36% (32 anak) termasuk dalam kategori perkembangan yang cukup, dan sisanya sebanyak 51,13% (45 anak) dari sampel termasuk dalam kategori perkembangan kemampuan mengelompokan baik. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengelompokkan pada anak usia 4-5 tahun di TK Gugus Kenanga termasuk dalam kategori baik.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.