IMPLEMENTASI PERANCANGAN PEMBELAJARAN ANTI NARKOBA ANAK USIA DINI PADA GURU TAMAN KANAK-KANAK

Muhammad Reza, Rachma Hasibuan, Nurul Khotimah, Melia Dwi Widayanti

Abstract

Penggunaan narkoba di Indonesia sudah masuk taraf yang tinggi. Pencegahan penggunaan narkoba perlu dilaksanakan sejak dini yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut perlu untuk membuat perencanaan pembelajaran anti narkoba pada anak usia dini sebagai langkah pencegahan. Materi pembelajaran anti narkoba pada anak usia dini adalah (1) pola hidup sehat, (2) menghargai diri sendiri dan orang lain sebagai bentuk sikap spiritualitas, (3) karakter jujur dan asertif yang merupakan bagian dari sikap kepribadian anak usia dini yang perlu dikembangkan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre eksperimental, dengan membandingkan nilai pre test dan post test pada peserta pelatihan yang berjumlah 30 guru TK di Kabupaten Lumajang. Instrumen yang digunakan adalah alat ukur untuk mengetahui pemahaman konsep pendidikan anti narkoba pada anak usia dini dengan mengacu pada BNN (Badan Narkotika Nasional) dan NIDA (National Institute on Drug Abuse. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu membandingkan nilai rata-rata pre test dan post test. Hasil yang diperoleh dari penelitian pre eksperimental ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam memahami dan merancang pembelajaran anti narkoba anak usia dini. Rata-rata nilai pre test sebesar 50 dan nilai rata-rata post test sebesar 85. Dengan hasil penelitian ini, diharapkan pelatihan perancangan pembelajaran anti narkoba pada anak usia dini untuk guru lebih banyak dilakukan.

Keywords

taman kanak-kanak, anak usia dini, perencanaan pembelajaran anti narkoba

Full Text:

PDF

References

Agung Sandy Lesmana. (2019). Dikemas Jadi Tisu Basah, Ganja Cair asal Amerika beredar di Tangerang. Diakses melalui https://www.suara.com/news/2019/01/31/173516/dikemas-jadi-tisu-basah-ganja-cair-asal-amerika-beredar-di-tangerang pada tanggal 23 Maret 2022

Andersen L. Susan, Jordan J. Cloe. 2016. Sensitive periods of substance abuse: Early risk for the transition to dependence. Developmental Cognitive Neuroscience. Elsevier

Banerjee, S.C., Greene, K., Magsamen-Conrad, K., Elek, E., Hecht, M.L. 2015. Interpersonal communication outcomes of a media literacy alcohol prevention curriculum. Translational Behavioral Medicine. 5:425-432.

Biglan A, Cody C. 2003. Preventing Multiple Problem Behaviours in Adolecence. In: Romer D, Editor. Reducing Adolecent risk: Toward an integrated Approach. Thousand Oaks, CA: Sage. Pp. 125-131

Botvin GJ, Griffin KW. Drug abuse prevention curricula in schools. In: Sloboda Z, Bukoski WJ, editors. Handbook of drug abuse prevention: Theory, science, and practice. New York, NY: Springer; 2006. pp. 45–74.

Campelo, Lany. Santos,Raionara. Angelo, Margareth. (2018). Effects of Parental Drug Use on Child Development and Mental Health: Integrative Review. SMAD Electronica Saude Mental Alcool Drog Oct-Dec; 14(4)

Elek, Wagstaff, & Hecht, 2010. Effect of the 5th and 7th grade Enchanced Version of the Keepin’ it REAL Substance Use Prevention Curriculum. Journal of Drug Education 40(1):61-79

Karina Dewi Masitha. (2020). Pengembangan Buku Panduan Kegiatan Pembelajaran Anti Narkoba untuk Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai Vol 09 No 01 Tahun 2020

Kominfo. (2015). Waspada Brownies Ganja. Diakses melalui https://kominfo.go.id/content/detail/4721/waspada-brownies-ganja/0/sorotan_media pada tanggal 23 Maret 2022

Kompas. (2020). Kementerian PPPA: Naiknya Kasus Narkoba Anak jadi Alarm bagi Orang Tua. Diakses melalui https://nasional.kompas.com/read/2020/06/26/17590051/kementerian-pppa-naiknya-kasus-narkoba-anak-jadi-alarm-bagi-orangtua?page=all pada tanggal 22 Maret 2022

Kompas. (2020). Narkoba Susu Coklat Ganja Terungkap, Bikin Rileks sampai Teler. Diakses melalui https://megapolitan.kompas.com/read/2020/12/23/10043551/narkoba-susu-cokelat-ganja-terungkap-bikin-rileks-sampai-teler?page=all pada tanggal 23 Maret 2022

Kulis, S., Nieri, T., Yabiku, S.T., Nieri, T.A., Coleman, E. 2007. Promoting reduced and discontinued substance use among adolescent substance users: Effectiveness of a universal prevention program. Prevention Science. 37:123-144.

Marsiglia, F.F., Kulis, S., Yabiku, S.T., Nieri, T.A., Coleman, E. 2010. When to intervene: Elementary school, middle school or both? Effects of keepin’ it REAL on substance use trajectories of Mexican heritage youth. Prevention Science. 12:48-62.

Raihana. Nurhayati, Siti. Muazimah, Ajriah. (2018). Pengenalan Narkoba pada Anak Usia Dini melalui Pendekatan Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 01 No.02, Oktober 2018

Ribka Laveina Kaat & Lut Magaribu. (2020). Kurangnya Perhatian Orang tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Tawang Kecamatan Tenga Kabupaten Minahasa Selatan. Montessori : Jurnal Pendidikan Kristen Anak Usia Dini Vol 1 No.2 2020

Robertson EB, David SL, Rao SA. (2014). Preventing Drug Abuse among Children and Adolescents. NIH Publication No. 04-4212

Soekidjo, Notoadmojo. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. PT Rinka Cipta Jakarta

Spooner, C., & Hall, W. (2002). Preventing drug missue by young people: We need to do more than just say no. Addiction, 97 (5), 478-481

Sung Joon Jang, Christopher D. Bader, Byron R. Johnson. (2008). The Xumulative Advantage of Religiosity in Preventing Drug Use. Journal of Drug Issue Vol 38, Isuue 3

Zulfa, Khamimatuz. (2016). Pola Keluarga Remaja Berisiko Penyalahgunaan Napza. Jurnal Indigenous Vol 1 No.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.