KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA BIG BOOK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui media big book pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) selama dua siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan peneliti dengan peran serta guru kelas. Subjek penelitian sebanyak 13 anak yaitu 3 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Sumber data penelitian adalah anak, rencana pembelajaran, dokumentasi, dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas dengan teknik triangulasi sumber dan teknik. Analisis data kuantitatif menggunakan persentase seberapa besar peningkatan kemampuan membaca anak setelah penggunaan media big book. Analisis kualitatif memakai model Miles & Huberman yang meliputi reduksi data, sajian deskriptif dengan alur yang sistematis berbentuk narasi, tabel, dan penyimpulan hasil yang disajikan. Hasil pelaksanaan pratindakan pada penelitian secara klasikal yaitu 5 dari 13 anak tuntas atau 38%. Siklus I mengalami peningkatan dengan nilai klasikal yang menunjukkan 7 dari 13 anak tuntas atau 54%. Siklus II meningkat dengan nilai klasikal menunjukkan 11 dari 13 anak tuntas atau 85%. Kesimpulan penelitian ini big book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan selain itu, penemuan lain penggunaan big book adalah menstimulasi keterampilan sosial emosional anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriana, E., Syachruroji, A., Alamsyah, T.P., & Sumirat, F. (2017). Natural science big book with baduy local wisdom base media development for elementary school. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 6 (1): 76-80.
http://10.15294/jpii.v6i1.8674.
Ariyati, T. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media gambar berbasis permainan. Program Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini UNJ, 7(1).
http://dx.doi.org/10.30595/dinamika.v7i1.918.
Artini, L.E.J., Magta, M., & Ujianti P.R. (2019). Pengaruh metode membaca dasar bermediakan big book terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 7 (2), 192-202. http://dx.doi.org/10.23887/paud.v7i2.18994.
Dalman. (2014). Keterampilan Membaca. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Indrasari, A., Novita, D., & Megawati, F. (2018). Big book: attractive media for teaching vocabulary to lower class of young learners. Journal of English Educators Society, 3 (2), 141-154. https://doi.org/10.21070/jees.v3i2.1572.
Laily, E.K., & Gunansyah, G. (2018). Penggunaan media big book terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN Rangkah 1 Surabaya. JPGSD, 06 (10), 1801-1810. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/24560.
Madyawati, Lilis. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nalantha, Artini, & Mahayanti. (2018). The effect of big books as teaching media on the third grade students reading comprehension in south Bali. International Journal of Language and Literature, 2(2), 2549-4287. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJLL/article/view/16096.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. (2015). Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Permendikbud.
Pratiwi, E., Dhieni. N., & Supena, A. (2020). Early discipline behavior: read aloud story with big book media. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 14 (2).
https://doi.org/10.21009/JPUD.142.10.
Ramadanti, E. & Arifin, Z. (2021). Strategi peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui media kartu bergambar bagi anak usia dini dalam bingkai islam dan perspektif pakar pendidikan. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4 (2).
http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12245.
Setyorini, R., Saddhono, K., Ermanto, Wildan, M., & Kirom, S. (2019). The effort of implementing of the big book as a media to improve the intelligence of linguistic verbals for early childhood. Journal of Physics: Conference Series, 1339. http://10.1088/1742-6596/1339/1/012087.
Sinaga, E.S., Dhieni, N., & Sumadi, T. (2021). Pengaruh lingkungan literasi di kelas terhadap kemampuan membaca permulaan anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (1), 279-287.
Solehuddin, M., Syarifah, I., Budiman, N., Setiawan, D., & Budi, U.L. (2016). Pembaharuan Pendidikan di TK. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Tampubolon, Saur. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.
Tarigan, H.G. (2013). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Usaid Prioritas. (2014). Pembelajaran litersi kelas awal di LPTK.
Retrieved from
http://www.prioritaspendidikan.org/id/media/view/detail/297/buku-sumber-untuk-dosen-lptk--pembelajaran-literasi-di-kelas-awal-di-lptkRefbacks
- There are currently no refbacks.