ALAT PERMAINAN EDUKATIF BOARD GAME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF ANAK USIA 4-5 TAHUN
Abstract
Alat permainan edukatif board game menjadi salah satu permainan yang efektif dan menyenangkan untuk anak dalam mengembangkan kemampuan mengenal huruf. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun melalui alat permainan edukatif board game. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart dengan analisis data kuantitatif deskriptif komparatif dan analisis data kualitatif interaktif yang dilaksanakan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 6 kali pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 10 anak berusia 4-5 tahun, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase ketuntasan pada indikator menyebutkan nama huruf pra tindakan sebesar 50%, siklus 1 sebesar 68,3% dan siklus 2 sebesar 80%, membedakan bentuk huruf pra tindakan sebesar 20%, siklus 1 sebesar 31,6% dan siklus 2 sebesar 76,6%, menyebutkan huruf awal dari sebuah kata pra tindakan sebesar 40%, siklus 1 sebesar 68,3% dan siklus 2 sebesar 76,6% dan menirukan bentuk huruf pra tindakan sebesar 70 %, siklus 1 sebesar 7,6% dan siklus 2 sebesar 85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa alat permainan edukatif board game dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak usia 4-5 tahun.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, R., & Khotimah, N. (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif JUMOFAN (Jumanji Modifikasi Fantasi) Untuk Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 09(01).
Cheng, P., Yeh, T., Chao, Y., & Lin, J. (2020). Design Ideas for an Issue-Situation-Based Board Game Involving Multirole Scenarios. (2), 1–20.
Damayanti, M. S., Rasmani, U. E. E., & Syamsuddin, M. M. (2020). Penerapan Metode Jolly Phonics Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 8(1). Retrieved from https://jurnal.uns.ac.id/kumara/article/view/32822
Daralina, M., & Sufriani. (2018). Faktor-Faktor Pemilihan Alat Permainan Edukatif Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah. JIM Fkep, III(3), 131–139.
Etianingsih, M. E. (2016). Peningkatan Kemampuan Anak Kelompok A Dalam Mengenal Huruf Melalui Permainan Kartu Huruf di TK Dharma Wanita Tegal Gede Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Jember.
Fadlillah. (2019). Bermain & Permainan Anak Usia Dini (Pertama Ce). Jakarta: Prenadamedia Group.
Kusumo, E. L. (2015). Pengenal Huruf “A”Untuk Anak Usia Dini. Retrieved June 25, 2021, from https://indonesiamontessori.com/pengenalan-huruf-abjad-untuk-anak-usia-dini/
Ma’ruf. (2019). Problematika Guru Dalam Implementasi Penilaian Autentik Pada Kurikulum 2013 di SD Al - Muslim Waru Sidoharjo. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 88–107.
Nursifani, C. U. C., & Atmaji, L. T. (2020). Boardgame Sebagai Media Untuk Membangun Karakter Kemandirian Anak Usia 4-6 Tahun. Journal of Art, Design, Education And Culture Studies (JADECS), 5(2), 67–74.
Oematan, V. N. C., Tanudjaja, B. B., & Salamoon, D. K. (2020). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Media Board Game Untuk Anak Usia 6-8 Tahun. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 1(16), 1–10.
Pangesti, N. P. (2019). Peningkatan Kemampuan Mottorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Busy Book (Penelitian Tindakan Kelas di TK Pelita 1 Mudal Boyolali Tahun Ajaran 2018/2019). Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. (2014).
Sukardi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.