KORELASI ANTARA KUALITAS HUBUNGAN ORANG TUA – ANAK DENGAN KEMAMPUAN KEAKSARAAN AWAL ANAK USIA 5-6 TAHUN

Wiwit Nur Aini, Adriani Rahma Pudyaningtyas, Nurul Shofiatin Zuhro

Abstract

Kemampuan keaksaraan awal merupakan salah satu hal penting bagi anak, karena akan berpengaruh terhadap perkembangan anak pada masa selanjutnya. Tujuan dari penelitian ini  untuk mengetahui korelasi antara kualitas hubungan orang tua – anak dengan kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun di TK segugus Matahari Colomadu. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan teknik pengambilan sampel secara random sampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 51 anak dan orang tuanya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mengukur kualitas hubungan orang tua – anak, dan tes untuk mengukur tingkat kemampuan keaksaraan awal anak. Hasil penelitian uji korelasi pearson product moment diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05 yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara variabel kualitas hubungan orang tua – anak dengan kemampuan keaksaraan awal anak usia 5-6 tahun.

Keywords

Kualitas hubungan orang tua – anak, keaksaraan, anak usia dini

Full Text:

PDF

References

Abdhillah, D. L. (2015). Hubungan antara kualitas hubungan orang tua-anak dengan keterlibatan anak di sekolah. (Skripsi, Universitas Indonesia).

Amini. (2016). Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Reseptif Anak Melalui Permainan Pola Suku Kata di Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 673–683. https://doi.org/http://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12362

Ariani, T. A. (2009). Korelasi pola hubungan orangtua-anak dan keberfungsian keluarga dengan perkembangan anak usia prasekolah. (Tesis, Universitas Sebelas Maret).

Azwar, S. (2016). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bindman, S. W., Skibbe, L. E., Hindman, A. H., Aram, D., & Morrison, F. J. (2014). Early Childhood Research Quarterly Parental writing support and preschoolers ’ early literacy , language , and fine motor skills. Early Childhood Research Quarterly, 29(4), 614–624. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2014.07.002

BPPAUD dan DIKMAS NTB. (2017). Pengembangan Kemampuan Keaksaraan Awal Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Buku Cerita Budaya Lokal. Mataram: BPPAUD dan DIKMAS NTB.

Chen, Y., Lin, M. J., & Chang, C. (2009). Industrial Marketing Management The positive effects of relationship learning and absorptive capacity on innovation performance and competitive advantage in industrial markets. Industrial Marketing Management, 38(2), 152–158. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2008.12.003

Ding, C. (2012). Studying children ’ s early literacy development : Confirmatory multidimensional scaling growth modeling. International Journal of Educational Research, 53, 278–288. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2012.04.002

Dinh, K. T. (2015). The Effects of Acculturative Variables on Asian American Parent – Child Relationships. Journal of Social and Personal Relationships, 23(3), 407–426. https://doi.org/10.1177/0265407506064207

Driscoll, K. & R. C. P. (2011). Mothers’ and Fathers’ Perceptions of Conflict and Closeness in Parent-Child Relationships during Early Childhood. Journal of Early Childhood and Infant Psychology, 7, 1–24.

Fithri, D. L. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Anak Melalui Media Bermain Kolase Kelompok A2 di RA DWP UIN Sunan Kalijaga. (Skripsi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).

Kurniawati, A. B. (2011). Hubungan Kondisi Keaksaraan Keluarga dan Motivasi Membaca Dengan Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 1–16.

Mcclelland, M. M., Kessenich, M., Morrison, F. J., & Care, C. C. (2003). Pathways To Early Literacy : The Complex Interplay Of Child , Family , And Sociocultural Factors. Advances in Child Development and Behavior, 31, 411–447.

Moore, K. A., Kinghorn, A., & Bandy, T. (2011). Parental Relationship Quality and Child Outcomes Across Subgroups. Child Trends Research Brief. Retrieved from www.childtrends.org

Myrtil, M. J., Justice, L. M., & Jiang, H. (2019). Home-Literacy Environment of Low-Income Rural Families: Association with Child- and Caregiver-Level Characteristics. Journal of Applied Developmental Psychology, 60, 1–10. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2018.10.002

Napoli, A. R., & Purpura, D. J. (2018). The Home Literacy and Numeracy Environment in Preschool: Cross-Domain Relations Of Parent–Child Practices and Child Outcomes. Journal of Experimental Child Psychology, 166, 581–603. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jecp.2017.10.002

Otto, B. (2015). Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Seefeldt, C & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan anak usia dini menyiapkan anak usia tiga, empat, dan lima tahun masuk sekolah. Jakarta: PT. Indeks.

Suciati, S. (2017). Peran Orang Tua dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Althfal, 5, 358–374.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarsih, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Permainan Kartu Angka pada Anak Kelompok A di TK Negeri Pembina Bantul. Jurnal Pendidikan Anak, 9(2), 124–133. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpa.v9i2.31343

Wasik, B. A., & Bond, M. A. (2001). Beyond the Pages of a Book : Interactive Book Reading and Language Development in Preschool Classrooms. Journal of Educational Psychology, 93(2), 243–250. https://doi.org/10.1037//0022-O663.93.2.243

Widjaja, N. W. dan T. (2004). Hubungan Antara Kualitas Relasi Ayah dengan Harga Diri Remaja Putra. Jurnal Psikologi, 2(1).

Wiyani, N. A. (2016). Kompetisi dan Strategi Pengembangan Lembaga PAUD Islam Berdaya Saing di TK Islam Al-Irsyad Banyumas. Jurnal Pendidikan Agama Islam, I, 53–74. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/manageria.2016.11-04

Refbacks

  • There are currently no refbacks.