PROFIL KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN (PENELITIAN SURVEI DI TK GUGUS DAHLIA WONOSARI, KLATEN)

Wulan Nur Cahyaningrum, Upik Elok Endang Rasmani, Adriani Rahma Pudyaningtyas

Abstract

Abstrak
Kemampuan mengenal konsep bilangan merupakan kemampuan anak memahami mengenai berapa banyak suatu benda dan berkaitan erat dengan jumlah dan penghitungan. Mengenal konsep bilangan sangat penting untuk dikembangkan, karena bilangan merupakan hal yang sering dijumpai dalam kehidupan anak dan merupakan landasan untuk menguasai konsep-konsep matematika pada jenjang pendidikan selanjutnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Gugus Dahlia Kecamatan Wonosari Klaten. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus 2020-Januari 2021. Sampel pada penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Gugus Dahlia Kecamatan Wonosari Klaten yang berjumlah 92 anak. Teknik pengambilan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan bantuan google form.
Hasil survei dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep konsep bilangan anak di TK Gugus Dahlia memiliki kemampuan yang beragam yakni terdapat anak pada kategori MB (mulai berkembang), kategori BSH (berkembang sesuai harapan) dan kategori BSB (berkembang sangat baik). Anak yang termasuk pada kategori BSH berarti indikator kemampuan mengenal konsep bilangan pada kebanyakan anak sudah tercapai.

Kata kunci : profil, konsep bilangan, anak usia dini


Abstract
The number concept abilities is a childs ability to understand how much an object is and is closely related to number and counting. Knowing the concept of numbers is very important to develop, because numbers are things that are often encountered in childrens lives and are the basis for mastering mathematical concepts at the next level of education. The research aims to determine the concept of number abilities for children aged 4-5 years in Dahlia Cluster, Wonosari Klaten. This research is a type of quantitative research using a survey method. This research was conducted in August 2020-January 2021. The sample of this research is children aged 4-5 years in Dahlia Cluster, Wonosari Klaten, amounting to 92 children. Data collection techniques in this research using a questionnaire with the help of google form.
The results of the survey in this study indicate that the ability to recognie the concept of numbers in the Dahlia Kindergarten has various abilities, namely that there are children in the category of starting to develop, developing according to expectation, and developing very well. Children who are included in developing according to expectation category means that the indicator of the ability to recognize the concept of numbers in most children has been achieved.

Keywords : number concepts, early childhood, children aged 4-5 years.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.