EFEKTIVITAS MEDIA APLIKASI SEX KIDS EDUCATION DALAM MENSTIMULASI MOTORIK HALUS ANAK

Misselina Madya Gerda, Siti Wahyuningsih, Nurul Kusuma Dewi

Abstract

Pendemi COVID-19 telah melanda hampir seluruh negara di dunia, tentunya menyebabkan permasalahan baru di dunia pendidikan khususnya pada proses pembelajaran. Kementerian Pendidikan memberlakukan proses kegiatan belajar dilaksanakan secara daring (online). Kebijakan pemerintah tersebut berlaku bagi semua jenjang pendidikan dari tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi. Diperlukan sebuah solusi yakni pengembangan media pembelajaran digital guna menjawab problematika pendidikan saat ini. Tujuan penelitian untuk mengetahui keefektifan pengembangan aplikasi sex kids education dalam menstimulasi motorik halus anak usia dini. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah anak berusia 5-6 tahun di TK Marsudisiwi Surakarta, TK NDM Sondakan Surakarta, TK Aisyiyah Boyolali, Expert Judgement (media, Materi, Informatika) dan Guru. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Prosedur penelitian pengembangan ini mengacu pada model ADDIE mengadaptasi model Robert (Robert, 2009). Perolehan nilai pre-test 21,30 dan post-test 29,47 yang berarti terdapat perubahan yang signifikan antara skor pre-test dengan skor post-test, hasil uji normalitas 8,17. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai signifikan 0,00. Dapat disimpulkan berdasarkan hasil uji keefektifan yakni pengembangan media aplikasi sex kids education dapat menstimulasi perkembangan fisik motorik halus anak.

Keywords

pendidikan seks, anak usia dini, game edukasi, motorik halus

Full Text:

PDF

References

Akhir, T. (2008). Menggunakan logika fuzzy. 2(1), 54–62.

Behnamnia, N., Kamsin, A., Ismail, M. A. B., & Hayati, A. (2020). The effective components of creativity in digital game-based learning among young children: A case study. Children and Youth Services Review, 116 (June), 105227. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105227

Bers, M. ., Gonzalez, C. G., & Torres, M. B. A. (2019). Computers & Education Coding as a playground : Promoting positive learning experiences in childhood classrooms. Computers & Education, 138 (June 2018), 130–145. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.04.013

Brooks, E. & J. S. (2020). (2020). Playfulness and Creativity as Vital Features When School Children Develop Game-based Designs. International Journal of Designs for Learning. 2159 - 449

Gunawan, L. A. (2020). Kesehatan mental bagi pemainnya. 482–488.

Hooshyar, D., Pedaste, M., Yang, Y., Malva, L., Hwang, G., Wang, M., Lim, H., & Delev, D. (2020). From Gaming to Computational Thinking : An Adaptive Educational Computer Game-Based Learning Approach. https://doi.org/10.1177/0735633120965919

Indriasih, A. (2015). Pemanfaatan alat permainan edukatif ular tangga dalam penerapan pembelajaran tematik di kelas Iii Sd. Jurnal Pendidikan, 16(2), 127–137. https://doi.org/10.33830/jp.v16i2.343.2015

Irsyad, M. (2019). Pendidikan seks untuk anak usia dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 73. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i1.1374

Katie Salen Tekinbas, E. Z. (2004). Rules of play: game design fundamentals. MIT Press.

Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. (2020). No Title. Https://Www.Kemenpppa.Go.Id/Index.Php/Page/Read/29/2738/Angka-Kekerasan-Terhadap-Anak-Tinggi-Di-Masa-Pandemi-Kemen-Pppa-Sosialisasikan-Protokol-Perlindungan-Anak#. https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/29/2738/angka-kekerasan-terhadap-anak-tinggi-di-masa-pandemi-kemen-pppa-sosialisasikan-protokol-perlindungan-anak

Maribe Branch Robert. (2009). instructional design : The ADDIE Approach. Springer Science+Business Media, LLC 2009. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Unicef. (2021). Menuju respons dan pemulihan COVID-19 yang berfokus pada anak. Unicef.Org, 1–16. https://www.unicef.org/indonesia/id/laporan/menuju-respons-dan-pemulihan-covid-19-yang-berfokus-pada-anak

Zaman, B. (2006). Pengembangan alat permainan edukatif untuk anak taman kanak-kanak. Universitas Pendidikan Indonesia, 1–21.

Zupan, B., Cankar, F., & Setnikar Cankar, S. (2018). The development of an entrepreneurial mindset in primary education. European Journal of Education, 53 https://doi.org/10.1111/ejed.12293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.