BLENDED LEARNING PADA ANAK USIA 4–6 TAHUN DI TK MTA JUMAPOLO 01

Hestik Wulandika, Ruli Hafidah, Nurul Shofiatin Zuhro

Abstract

Lembaga PAUD sebagai pelaksana proses pembelajaran berperan penting dalam pelaksanaan pembelajaran di rumah selama pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana pengelolaan blended learning selama masa pandemi Covid-19 di TK MTA Jumapolo 01 sebagai layanan pendidikan di masa tanggap darurat Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini berupa informan, tempat dan peristiwa, serta arsip atau dokumen. Subjek penelitian adalah guru, kepala sekolah dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif dan dokumentasi. Validitas data menggunakan perpanjangan penelitian, triangulasi teknik dan sumber serta member check dengan analisis data menggunakan analisis Miles Huberman 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan blended learning pada anak usia 4-6 tahun selama pandemi Covid-19 di TK MTA Jumapolo 01 dilakukan dengan jenis enriched virtual model. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar blended learning dilaksanakan dengan beberapa pengelolaan pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran yaitu dengan penentuan kurikulum, perumusan silabus, pembuatan RPP, perumusan tujuan dan materi pembelajaran, penentuan metode, dan perencanaan teknik evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan kegiatan secara daring dan tatap muka dengan langkah kegiatan yang dilakukan yaitu pembukaan, inti, dan penutup. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan perencanaan evaluasi, pelaksanaan evaluasi, pengolahan hasil evaluasi, dan pemanfaatan evaluasi.

Keywords

blended learning, enriched virtual model, taman kanak-kanak

Full Text:

PDF

References

Abdullah, Walib. 2018. Model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Fikrotuna 7(1):855–66. doi: 10.32806/jf.v7i1.3169.

Allen, I. Elaine, Jeff Seaman, and Richard Garrett. 2007. Blending in the extent and promise of blended education in the united states. United States of America: Sloan-CTM.

Eriani, Eva, and Reni Amiliya. 2020. “Blended Learning : Kombinasi belajar untuk anak usia dini.” MITRA ASH-SHIBYAN: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 03(01):11–21. doi: 10.46963/mash.v3i01.112.

Fatimah. 2018. Pengaruh media audiovisual terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPA di daarul attam palembangtama dan marlinda. Universitas Islam Negeri Raden Patah Palembang.

Haryanto. 2020. Evaluasi pembelajaran; konsep dan manajemen.

Jatmiko, Agus Jatmiko, Eti Hadiati Hadiati, and Mia Oktavia Oktavia. 2020. Penerapan evaluasi pembelajaran anak usia dini di taman kanak-kanak.” Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini 3(1):83–97. doi: 10.24042/ajipaud.v3i1.6875.

Jaya, Farida. 2019. Perencanaan pembelajaran. 1–141.

Kemendikbud. n.d. Surat edaran nomor 3 tahun 2020 tentang pencegahan COVID-19 pada satuan pendidikan.” Retrieved (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan).

Kemendikbud. n.d. Surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19). Retrieved (https://pusdiklat.kemdikbud.go.id/surat-edaran-mendikbud-no-4-tahun-2020-tentang-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-corona-virus-disease-covid-1-9/).

Khaerunnisa, Fahtu. 2019. Evaluasi penerapan blended learning pada pembelajaran bahasa arab di Smpit Ibadurrahman: studi kasus di kelas vii akhwat. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab 2(2):95–108. doi: 10.17509/alsuniyat.v2i2.24808.

Kocour, Natalie. 2019. How Blended learning impacts student engagement in an early childhood classroom. Education at NWCommons.

Majid, Abdul. 2020. Perencanaan pembelajaran : mengembangkan standar kompetensi guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mariana, Made Alit I. 2019. Pengembangan pembelajaran di sekolah dasar.

Mawaddah, Zakiah. 2021. Implementasi model blended learning di kelas V sekolah dasar pada masa pandemi covid-19.” 1–177.

Mulyati, Yeti. 2008. Perencanaan pembelajaran : silabus & rencana pelaksanaan pembelajaran ( RPP ) disampaikan dalam pendidikan dan pelatihan profesi guru ( PLPG ) SMP.”

Nuryanto, Tato. 2016. Pengelolaan Pembelajaran. Cirebon.

Permendikbud. 2014. Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 59 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 sekolah menengah atas / madrasah aliyah.

Prayitno, Wendhie. 2015. Implementasi blended learning dalam pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah.” Artikel LPMP D.I. Yogyakarta 1–14.

Rosen, David J., and Carmine Stewart. 2015. Blended learning for the adult education classroom. NW Grant Avenue: Essential Education Corporation, Inc.

Santoso, Subhan Adi, and M. Chotibuddin. 2020. Pembelajaran blended learning masa pandemi. 1st ed. edited by T. Q. Media. Pasuruan: Qiara Media.

Sari, Ratih Permata, and Ahmad. 2019. Evaluasi pembelajaran anak usia dini. 1st ed. Malang: Maknawi.

Staker, Heather, and Michael B. Horn. 2012. Classifying K – 12 blended learning.

Supinah. 2008. Penyusunan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) matematika sd dalam rangka pengembangan KTSP. Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika 1–54.

Suyanto, Slamet. 2016. Kurikulum paud dan implementasinya dalam pembelajaran. 1–15.

Tim Pusdiklat. 2016. Pengembangan silabus dan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran.

Zhen, Chai. 2017. Improving early reading skills in young children through an ipad app: small group instruction and observational learning.” Rural Special Education Quarterly 36(2):101–11.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.