Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Belajar Dari Rumah Di Dukuh Jaten, Teloyo, Wonosari, Klaten

Anisa Nur Azizah, Siti Wahyuningsih, Anjar Fitrianingtyas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak selama belajar dari rumah dan mengetahui kendala yang ditemui dalam meningkatkan motivasi belajar anak di Dukuh Jaten, Teloyo, Wonosari, Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian melibatkan tiga keluarga yang meliputi orang tua dan anak usia dini di Dukuh Jaten, Teloyo, Wonosari, Klaten. Teknik pengambilan sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling yang berfokus pada keterlibatan langsung orang tua dan anak dalam proses belajar dari rumah. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji validitas data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua di Dukuh Jaten, Teloyo, Wonosari, Klaten, memberikan peran yang konsisten pada anak dalam meningkatkan motivasi belajar selama belajar dari rumah seperti mendampingi anak ketika belajar dimulai, membuat manajemen waktu, menyediakan fasilitas, membantu anak dalam mengatasi kesulitan belajar, membuat kreasi dalam kegiatan belajar, orang tua sebagai motivator, memberikan pujian dan hadiah pada hasil belajar anak, serta orang tua membuat strategi dalam meningkatkan motivasi belajar anak supaya membantu mengatasi hambatan dalam meningkatkan motivasi belajar anak selama belajar dari rumah seperti kondisi anak dan kesibukan orang tua.

Keywords

peran orang tua, motivasi belajar, anak usia 4-6 tahu

Full Text:

PDF

References

Anurraga, H. H. (2018). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Usia 6-12 Tahun (Studi Kasus Pada Program Home Visit Di Homeschooling Sekolah Dolan Malang). J+Plus Unesa.

Chick, & G. Clifton. 2020. “Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic.” Journal of Surgical Education 1(1): 1–4.

Djamarah, S. B. (2004). Pola Komunikasi Orangtua dan Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar Edisi 2. Jakarta: Rineka Cipta.

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118.

Fadlilah, A. N. (2020). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Anak Usia Dini Selama Pandemi COVID-19 melalui Publikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 373-384.

Hening, H. A. (2019). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Dididk Usia 6-12 Tahun (Studi pada Program Home Visit di Homeschooling Sekolah Dolan Malang). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 7.

Karmawan, Supriadi, & Donatianus. (2012). Peran Keluarga Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Tesis PMIS-UNTAN-PSS.

Linde-Krieger, L., & Yates, T. (2020). A structural equation model of the etiology and developmental consequences of parent-child role confusion. Jurnal of Applied Developmental Psychology.

Miles, M., & Huberman, A. (1992). Analisis Data Kualitatif. In T. Rohendi, Terjemahan. Jakarta: Universitas Indonesia.

Prasetyono, D. S. (2007). Membedah Psikologi Bermain Anak. Yogyakarta: Penerbit Think.

Salahudin, A. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sari, D. (2017 ). Peran Orang Tua Dalam Memotivasi Belajar Siswa . UNIV ERSITAS PGRI Palembang , 41-43.

Satgas Penanganan COVID-19 diakses pada 1 November 2020, https://covid19.go.id

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Suhendro, E. (2020). Strategi Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Golden Age, 133-140.

Tadjuddin, N. (2015). Desain Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelajaran Anak Usia Dini). Bandar Lampung : Aura Publishing.

Uno, H. B. (2019). Teori Motivsi Dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Winingsih , E. (2020, April 2). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Poskita.co:https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtua dalampembelajaran-jarak-jauh/.

Wiyani, N. A., & Barnawi. (2012). Format PAUD Konsep, Karaktersitik & Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.